Longsor Terjang Dua Desa di Gebog Kudus, Dua Rumah Rusak

Bencana alam longsor menerjang dua desa di Kecamatan Gebog, Kudus, Jawa Tengah, dua rumah dikabarkan rusak.
Relawan gabungan lakukan pembersihan material longsor di Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Rabu, 24 Februari 2021. (Foto: Tagar/Nila)

Kudus - Bencana alam longsor menerjang dua desa di Kecamatan Gebog, Kudus, Jawa Tengah, Rabu, 24 Februari 2021. Dua rumah dilaporkan rusak tertimbun material longsor.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus, Budi Waluyo mengatakan, longsor terjadi di dua dukuh di dua desa. Yakni Dukuh Kambangan Desa Menawan dan Desa Rahtawu.

Tembok rumah Sugiarto mengalami kerusakan dengan ukuran sekitar 5x3 meter. Kalau rumah Sampurno kerusakan tembok ukuran 6x4 meter.

"Iya, kejadian tadi dini hari. Longsor di Rahtawu dilaporkan terjadi, Rabu 24 Februari 2021 sekitar jam 02.15 WIB. Kalau longsor di Kambangan sekitar jam 03.00 WIB," ujarnya.

Material longsor yang berupa tanah dan bebatuan menerjang dua rumah warga dan menutup akses jalan di Dukuh Kambangan Desa Menawan.

Dua warga yang menjadi korban longsor di Dukuh Kambangan adalah Sugiarto dan Sampurno. Rumah keduanya mengalami kerusakan sedang. Dimana sebagian bangunan rumah roboh tertimpa material longsor.

"Tembok rumah Sugiarto mengalami kerusakan dengan ukuran sekitar 5x3 meter. Kalau rumah Sampurno kerusakan tembok ukuran 6x4 meter," katanya.

Budi memperkirakan masing-masing pemilik rumah mengalami kerugian sekitar Rp 15 juta.

Sementara untuk longsor di Desa Rahtawu tidak mengakibatkan kerusakan bangunan. Material longsor yang berupa tanah menutup total akses jalan warga Rahtawu dan merobohkan pal listrik.

"Akses jalan di Rahtawu tertutup total. Listrik di sana juga padam, karena ada pal listrik yang roboh terbawa longsor. Ini relawan gabungan sedang melakukan pembersihan di sana," jelasnya.

Lebih lanjut, Budi menyebut longsor terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur kedua desa tersebut mulai Selasa malam membuat kontur tanah di sana menjadi labil hingga terjadi longsor. []

Berita terkait
Sawah Tergenang Banjir, Pemkab Kudus Kerahkan 8 Pompa Penyedot
Untuk mengatasi air yang menggenangi sawah akibat banjir, pemda Kudus menerjunkan 8 pompa penyedot air.
Ditinggal Belanja, Rumah Warga Getasrabi Kudus Ludes Terbakar
Ditinggal pemilik belanja material, sebuah rumah di Desa Getasrabi, Kecamatan Gabog ludes terbakar.
Kronologi Tukang Cat Kudus Jatuh dari Lantai 3 Pondok Jekulo
Seorang tukang cat di Kabupaten Kudus meninggal dunia usai terjatuh dari Lantai 3 Pondok Pesantren Sirajul Hanan. Ini penyebabnya.
0
Satgas Minta Pemda di Jawa Berkerja Sama Tangani Covid-19
Satgas Penanganan Covid-19 meminta pemerintah daerah beserta masyarakat di Pulau Jawa bekerja sama menangani lonjakan Covid-19 di Tanah Air.