UNTUK INDONESIA

Gempa 5,3 Magnitudo di Banten, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa berkekuatan 5,0 magnitudo mengguncang wilayah Provinsi Banten.
Gempa berkekuatan 5,0 magnitudo guncang Banten. (Foto: Tagar/Twitter BMKG)

Jakarta - Gempa berkekuatan magnitudo 5,0 mengguncang wilayah Provinsi Banten. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa tersebut tidak berpotensi Tsunami.

Mengutip informasi yang dirilis BMKG melalui akun Twitter resmi mereka, gempa terjadi pada pukul 22.35 WIB dengan titik pusat gempa berada di koordinat 6.74 Lintang Selatan, 105.14 Bujur Timur (49 kilometer Barat Daya Sumur-Banten) dan berada di kedalaman 10 kilometer di bawah laut.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi terkait dampak kerusakan maupun korban jiwa.

"#Gempa Mag:5.0, 14-Nov-20 22:32:30 WIB, Lok:6.74 LS,105.14 BT (49 km Barat Daya SUMUR-BANTEN), Kedalaman:10 Km, tidak berpotensi tsunami #BMKG," cuit akun @infoBMKG, dikutip Tagar pada Sabtu, 14 November 2020.

Gempa ini dirasakan di Cikeusik, Bayah, Ciptagelar, Panggarangan, Carita, Panimbang, Labuan, Cimanggu, Malimping, Cikotok, Rangkasbitung,

Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi terkait dampak kerusakan maupun korban jiwa.

Baca juga: Gempa Banten 5,2 Magnitudo Tak Berpotensi Tsunami

Baca juga: Mantap, Kini Garut Punya Alat Deteksi Gempa Tsunami

Gempa berstatus skala MMI (Modified Mercalli Intensity) II, yang artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Gempa ini dirasakan(MMI):III Cikeusik, III Bayah, III Ciptagelar, III Panggarangan, II-III Carita, II-III Panimbang, II-III Labuan, II-III Cimanggu, II-III Malimping, II Cikotok, II Rangkasbitung, II Sawarna #BMKG," kata mereka. []

Berita terkait
Gempa 5,3 Magnitudo di Banda Aceh, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami
Sebuah gempa berkekuatan 5,3 magnitudo mengguncang kawasan Banda Aceh, Aceh, pada Sabtu dini hari, 14 November 2020, sekitar pukul 01. 33 WIB.
Mantap, Kini Garut Punya Alat Deteksi Gempa Tsunami
Alat pendeteksi gempa ini namanya Warning Receiver System. Lantas, seperti apa cara kerja alat ini?
Mamuju Tengah Diguncang Gempa 5,1 SR, Tak Berpotensi Tsunami
BMKG Majene belum memastikan apakah ada kerusakan rumah warga akibat gempa bumi magnitudo 5,1 yang mengguncang Mamuju Tengah pagi tadi.
0
Gempa 5,3 Magnitudo di Banten, Tak Berpotensi Tsunami
Gempa berkekuatan 5,0 magnitudo mengguncang wilayah Provinsi Banten.