UNTUK INDONESIA
Gaya Main Paul Gilbert Terpengaruh Gitaris Indonesia
Paul Gilbert, menyebut bahwa sosok pemain gitar yang paling meng-influence gaya permainannya adalah seorang gitaris berdarah Indonesia.
Musisi legendaris Paul Gilbert mengaku terpengaruh oleh gaya permainan gitar dari gitaris berdarah Indonesia, Eddie Van Halen. (Foto: Tagar/Eno Suratno Wongsodimedjo)

Jakarta - Paul Gilbert, terang-terangan menyebut bahwa sosok pemain gitar yang paling meng-influence alias mempengaruhi gaya permainannya adalah seorang gitaris berdarah Indonesia.

Hal itu ia ungkapkan menjawab pertanyaan wartawan sebelum tampil di helatan Jakarta Blues International Festival (JBIF) 2019, Sabtu, 7 Desember 2019.

Personel kelompok musik legendaris Mr. Big itu memang pernah mengatakan dalam berbagai kesempatan kalau ada banyak gitaris-gitaris dari seluruh dunia yang telah menginspirasinya merangkai nada dalam bermain gitar.

Eddie berasal dari Indonesia kan?

Ketika ditanya apakah ada gitaris asal Indonesia yang ikut mempengaruhi gaya permainannya, Paul Gilbert secara eksplisit menyebut nama pemain gitar berdarah Banten, Eddie Van Halen, sebagai sosok pemain gitar yang paling berpengaruh baginya.

"Sebenarnya, pemain gitar yang paling mempengaruhi permainan gitar saya memang berasal dari Indonesia. Eddie Van Halen," kata dia dalam jumpa pers JBIF 2019, Sabtu malam, 7 Desember 2019.

"Eddie berasal dari Indonesia kan?, ibunya berdarah Banten kalau tidak salah. Salah satu daerah di Indonesia," kata dia lagi.

Paul GilbertMusisi legendaris Paul Gilbert saat mengisi sesi coaching clinic di JBIF 2019. (Foto: Tagar/Eno Suratno Wongsodimedjo)

Paul Gilbert mengisi sesi coaching clinic Master Class di panggung Vintage Stage helatan JBIF 2019 pada Sabtu malam, 7 Desember 2019. Sementara pada Minggu, 8 Desember 2019, ia akan tampil di panggung yang sama bersama band pengiringnya.

Selain Paul Gilbert, sesi coaching clinic juga diisi oleh mantan gitaris kelompok musik Guns N Roses, Ron Bumblefoot Thal.

Ron merupakan sosok yang pernah memukau penonton konser GNR di Jakarta pada tahun 2012 lalu, sewaktu memainkan lagu Indonesia Raya melalui petikan gitar miliknya.

Selain Paul Gilbert dan Bumblefoot, helatan GBIF 2019 yang berlangsung pada 7-8 Desember 2019, di Tennis Indoor Stadium, Senayan, Jakarta Pusat tersebut juga menampilkan banyak musisi-musisi lokal dan internasional lain.

Musisi-musisi internasional yang akan tampil antara lain, Shun Kikuta dari Jepang, Keyboardist legendaris Uriah Heep, Ken Hensley dan kelompok musik The Calling.

Sedangkan musisi handal Tanah Air yang tampil di antaranya, Adrian Adioetomo, Gugun Blues Shelter, Edwin Marshall Project, dan grup band gaek The Rolies.

Baca juga: Paul Gilbert Gelar Coaching Clinic di JBIF 2019

Para pengisi acara akan mengentak di tiga panggung berbeda, yakni Iconic Stage, Crossroad Stage, dan Vintage Stage. []

Berita terkait
Arya Novanda Rilis Lagu Sebelum Tampil di JBIF 2019
Musisi Arya Novanda merilis single kedua bertajuk The Wonder, sebelum mengisi gelaran Jakarta Blues International Festival (JBIF) 2019.
Paul Gilbert dan Bumblefoot Bakal Main Blues di Jakarta
Gitaris legendaris Paul Gilbert dan Ron Bumblefoot Thal dikabarkan bakal tampil di Jakarta Blues International Festival (JBIF) 2019.
Slayer Tak Pernah Beberkan Alasan Bubar
Sejumlah netizen bertanya-tanya mengenai alasan bubar grup band cadas, Slayer.
0
Saat Jadi Menteri, Susi Pudjiastuti Rugikan Nelayan
Dewan Penasihat HNSI Jawa Timur, Bambang Haryo Seokartono sebut selama jadi menteri, banyak kebijakan Susi Pudiastuti yang rugikan nelayan.