Ganjar: Wirausaha Sebaiknya Dilatih di Koperasi & UMKM

Gubernur Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bahwa enterpreneurship (kewirausahaan) sebaiknya dilatih pada koperasi dan UMKM.
Ganjar Pranowo saat memberikan sambutan di Rakornas Tranformasi Digital Koperasi dan UMKM. (Foto: Tagar/Syva)

Jakarta – Gubernur Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bahwa enterpreneurship (kewirausahaan) sebaiknya dilatihkan kepada mereka para Usaha Kecil dan Menengah (UKM) agar bisa bangkit, berdikari, dan banyak hal yang bisa dikerjakan pada masa pemulihan ekonomi saat ini.

Ganjar mengatakan hal tersebut saat memberikan sambutan di Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tranformasi Digital Koperasi dan UMKM pada Jumat, 12 November 2021 di kanal YouTube Kemenkop UKM. 


Mereka bertanya tentang marketing digital, bagaimana mereka bisa comfort di sana maka pada saat itu kita undang marketplace untuk membantu.


Menurut anggota Partai Demokrasi Indonesia Perajuangan (PDIP) tersebut koperasi dan UKM menjadi lembaga yang sangat luar biasa karena banyaknya peminat. Banyak yang mengatakan bahwa mereka ingin usaha dan mereka mempunyai 3 persoalan besar.

Pertama adalah apakah mereka bisa membuka usaha dengan izin yang nyataapakah usaha-usaha mereka yang baru ini bisa dibantu pelatihan-pelatihan khususnya yang terkait dengan produk knowledge sehingga hasilnya bisa lebih baik dan pasti bisa berkompetisi di pasar.

Kedua, setelah nanti mereka bisa, apakah bisa mereka dibantu untuk menjualkan produk kami disegala pasar. Mereka menjualnya dengan konvensional, maka sebenarnya potensi yang bisa mereka pakai untuk saat ini mereka membutuhkan pelatihan-pelatihan.

“Mereka bertanya tentang marketing digital, bagaimana mereka bisa comfort di sana, maka pada saat itu kita undang market place untuk membantu," ujar Ganjar Pranowo.

Selain itu, ia juga memberikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Koperasi dan UKM, BUMN, dan sebagainya yang telah membantu dalam pelaksanaan pelatihan-pelatihan dan beberapa kali membuat UKM Koperasi Virtual Expo yang diharpkan dalam kondisi pandemi ini masih bisa berjalan.

Sampai hari ini, Ganjar masih memberikan ruang atau wadah untuk para koperasi untuk berdiskusi dan berdialog soal kekurangan tiap harinya. 

Pada saat itu, Bank Indonesia diminta untuk bantu, lalu kemudian ojk juga diminta untuk membantu, dan kita coba untuk berkomunikasi dengan beberapa Kedutaan Besar Republik Indonesia pada pemerintah.

(Syva Tri Ananda)

Berita terkait
Panca Unggul Ganjar Pranowo Memimpin Indonesia Menurut Pakar
Direktur Rumah Politik Indonesia Fernando EMaS menilai Banyak tokoh yang sudah mempersiapkan diri untuk ikut berkompetisi pada pilpres 2024.
Ganjar Serahkan Keputusan Sebagai Capres 2024 pada Megawati
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo belakangan ini sedang digadang-gadang untuk mendaftarkan diri sebagai calon presiden 2024. Simak ulasannya.
Ganjar Pranowo Siapkan Tempat Karantina Atlet PON XX Papua
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bahwa pemprov Jateng menyiapkan tempat karantina khusus untuk atlet PON XX Papua 2021.
0
Ganjar: Wirausaha Sebaiknya Dilatih di Koperasi & UMKM
Gubernur Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bahwa enterpreneurship (kewirausahaan) sebaiknya dilatih pada koperasi dan UMKM.