UNTUK INDONESIA
Ganjar Minta 9 Daerah Ini Lakukan Pengetatan Covid
Sembilan daerah di Jawa Tengah diminta melakukan pengetatan protokol kesehatan. Ganjar minta semua event yang memicu kerumunan ditunda.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo minta sembilan kabupaten kota di daerahnya melakukan pengetatan protokol kesehatan. Ini setelah ada tren kenaikan kasus Covid-19 di sembilan daerah tersebut. (Foto: Humas Pemprov Jateng)

Semarang - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo minta kepala daerah di sembilan kabupaten kota di wilayahnya melakukan kembali pengetatan penerapan protokol kesehatan. Pasalnya, ada tren kenaikan kasus positif Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir. 

Sembilan daerah tersebut adalah Kota Semarang, Kabupaten Pati, Rembang, Boyolali, Sragen, Wonosobo, Pemalang, Kudus dan Kabupaten Tegal.

"Ada beberapa kabupaten kota yang perlu mendapat perhatian, khususnya Kota Semarang. Maka saya minta, di daerah-daerah itu dilakukan pengetatan-pengetatan dalam pelaksanaan protokol kesehatan," kata Ganjar, di Semarang, Senin, 14 September 2020. 

Event-event ditunda dulu, semua dibuat virtual saja.

Pengetatan dilaksanakan dengan menggelar patroli rutin yang ditingkatkan. Karenanya Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) wajib selalu memantau titik-titik yang potensial terjadi kerumunan. Jika ada kumpulan massa maka didatangi dan dibubarkan. 

"Saya minta bupati wali kota yang ada di sembilan daerah itu bersama-sama melakukan pengetatan saat ini, agar semuanya bisa terkendali," ucapnya.

Baca lainnya: 

Ganjar menargetkan pengendalian kegiatan masyarakat secara masif di sembilan daerah itu harus mulai dilakukan mulai pekan ini. Semua even yang berpotensi mendatangkan kerumunan massa wajib ditunda.

"Event-event ditunda dulu, semua dibuat virtual saja. Kalau harus ada event, maka yang hadir harus sedikit dan protokol kesehatannya harus ketat. Kalau ada kesulitan di daerah, saya siap membantu dari provinsi," ujar dia.

Data dari corona.jatengprov.go.id, terhitung Senin ini, total ada 18.136 kasus positif covid di Jawa Tengah. Dari total itu, 2.831 pasien dirawat di rumah sakit, 13.628 pasien sembuh dan 1.677 orang meninggal dunia. []

Berita terkait
Ganjar: Bed Isolasi Covid di Jateng Terpakai 40,5%
Tingkat keterisian bed isolasi di Jawa Tengah baru 40,5%. Bukan berarti Gubernur Ganjar Pranono melonggarkan aturan protokol kesehatan.
Keharuan UMKM Magelang, Dagangannya Diborong Ganjar
Dua pelaku UMKM di Magelang tak menyangka didatangi Ganjar Pranowo. Tak hanya melihat-lihat, Ganjar juga memborong dagangan keduanya.
Ganjar Pranowo Dapat Bocoran PSBB DKI Jakarta
Ganjar Pranowo menjalin komunikasi aktif dengan sejumlah pihak untuk tahu kepastian rencana PSBB DKI Jakarta. Bocorannya seperti apa?
0
Demo Tolak UU Omnibus Law di Makassar, Mobil NasDem Dibakar
Unjuk rasa mahasiswa UNM Makassar menolak UU omnibus law berlangsung ricuh di Kota Makassar, mobil ambulance milik Partai NasDem dibakar.