UNTUK INDONESIA
Fokus Filantropi, Jack Ma Jual Saham 8,2 Miliar USD
Pendiri perusahaan Alibaba Group Holding Ltd Jack Ma menjual saham kepemilikan di Alibaba Group senilai 8,2 miliar Dolar Amerika Serikat.
Pendiri Alibaba Group Jack Ma. (Foto: Forbes)

Jakarta - Pendiri perusahaan Alibaba Group Holding Ltd Jack Ma menjual saham kepemilikan di Alibaba Group senilai 8,2 miliar Dolar Amerika Serikat (USD), berdasarkan harga saham saat ini dari perusahaannya. Artinya, selama setahun Jack Ma telah memotong kepemilikan saham di perusahaannya dari 6,4 persen menjadi 4,8 persen.

Dilansir dari Reuters, divestasi itu dilakukan Ma ketika pensiun dari jabatannya sebagai ketua eksekutif perusahaan e-commerce China pada September lalu. Dia menarik diri dari peran bisnis formal dan fokus menjadi filantropi.

Alibaba tidak mengungkapkan rata-rata harga jual divestasi itu. Tapi yang jelas, harga sahamnaik sekitar 40 persen sejak Jack Ma melaporkan kepemilikan saham di perusahaan tersebut sebesar 6,2 persen.

Wakil Ketua Eksekutif Alibaba Joseph Tsai juga mengurangi kepemilikan saham di perusahaan selama periode yang sama, dari 2,2 persen menjadi 1,6 persen. Saham yang dilepaskan bernilai 3,3 miliar Dollar AS.

Baik Ma dan Tsai tidak terlalu terlibat dalam operasi reguler Alibaba sejak Daniel Zhang diumumkan sebagai penerus Ma sebagai ketua perusahaan. Dia mengasumsikan peran itu secara resmi pada September 2019.

Sepanjang tahun ini, diketahui keduanya telah menyumbangkan jutaan unit alat pelindung diri (APD) melalui masing-masing badan amal ke rumah sakit di seluruh dunia untuk membantu memerangi penyebaran Covid-19.

Pada April 2019, pengajuan dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS menyatakan bahwa Ma berencana menjual hingga 21 juta saham dalam satu tahun. Hal tersebut dia lakukan untuk mendukung upayanya sebagai filantropi. []

Berita terkait
Geser Jack Ma, Colin Huang Terkaya Kedua di China
Colin Huang, founder dan CEO Pinduoduo berhasil menggeser kedudukan founder Alibaba Jack Ma sebagai orang kedua terkaya di China.
Jack Ma Mundur dari Dewan Eksekutif SoftBank
SoftBank Group Corp mengumumkan pada Senin, 18 Mei 2020 bahwa co-founder Alibaba, Jack Ma akan mengundurkan diri dari dewan eksekutif.
Jack Ma Siap Donasikan Perlengkapan Medis Covid-19 ke RI
Miliarder pendiri Alibaba Foundation, Jack Ma akan memberikan donasi perlengkapan medis untuk bantu tangkal virus corona (Covid-19) di Indonesia.
0
Fokus Filantropi, Jack Ma Jual Saham 8,2 Miliar USD
Pendiri perusahaan Alibaba Group Holding Ltd Jack Ma menjual saham kepemilikan di Alibaba Group senilai 8,2 miliar Dolar Amerika Serikat.