UNTUK INDONESIA
Final Piala Gubernur, The Jakmania Dilarang Hadir
PSSI Jawa Timur memutuskan melarang suporter Persija, The Jakmania untuk hadir di laga final Piala Gubernur Jatim yang akan digelar di Stadion GBT.
Sekretaris PSSI Jatim, Amir Burhannudin. (Foto: Dokumen/Tagar/Haris D Susanto)

Surabaya - Persebaya akan menghadapi Persija di partai final Piala Gubernur Jawa Timur, pada Kamis 20 Februari 2020. Di partai pamungkas ini, rencananya akan di gelar di Stadion Gelora Bung Tomo, tanpa dihadiri suporter Persija, The Jakmania.

Sekretaris PSSI Jawa Timur, Amir Burhanuddin mengatakan, pemilihan tempat final ini telah diputuskan sebelum partai semifinal. Dengan kesepakatan siapa yang menang di laga tersebut akan menjadi tuan rumah.

Hari ini hasilnya sudah kita ketahui dan yang lolos Persebaya di partai final dan akan bertemu dengan Persija.

Hasilnya, di partai semifinal Arema FC kalah 4-2 dengan Persebaya. Serta Madura United keok atas Persija Jakarta. Sehingga panitia pun langsung menunjuk Persebaya sebagai tuan rumah.

"Hari ini hasilnya sudah kita ketahui dan yang lolos Persebaya di partai final dan akan bertemu dengan Persija. Tentu didasari Rakorpam (rapat koordinasi pengamanan) kemarin maka pertandingan final besok digelar di Stadion GBT (Gelora Bung Tomo) dengan suporter," kata Amir saat dihubungi Tagar melalui telepon selulernya, Rabu 19 Februari 2020. 

Kendati demikian, PSSI Jawa Timur masih menunggu keputusan rapat koordinasi pengamanan yang dilakukan di Polda Jawa Timur, Rabu 19 Februari 2020 siang.

Amir menegaskan, kemungkinan veneu final bisa saja berubah, tergantung situasi dalam rapat kordinasi di Polda Jatim. Berkaca pada keputusan venue sebelumnya saat laga Persebaya melawan Arema FC juga berubah secara mendadak sebelum pertandingan.

"Ya bisa saja, wong kemarin saja pindah secara dadakan, padahal kami sudah merekomendadikan ke Kanjuruhan, Malang. Tapi pihak kepolisian dan keamanan minta digelar di tempat netral," imbuh dia.

Di laga final nanti, PSSI Jawa Timur akan memperbolehkan dengan suporter. Namun, The Jakmania, tidak diizinkan datang. Hanya pendukung Persebaya yang diperbolehkan hadir dalam laga tersebut.

Situasi tersebut mengacu pada kondisi liga atau turnamen lain ketika mempertemukan dua tim dengan rivalitas supoter cukup tinggi, suporter tim tamu tidak boleh hadir. Seperti halnya Persebaya dan Arema, ketika digelar di kandang Persebaya, Aremania diharapkan untuk tidak hadir begitu juga sebaliknya.

"Sama dengan halnya Persija, ketika pertandingan ini di home-nya Persebaya kami berharap The Jakmania tidak hadir dalam stadion. Ini untuk kepentingan semuanya," ucapnya.

Laga Final Piala Gubernur Jawa Timur mempertemukan Persebaya lawan Persija. Keduanya bersua setelah Persija sukses menundukkan Madura United di semifinal dengan skor 2-1 di Stadion Kanjuruhan Malang, Senin 17 Februari 2020.

Sementara Persebaya yang bermain satu hari sesudahnya, berhasil mengalahkan Arema FC 4-2 di Stadion Supriadi, Blitar. []

Berita terkait
Singkirkan Arema FC, Persebaya Vs Persija di Final
Persebaya Surabaya menyingkirkan rival bebuyutan Arema Fc 4-2 di semifinal Piala Gubernur Jatim 2020
Kronologi Bentrok Aremania Vs Bonek di Blitar
Kapolresta Blitar AKBP Leonard Sinambela memastikan saat ini keamanan Kota Blitar sudah kondusif. Polisi juga sudah memulangkan Bonek dan Aremania.
Aremania Vs Bonek, Tujuh Motor di Blitar Dibakar
Polisi masih melakukan investarisir sejumlah fasilitas umum di Kota Blitar yang dirusak akibat bentrok antara Bonek dengan Aremania.
0
Jokowi Berbagi Tips Cegah Penularan Virus Corona
Kehadiran Covid-19 atau virus corona belakangan ini membuat risau masyarakat. Untuk itu Presiden Jokowi perlu membagikan tips cegah penularan.