UNTUK INDONESIA
Film Vanguard Batal Dirilis Karena Virus Corona
Film terbaru aktor laga Jacky Chan, Vanguard, batal dirilis pada jadwal yang telah ditentukan sebelumnya lantaran wabah virus corona.
Film Vanguard. (Foto: China Film (Shanghai) International Media Co)

Jakarta - Film terbaru aktor laga Jacky Chan, Vanguard, batal dirilis pada jadwal yang telah ditentukan sebelumnya lantaran virus corona yang kian mewabah di seluruh kawasan China. Film yang sebelumnya diagendakan tayang perdana tepat pada hari Tahun Baru Imlek 2020, Sabtu ini, diundur hingga waktu yang belum ditentukan.

Laman Variety melaporkan, terdapat total tujuh film yang jadwal perilisannya di negeri tirai bambu dibatalkan untuk sementara waktu. Selain Vanguard, judul-judul film lainnya adalah Leap, The Rescue, Lost in Russia, Detective Chinatown 3, serta dua film animasi Boonie Bears: The Wild Life dan Jiang Ziya: Legend of Deification.

Perwakilan tim produksi masing-masing film pada hari Kamis, 24 Januaro 2020 kemarin telah merilis pernyataan resmi serta penjelasan mengenai ditundanya penayangan perdana film-film tersebut, melalui laman media sosial Weibo.

Pernyataan mereka antara lain berisi permohonan maaf kepada para penonton dan pihak bioskop, serta mengajak semua pihak untuk sama-sama membantu penanggulangan makin menyebarnya wabah virus corona.

Pihak Imax sebagai salah satu jaringan bioskop yang beroperasi di China mengungkapkan bahwa mereka mendukung keputusan ditundanya perilisan sejumlah film pada perayaan Tahun Baru Imlek 2020. Pasalnya menurut mereka, saat ini China memang tengah mengalami masa yang sulit dan tidak menguntungkan.

"Imax mendukung keputusan untuk menunda perilisan film Tahun Baru Cina dan meyakini itu sebagai tindakan terbaik dalam situasi yang tidak menguntungkan. Kami tetap bersemangat tentang film-film ini, mengingat proyeksi box office yang kuat dan angka pra-penjualan menuju akhir pekan ini," demikian bunyi pernyataan pihak Imax.

"Kami memiliki setiap harapan bahwa film-film ini akan dirilis pada tahun 2020 dan permintaan penonton untuk rilis ini akan tetap tinggi," kata perusahaan pengembang layar format besar tersebut.

Sementara pihak jaringan bioskop setempat, dilaporkan kewalahan menangani permintaan pengembalian uang tiket dari calon penonton yang telah membayar sebelumnya.

Padahal, platform penjualan tiket Maoyan dan Taopiaopiao telah mengeluarkan pernyataan bahwa proses refund bisa memakan waktu hingga satu minggu.

Wabah virus corona pertama kali muncul di pusat kota Wuhan, China, pada awal tahun ini. Mulanya, virus ini diduga menyebar melalui infeksi dari hewan ke manusia. Namun, belakangan baru diketahui kalau wabah tersebut juga bisa menular dari manusia ke manusia.

Film VanguardFilm Vanguard. (Foto: China Film (Shanghai) International Media Co)

Saat ini, wabah virus corona telah menyebar ke luar China melalui peredaran turis dari negeri tirai bambu tersebut. Orang-orang yang baru bepergian ke Tiongkok, membawa virus tersebut ke negaranya masing-masing. Hingga berita ini diturunkan, virus dilaporkan telah menyebar ke Jepang dan Korea Selatan.

Baca juga: Syuting Film, Tissa Biani Ketempelan Makhluk Halus

Sementara di kawasan Asia Tenggara, virus terdeteksi menjakit ke beberapa orang pasien di Singapura dan Thailand. []


Berita terkait
Anne Watanabe Diselingkuhi Saat Hamil Anak Ketiga
Anne Watanabe aktor Jepang yang menjadi suaminya, Masahiro Higashide, saat hamil anak ketiga mereka pada 2017 lalu.
Tissa Biani Lakukan Ini Demi Film KKN di Desa Penari
Aktris cantik Tissa Biani mengaku harus berlajar sejumlah hal baru demi mendalami perannya sebagai Nur dalam film KKN di Desa Penari.
Sinopsis dan Trailer Film KKN di Desa Penari
Film KKN di Desa Penari merupakan adaptasi dari kisah horor viral yang bercerita mengenai pengalaman menyeramkan di sebuah desa antah berantah.
0
Nabi Saleh AS, Mukjizat Batu Jadi Unta Betina Hamil
Nabi Saleh AS menunjuk ke arah batu, batu pecah dan keluar seekor unta betina hamil. Tiga hari berikutnya unta itu melahirkan seekor unta jantan.