Film Perempuan Tanah Jahanam Wakili Indonesia di Ajang Oscar 2021

Film Perempuan Tanah Jahanam, mewakili Indonesia di gelaran penghargaan film dunia, Academy Awards ke-93 atau Piala Oscar 2021.
degan dalam Film Perempuan Tanah Jahanam. (CJ Entertainment)

Jakarta - Film karya sineas Tanah Air, Perempuan Tanah Jahanam, mewakili Indonesia di gelaran penghargaan film dunia, Academy Awards ke-93 atau Piala Oscar 2021. Film garapan sutradara Joko Anwar dengan judul internasional Impetigore itu masuk dalam nominasi kategori Film Fitur Internasional di ajang tahunan tersebut.

Kepastian masuknya film Perempuan Tanah Jahanam di kancah Academy Awards disampaikan langsung oleh Ketua Komite Seleksi Oscar Indonesia, Garin Nugroho. Menurutnya, keputusan diambil sesuai regulasi yang ditetapkan oleh Komite Seleksi dan Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS).

"Sesuai pedoman Komite Seleksi Oscar di Indonesia dan regulasi AMPAS, setelah dilakukan penilaian, komite menetapkan film berjudul Perempuan Tanah Jahanam menjadi wakil Indonesia sebagai film pilihan di kategori International Feature Film," kata Garin dalam konferensi pers daring, dikutip Tagar pada Selasa, 10 November 2020.

Garin menuturkan, film Perempuan Tanah Jahanam rilisan tahun tahun 2019 lalu itu dipilih oleh tim komite karena memenuhi sejumlah kriteria seperti unsur-unsur film, termasuk dari sisi penyutradaraan, hingga skenario.

Selain itu, Garin yang ikut ditemani oleh Deddy Mizwar juga mengatakan bahwa film bergenre horor dan thriller itu membawa nilai-nilai lokal dan global, sehingga akan mampu merepresentasikan Indonesia di perhelatan film terbesar di dunia.

"Dalam film ini ada yang menarik. Mulai dari unsur-unsur yang telah teruji, hingga latar belakang budaya terkait mistisme di Indonesia juga menjadi swadaya kuat dari film ini," kata Garin.

Perempuan Tanah JahanamPoster Film Perempuan Tanah Jahanam. (CJ Entertainment)

Sutradara film Kucumbu Tubuh Indahku itu menuturkan, tidak ada genre yang tidak terbuka untuk menjadi wakil sebuah negara di Academy Awards. Ia menyebutkan, banyak negara yang juga memboyong film bergenre horor sebagai wakil negaranya di ajang itu.

"Karena tidak ada yang namanya genre kelas 1, kelas 2. Yang diperlukan adalah pencapaian dan unsur-unsur filmnya," ujar Garin.

Film Perempuan Tanah Jahanam sendiri bercerita tentang Maya (Tara Basro) dan sahabatnya, Dini (Marissa Anita) yang pergi ke desa asalnya untuk mencari tahu harta warisan keluarganya.

Film ini sebelumnya juga ditayangkan di berbagai festival film internasional seperti Sundance Film Festival, International Film Festival Rotterdam, dan Göterborg Film Festival (Swedia). []

Berita terkait
8 Film Heroik Cocok Ditonton Saat Peringati Hari Pahlawan
Berikut Tagar rangkumkan 8 Pahlawan Nasional Indonesia yang kisah hidupnya diangkat ke dalam film layar lebar.
Produksi Film Dokumenter WS Rendra dan Aku Resmi Dimulai
Rumah produksi Rekam Sinema Indonesia atau Rekam Docs resmi memulai produksi film dokumenter berjudul WS Rendra dan Aku.
Tentang Film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas
Cerita dalam film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas diadopsi dari novel karya Eka Kurniawan.
0
Kimia Farma Impor Vaksin Shinoparm 7,5 Juta Dosis
Kimia Farma sudah menandatangani perjanjian kerja sama dengan produsen vaksin Shinoparm untuk impor 7,5 juta vaksin program gotong royong.