Ferdinand Haruskan Vaksin Harian Jakarta 300-500 Ribu Orang

Jakarta terus menjadi kota paling massif dalam persebaran Covid-19. Aktivis ungkapkan vaksinasi harus capai 300-500 ribu perhari.
Ferdinand Hutahaen. (Foto: Tagar/Kastara)

Jakarta - Jakarta terus menjadi kota paling massif dalam persebaran Covid-19. Angka positif harian terus meningkat hingga belasan ribu perhari.

Menurut Ketua Yayasan Keadilan Masyarakat, Ferdinand Hutahaean, hal tersebut sungguh darurat dan sangat menakutkan.

Sebab, menurutnya, fasilitas kesehatan semakin tak mencukupi untuk menampung dan merawat korban positif Covid-19 dan berdampak pada angka kematian yang terus naik.

Ia juga mengkritik kinerja Gubernur Jakarta dalam penanganan Covid-19. "Upaya Gubernur Jakarta tidak terlihat jelas bahkan hampir tak mampu mengimbau rakyatnya untuk menerima vaksin."

Bila mengacu pada keterangan Wagub DKI jumlah masyarakat yang sudah divaksin tahap 1 atau dosis pertama sudah diatas 60% dan dosis kedua sekitar 22%.


Kalau terus-terusan seperti sekarang ini, kapan Jakarta mau memcapai Herd Imunity?


"Kalau melihat angka ini Jakarta sungguh sangat buruk program vaksinasinya. Padahal jumlah vaksin yang tersedia saat ini jumlahnya sangat banyak. Seharusnya Jakarta sebagai kota yang paling lengkap fasilitas kesehatannya dan paling maju kotanya dibanding kota lainnya harusnya mampu melaksanakan vaksinasi hingga 500 Ribu dosis setiap hari untuk mengejar Herd Imunity."

"Kalau terus-terusan seperti sekarang ini, kapan Jakarta mau memcapai Herd Imunity? Gubernur harus bekerja lebih keras, jangan hanya bicara tapi bekerja."

Ferdinand juga mengungkapkan keterlambatan penangan Covid-19 di Jakarta. "Mestinya pada Juli ini 100% penduduk Jakarta harusnya sudah mendapat vaksin dosis 1 dan Agustus mendapat dosis kedua."

Ia mengatakan Gubernur harus merancang vaksinasi tingkat RW setidaknya tingkat kelurahan. "Jakarta harusnya mampu melakukan itu kalau Gubernurnya bekerja benar. Jangan sampai nanti PPKM ini akhirnya mau tidak mau diperpanjang karena kegagalan kita melakukan vaksinasi." []


Baca juga


Berita terkait
Jakarta Cetak Rekor Pasien Sembuh Covid-19, Minggu 11 Juli
Provinsi DKI Jakarta mencatat rekor baru angka kesembuhan Covid-19 dengan 20.602 pasien sembuh.
Anies Baswedan: Covid-19 di Jakarta Mungkin Bisa Jadi Endemi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka peluang menjadikan pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lama di Jakarta menjadi endemi.
Empat Permintaan Anies ke Jokowi Soal PPKM Darurat
Anies Baswedan meminta empat hal penting untuk menunjang pelaksanaan PPKM Mikro Darurat dalam mengendalikan lonjakan kasus Covid-19.
0
Ferdinand Haruskan Vaksin Harian Jakarta 300-500 Ribu Orang
Jakarta terus menjadi kota paling massif dalam persebaran Covid-19. Aktivis ungkapkan vaksinasi harus capai 300-500 ribu perhari.