UNTUK INDONESIA
Fakta-fakta Penyakit Autoimun Menurut Ashanty
Penyanyi Ashanty mengaku penyakit autoimun yang dideritanya mempengaruhi kondisi kesehatannya yang saat ini tengah menurun.
Penyanyi Ashanty berpose di akun media sosialnya. (Foto: Instagram/ashanty_ash)

Jakarta - Penyanyi Ashanty menjelaskan sejumlah fakta baru mengenai penyakit autoimun yang dideritanya. Menurut dia, penyakit tersebut mempengaruhi kondisi kesehatannya yang saat ini tengah menurun.

Pasalnya, ia tidak diperbolehkan mengonsumsi antibiotik lantaran obat jenis itu disebutnya berpotensi memperparah keadaan.

"Sebenarnya lagi sakit, aku sebenarnya lagi agak drop nih dalam enam hari karena kan lagi sakit gini aku tuh kalau lagi flu, batuk enggak boleh minum antibiotik, enggak boleh minum obat, karena aku kena gejala autoimun itu," kata Ashanty dalam sebuah wawancara di kanal video YouTube Cumicumi, Kamis 7 November 2019.

"Jadi aku benar-benar pakai herbal, tapi ya sembuhnya enggak bisa cepat. kata dia lagi.

Ashanty juga mengatakan bahwa para penderita autoimun seperti dirinya tidak boleh menjalani pengobatan dengan metode suntik. Menurutnya, jika penderita autoimun disutik maka pembuluh darahnya akan mengalami peradangan.

Aku sebenarnya lagi agak drop nih dalam enam hari.

Hal itu ia ketahui usai menjalani suntik vitamin C untuk membantu memulihkan kondisi kesehatannya yang menurun, namun tidak diperbolehkan mengonsumsi obat.

"Ternyata kalau punya penyakit kaya aku, disuntik itu (akan) meradang pembuluh darahnya. Jadi disuntik kan, vitamin C, supaya badan enakan, (tetapi) enggak bisa masuk (karena peradangan) ," kata dia.

Diketahui, Ashanty divonis dokter menderita penyakit autoimun pada awal Oktober lalu. Hal itu diungkap sendiri oleh istri dari Anang Hermansyah itu melalui akun Instagramnya.

Mulanya, Ashanty hanya bermaksud mengantar Anang melakukan proses medical check up kesehatan bersama Dokter Terawan di rumah sakit RSPAD.

Namun belakangan, pelantun lagu Bukan Untuk Sembarang Hati itu juga memutuskan untuk ikut melakukan pemeriksaan. Hasilnya, dia divonis dokter menderita penyakit autoimun.

Diagnosa kaget banget, aku kena "auto immune"," tulis Ashanty di laman Instagram pribadinya, pada Selasa, 8 Oktober 2019.

 




 

View this post on Instagram

 








Dokter Terawan(RSPAD).. dari dulu cuma denger namanya.. berkali2 mau kesini ngga jadi2, dan akhirnya hari ini niat mau nganter mas anang DSA( check up detail kepala, jantung dll).. Tiba2 disuru juga check up supaya sehat.. dan ternyata yg selama ini selalu aku keluhkan ketahuan, kalo ngga karna dokter Terawan.. ngga tau selama ini aku sakit apa!! Ngga bisa tidur kenapa? Sakit kepala dari dulu krn apa? pelupa bgt belakangan, suka cemas, mudah stres belakangan, gampang kepikiran!! Diagnosa awal kaget banget, aku kena ‘auto immune’ sesuatu yg ngga pernah saya bayangkan, denger nya aja serem.. googling aja tadi ngeri2 banget.. tapi semua dokter disini sangat2 menenangkan, meyakinkan bahwa bisa sembuh dengan terapi.. bahkan ngga nyangka peralatan nya dan metode penyembuhan nya terbaik di dunia.. 3 hari lagi hasil darah aku keluar.. semoga masih tahap awal yaa, supaya penyembuhan nya ngga susah.. untung cepet kesini dan untung ikut check kl ngga aku ngga akan pernah tau, selama ini aku kenapa begini.. bangga banget Indonesia punya dokter sepintar ini, orang nya ngga kaku malah sangat menyenangkan, sangat2 kekinian, yg jelas benar2 membuat kt nyaman dan semua detail penjelasannya. Yg paling keren dokter nya mayjen dan pake baju tentara semua yg praktek.. mau info aja siapa tau bisa berguna buat yg punya sakit stroke,cancer atau autoimmune dll disini pengobatan nya jauh lebih maju dari pd negara lain..ini sharing aja semoga bermanfaat.. kesehatan jauh lebih penting dari apa pun..

A post shared by  Ashanty (@ashanty_ash) on

Menurut pengertiannya, penyakit autoimun merupakan kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang, justru menyerang tubuh sendiri.

Sistem kekebalan tubuh atau imun, normalnya bertugas menjaga tubuh dari serangan bakteri atau virus yang dianggap sebagai organisme asing.

Baca juga: Mengenal Penyakit Autoimun yang Diderita Ashanty

Namun, pada penderita penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuhnya memandang sel tubuh yang sehat sebagai organisme asing.

Imun kemudian justru akan melepaskan protein yang disebut autoantibodi untuk menyerang sel-sel tubuh yang sehat tersebut. []

Berita terkait
Mengenal Penyakit Autoimun
Penyakit unik ini disebabkan karena adanya kesalahan sistem imun yang dapat menyebabkan tubuh menyerang dirinya sendiri.
Tips Pentingnya Memperhatikan Produk Makanan Sehat
Orang menganggap orang sehat itu adalah orang yang rajin olahraga, tidur yang cukup serta tidaTapi perlu memperhatikan produk makanan.
Nikita Mirzani Dituding Bipolar, Mari Kenali Gejalanya
Dalam pengertiannya, bipolar merupakan gangguan mental yang ditandai dengan perubahan emosi secara ekstrim.
0
Pemkot Sibolga Tak Buka Rekrutmen CPNS 2019, Kenapa?
Pemerintah Kota Sibolga tidak membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 karena tidak dianggarkan dan belum membutuhkan PNS.