UNTUK INDONESIA
Fakta-Fakta Kasus yang Menimpa Keluarga Elvy Sukaesih
Elvy Sukaesih penyanyi dangdut legendaris ramai diperbincangkan publik karena menantunya terjerat narkoba. Apa saja kasus yang menimpa keluarganya?
Pedangdut dengan julukan Ratu Dangdut Elvy Sukaesih. (Foto: Isntagram/@elvy_sukaesih)

Jakarta - Elvy Sukaesih, penyanyi dangdut legendaris dengan julukan 'Ratu Dangdut' lagi-lagi ramai diperbincangkan publik. Namun, bukan dia sendiri yang menjadi objek perbincangan, melainkan menantunya Muhammad bin Anis atau Muhammad Basurrah ditangkap polisi karena membawa narkoba jenis sabu.

Populer seusai menjadi penyanyi pendamping Rhoma Irama di Orkes Melayu (OM) Soneta pada era 70-an, Elvy yang bernama lahir Else Sukaesih ini menjalani karir yang cemerlang di dunia tarik suara. Hanya saja, berbagai kasus mulai menimpanya saat anak-anaknya dewasa.

Apa saja kasus yang menimpa keluarga Elvy Sukaesih? 

Elvy SukaesihElvy Sukaesih berswafoto bersama putri bungsunya Dhawiya Zaida. (Foto: Isntagram/@elvy_sukaesih)

1. Dhawiya Terjerat Narkoba

Pada Februari 2018, dunia hiburan digegerkan dengan penangkapan putri bungsu Elvy Sukaesih Dhawiya Zaida karena sedang pesta narkoba bersama suaminya Muhammad bin Anis, yang saat itu masih berstatus tunangan, anak laki-laki Syehan dan istrinya Chauri Gita.

Dalam penangkapan di rumahnya di Jalan Usaha, No. 18 RT 01/05, Dewi Sartika, Cawang, Jakarta Timur, polisi membawa sejumlah alat bukti barupa sabu seberat 1,32 gram, alat hisap dan barang bukti lainya.

Tapi, Dhawiya dan Muhamad hanya divonis hukuman 1,5 tahun rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur. Sebab, ia dinilai tidak terbukti melanggar pasal primer terkait keterlibatannya dalam jaringan pengedaran narkotika.

Sedangkan kakaknya Syehan dan istrinya Chauri dibebaskan karena menderita penyakit TBC stadium tiga dan Chauri sedang hamil enam bulan.

Elvy Sukaesih
Elvy Sukaesih bersama keluarga. Dhawiya Zhaida (kiri atas), Elvy Sukaesih (tengah atas), Wirdha Sylvina (kanan atas). (Foto: Instagram/@elvy_sukaesih)

2. Berseteru dengan Wirdha Sylvina

Kasus narkoba yang menjerat Dhawiya memercik perseteruan antara Elvy dengan putrinya Wirdha Sylvina. Awalnya, suami dari Wirdha Sylvina yaitu Zecky Alatas menjadi kuasa hukum bagi Dhawiya, Muhammad, Syehan, dan Chauri Gita.

Tapi, belum selesai kasus tersebut, Zecky malah mengundurkan diri. Dengan alasan tidak ada lagi kesepemahaman antar dia dan keluarga istrinya tersebut.

Akhirnya, dimulailah konflik keduanya, hingga pada Juli 2018, Elvy mengatakan bahwa putrinya tidak berkunjung ke rumahnya saat hari Raya Idul Fitri. "Lebaran saya juga enggak ketemu dia. Kalau dibilang saya telepon, saya ini saya itu, ya Rab, biar Allah yang bersaksi bersama malaikatnya," ujar Elvy di MNC Tower I, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu, 11 Juli 2018.

Hanya saja, Elvy enggan membeberkan permasalahan apa yang menimpa dia dengan anaknya itu. "Masya Allah bukan masalah yang lebih muda lho, ini masalah anak sama ibunya," tuturnya.

Ilustrasi Orang Mengamuk
Ilustrasi orang mengamuk. (Foto: Pixabay/designundfotoart)

3. Haedar Mengamuk

Pada Kamis, 12 September 2019, putra sulung Elvy Sukaesih, Haedar mengamuk di warung milik tetangganya, Junaedi. Inisden bermula saat Haedar meminta asisten rumah tangga di rumahnya untuk membeli rokok di warung Junaedi, tapi tidak dibayar langsung alias utang.

Tak lama kemudian, asisten rumah tangganya itu tidak membawa rokok yang diminta. Haedar pun mendatangi warung Junaidi, dia mengamuk sambil membawa golok kemudian merusak warung dan rumah pemilik warung.

Atas perbuatannya, Haedar ditangkap oleh polisi. Hanya saja, ia dibebaskan setelah keluarganya menunjukkan surat riwayat gangguan jiwa yang dimiliki putra sulung Elvy tersebut.

Elvy Sukaesih

Putri bungsu Elvy Sukaesih (kanan) dengan menantunya Muhammad (kiri). (Foto: Instagram/@elvy_sukaesih)

4. Menantu Elvi Terjerat Narkoba

Untuk kedua kalinya, suami Dhawiya, alias menantu Elvy Sukaesih yaitu Muhammad bin Anis tertangkap polisi karena terjerat kasus narkoba. Ia ketahuan membawa sabu seberat 1,07 gram, pada Sabtu, 5 Oktober 2019.

"Polisi menemukan dua plastik klip berisi sabu masing-masing seberat 0,33 gram dan satu plastik klip sabu seberat 0,41 gram," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono, pada Sabtu, 5 Oktober 2019 seperti dilansir dari Antara.

Barang bukti narkoba jenis sabu itu ditemukan pada selipan jam tangan sebelah kiri. Sedangkan satu plastik klip sabu seberat 0,41 gram disimpan di dalam sebuah bungkus rokok. []

Berita terkait
Menantu Elvy Sukaesih Ditangkap Polisi Bawa Sabu
Dari hasil pemeriksaan polisi diketahui Muhamad bin Anis adalah menantu penyanyi dangdut Elvy Sukaesih.
Kronologi Anak Elvy Sukaesih Mengamuk di Warung Rokok
Putra pedangdut legendaris Elvy Sukaesih, Haedar ditangkap Polres Metro Jakarta Timur setelah merusak sebuah warung.
Ini Cerita Elvy Sukaesih Terkait Penggunaan Sabu Anak dan Mantu
Ini cerita Elvy Sukaesih terkait penggunaan sabu anak dan mantu. "Perasaan hancur dan sedih. Saya berharap ini cepat berakhir," ujarnya.
0
Pendaftaran Perseorangan Pilkada Makassar Masih Sepi
Hingga hari ketiga penyetoran berkas syarat dukungan pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar melalui jalur perseorangan sepi.