UNTUK INDONESIA
Fakta, Spek dan Harga Mobil Mini Bajaj Qute
Berikut adalah fakta, spesifikasi dan harga kendaraan mungil Bajaj Qute, dikutip dari laman resmi Bajaj, Selasa, 18 Februari 2020.
Bajaj Qute. (Foto: Instagram/bajajquteindonesia)

Jakarta - Mobil kecil Bajaj Qute mendadak menjadi perbincangan warganet di media sosial. Mobil garapan perusahaan multinasional asal India, Bajaj Auto ini, dikabarkan memiliki harga yang lebih murah dari sepeda motor jenis Honda Beat.

Sejatinya, produk otomotif Bajaj Qute bukanlah barang baru. Pasalnya, mobil mini ini sudah digunakan sebagai pengganti bemo di Jakarta pada 2017.

Berikut adalah fakta, spesifikasi dan harga kendaraan mungil Bajaj Qute, dikutip dari laman resmi Bajaj, Selasa, 18 Februari 2020.

Bajaj QuteMesin Bajaj Qute. (Foto: Situs Resmi Bajaj)

1. Efisiensi Bahan Bakar

Qute memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi ketimbang mobil-mobil kecil populer lainnya, yakni sebesar 35 km per liter. Hal tersebut dikarenakan Qute menggunakan mesin DTSi 4 katup berkapasitas 216 cc, berpendingin air, dengan sistem injeksi bahan bakar loop tertutup.

Tidak hanya mesin bensin, Qute juga memiliki pilihan mesin dengan bahan bakar gas. Mesin tersebut membuat Qute menjadi kendaraan roda empat yang paling irit. Hal tersebut yang membuat mobil ini digunakan untuk moda transportasi di Jakarta

2. Biaya Servis Murah

Qute memiliki mesin yang tidak terlalu rumit dibandingkan kendaraan roda empat lainnya. Kendaraan ini dibuat di India, dan karenanya spare-part mobil ini mudah ditemui. Biaya perawatannya juga setara dengan roda tiga, sehingga sangat cocok untuk perjalanan sehari-hari.

3. Mudah Dikemudikan

Mobil mini ini memiliki radius belokan terkecil 3,5 m, yang membuatnya sangat mudah untuk bermanuver saat melintasi jalur padat. Sangat cocok untuk digunakan di jalanan macet, seperti yang banyak dijumpai di Jakarta.

Kemudian, persnelingnya juga dipasang di dasbor, sehingga lebih mudah dijangkau, serta mampu memberikan kenyamanan berkendara. Ukuran kendaraan yang kecil juga dapat membantu dalam menavigasi lalu lintas kota dan parkir di ruang sempit.

Kendaraan ini memiliki mesin yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 10,8 HP atau setara dengan 8,08 kW pada 5.500 rpm dan torsi maksimum 16,1 nm pada 4.000 rpm. Kecepatan maksimal Qute sebesar 70 km per jam, karena mobil ini memang dirancang untuk perjalanan jarak dekat seperti di dalam perkotaan.

Bajaj QuteBajaj Qute menjadi kendaraan pengganti bemo. (Foto: Instagram/gora__k)

4. Aman Digunakan

Qute mampu memberikan perlindungan dari sinar matahari dan hujan. Meskipun memiliki perawakan yang mungil, mobil ini bisa bernavigasi dengan baik dalam kondisi tergenang air. Hal tersebut dikarenakan Qute sudah menggunakan roda alloy berukuran 12 inci yang mampu memberikan daya cengkeram ban ke aspal dengan baik.

Saat digunakan di musim hujan, Qute sudah dibekali dengan wiper dan sistem pencucian untuk mampu memberikan visibilitas yang lebih baik selama kondisi cuaca buruk.

5. Memiliki Dimensi yang Mungil

Qute memiliki dimensi yang sangat kecil bila dibandingkan dengan kendaraan roda empat lainnya. Mobil ini memiliki panjang 2.752 mm, lebar 1.312 mm, dan tinggi 1.652 mm. Dengan dimensi tersebut, Qute mampu bermanuver dengan baik dalam kondisi jalanan yang padat.

6. Harga

Saat pertama kali diluncurkan, Bajaj Qute dibanderol dengan harga yang sangat ekonomis, yakni sebesar Rp 10 juta. Namun, saat ini mobil mini dijual dengan kisaran harga Rp 60-70 juta.

Bajaj Qute sendiri memiliki enam varian warna, yakni merah, kuning, hijau, biru, hitam, dan silver. Kemudian Qute juga tersedia dalam tiga jenis, yaitu Qute keluarga, pick up dan box. []

Berita terkait
Spek Lamborghini Aventandor Milik Atta Halilintar
Youtuber kenamaan Indonesia, Atta Halilintar menguggah foto mobil sport berwarna silver yang diduga adalah mobil Lamborghini Aventandor.
Viral Balap Mobil Liar di Underpass YIA Kulon Progo
Underpass YIA menjadi ajang balap mobil liar. Polisi sudah menilangnya. Namun pelaku membantah, aksi tersebut untuk adegan syuting film.
Mobil Impian Ashraf Sinclair Suami BCL
Ashraf Sinclair mengembuskan napas terakhir, Selasa, 18 Februari 2020 pukul 04.00 WIB di RS MMC, Jakarta, akibat serangan jantung.
0
Fahira Idris Batal Penuhi Panggilan Bareskrim
Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Fahira Idris batal memenuhi panggilan polisi terkait cuitan yang dianggap hoaks oleh Muannas Alaidid