Fakta dan Rumor Lagu November Rain Milik Guns N Roses

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah fakta dan rumor tentang lagu November Rain milik grup band rock Guns N Roses.
Guns N Roses dalam sebuah aksi panggungnya. (Foto: dok. Guns N Roses)

Jakarta - Grup band Guns N Roses merilis dobel album Use Your Illusion I dan Use Your Illusion II pada September 1991 silam. Dari album tersebut, sejumlah tembang menjadi hit dan dinikmati para penikmat musik hingga kini, termasuk lagu berjudul November Rain yang demikian ikonik.

Dalam liriknya, November Rain berkisah tentang cinta yang tak kuasa menghindari perpisahan, sementara aransemen yang menampilkan nuansa orkestra, kian membuat lagu ini terdengar begitu minor.

Tembang November Rain dinilai begitu melankolis, terlebih ketika didengarkan di musim hujan, seperti pada bulan November, sesuai dengan judul lagu tersebut.

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah fakta dan rumor tentang lagu November Rain milik grup band rock Guns N Roses:

November RainIlustrasi lagu November Rain milik Guns N Roses.

1. Digubah oleh Axl Rose

Prototipe lagu November Rain sudah mulai ditulis oleh Axl Rose sang vokalis sejak tahun 1983. Fakta tersebut dibeberkan oleh Tracii Guns, musisi sahabat penyanyi bernama asli William Bailey itu yang kerap menyaksikan rekannya memainkan tembang tersebut dengan pianonya.

Namun ketika Tracii bertanya perihal kapan lagu itu bakal diselesaikan, Axl Rose tidak pernah mau menjawab.

2. Dirilis pada 1991

Lagu November Rain masuk dalam album Your Illusion I yang dirilis pada September 1991 silam. Tembang ini langsung menjadi salah satu hits dalam dobel album yang diluncurkan saat itu, bersama lagu-lagu lain, yakni Don't Cry dan Estranged.

SlashSlash dalam sebuah aksi panggungnya bersama Guns N Roses. (Foto: dok. Guns N Roses)

3. Lagu Balada Terbaik

Tembang November Rain dianggap sebagai salah satu lagu balada terbaik. Pasalnya, dengan durasi yang mencapai hampir 10 menit, lagu tersebut tetap sukses menjadi hits yang masih diputar di radio dan muncul di televisi.

Lagu tersebut juga masih kerap dimainkan penyanyi cafe hingga anak tongkrongan di tepi jalan.

Bahkan dalam setiap konser Guns N Roses hingga hari ini, lagu November Rain masih tetap dinanti oleh para penggemarnya untuk dibawakan secara langsung oleh Axl Rose dan kawan-kawan.

4. Video Klip Mahal

Tembang November Rain milik Guns N Roses memiliki video klip yang digarap begitu serius dan memakan biaya yang tidak sedikit. Klip berdurasi nyaris 10 menit tersebut menampilkan pesta, hingga kapel di tengah gurun. Jumlah orang yang terlibat juga mencapai ratusan, dengan kebutuhan properti mewah dan megah.

Pihak MTV mencatat, produksi video musik untuk lagu tersebut memakan anggaran hingga US$ 1,5 juta yang merupakan ongkos besar untuk dikeluarkan pada masa itu.

5. Cetak Rekor

Lagu November Rain dalam album Use Your Illusion I meraih kesuksesan tidak hanya dalam hal penjualan. Sederet pencapaian mentereng disabetnya, termasuk rekor lagu dengan durasi terpanjang yang berhasil masuk Top 10 Billboard Hot 100.

Tak hanya itu, video klip lagu November Rain juga sukses menjadi klip pertama yang dibuat sebelum adanya YouTube yang telah ditonton 1 miliar kali. Catatan mentereng tersebut dicapai pada Juli 2018 silam.

Berita terkait
Lirik Lagu Mosi Tidak Percaya - Efek Rumah Kaca
Berikut Tagar rangkumkan lirik lengkap lagu Mosi Tidak Percaya milik grup musik Efek Rumah Kaca.
Enhypen dan Deretan Artis K-Pop Rilis Karya di November 2020
Berikut Tagar rangkumkan bintang K-Pop yang siap merilis karya pada bulan November 2020 ini.
0
Dugaan Penipuan Jumlah Tes Covid-19 di Jerman
Dugaan penipuan jumlah tes Covid-19 di Jerman meningkat, otoritas keseharan Jerman membahas mekanisme kontrol jumlah tes