Guns N Roses Pecahkan Rekor Lewat Sweet Child O Mine

Kelompok musik rock Guns N Roses memecahkan rekor sebagai pemilik lagu di era 80-an yang ditonton lebih dari 1 miliar kali di YouTube.
Indonesia menjadi pembuka pertama konser Guns N Roses di Asia. (Foto: rocksceneauctions)

Jakarta - Kelompok musik rock Guns N Roses memecahkan rekor sebagai pemilik lagu di era 80-an yang ditonton lebih dari 1 miliar kali di platform berbagi video YouTube, lewat lagu legendaris milik mereka yang berjudul Sweet Child O Mine.

Selain itu, tembang mellow mengiris hati November Rain milik mereka, juga menjadi satu-satunya lagu yang tembus 1 miliar penonton di YouTube dari dekade 90-an.

Memecahkan rekor agaknya bukan merupakan hal baru bagi Guns N Roses. Album pertama mereka Appetite For Destruction yang dirilis pada 21 Juli 1987, membuat sejarah baru sebagai album debut dari Amerika Serikat yang terlaris di dunia.

Baca juga: Catcher In The Rye, Novel Favorit Para Musisi dan Pembunuh

Album tersebut tercatat terjual lebih dari 30 juta kopi di seluruh dunia dan terus diproduksi ulang hingga saat ini.

Sementara tur reuni Axl bersama dua personel formasi awal GNR, yakni Slash dan Duff Mckagan yang diberi nama Not In This Lifetime hingga saat ini memegang posisi ke-4 dalam daftar tur paling sukses dalam sejarah musik dalam dua tahun pertama.

Berikut daftar jumlah penonton YouTube untuk lagu-lagu dari era 80-an dan 90-an dilansir Variety pada Selasa, 15 Oktober 2019.

1980-an:

1. Guns N’ Roses – Sweet Child O’ Mine (Official Music Video) – 1 miliar

2. a-ha – Take On Me (Official Music Video) – 943 juta

3. Cyndi Lauper – Girls Just Want To Have Fun (Official Video) – 786 juta

4. The Police – Every Breath You Take (Official Music Video) – 699 juta

5. Michael Jackson – Billie Jean (Official Music Video) – 694M juta

1990-an:

1. Guns N’ Roses – November Rain – 1.2 miliar

2. Nirvana – Smells Like Teen Spirit (Official Music Video) – 968 juta

3. The Cranberries – Zombie (Official Music Video) – 962 juta

4. Whitney Houston – I Will Always Love You (Official Music Video) – 859 juta

5. 4 Non Blondes – What’s Up (Official Video) – 765 juta.

Berita terkait
Konser 35 Tahun Slank Lebih Megah dari Guns N Roses?
Persiapan panggung konser 35 tahun Slank sudah 95 persen sampai Jumat (22/12). Digadang-gadang lebih megah dari Guns N Roses.
3.237 Personel Gabungan Amankan Konser Guns N' Roses di Jakarta
Polda Metro Jaya juga akan menerapkan sistem pengamanan empat ring (lapis).
Guns N' Roses Konser di Indonesia November, Berikut Harga Tiketnya
Band itu mendapat tujuh platinum untuk "Use Your Illusion I" dan "Use Your Illusion II", menduduki dua spot di Billboard Top 200 pada saat diluncurkan.