Facebook Integrasikan Messenger dan Instagram

Facebook mulai menjalankan rencananya menyatukan Instagram dan Messenger. Hal ini rencana Facebook mengintegrasikan seluruh aplikasi miliknya.
Ilustrasi- Dua orang sedang bermain laptop di bawah logo Facebook. (Foto: Antara/REUTERS/Dado Ruvic/aa)

Jakarta - Facebook mulai menjalankan rencananya menyatukan Instagram dan Messenger. Hal ini merupakan rencana Facebook mengintegrasikan seluruh aplikasi miliknya.

Aplikasi Instagram di Android dan iOS tidak lama lagi akan memiliki kemampuan untuk mengobrol dengan teman yang menggunakan Facebook, yakni melalui Messenger. Demikian laman The Verge melaporkan, yang dikutip dari Antara, Senin, 17 Agustus 2020. 

Dalam update aplikasi terbaru, ikon pesawat kertas untuk DM pada Instagram telah diganti dengan logo Messenger Facebook kendati fitur itu belum bisa digunakan untuk berkirim pesan. 

Pembaruan aplikasi Instagram yang belum dirilis itu juga memiliki tampilan lebih berwarna, dengan opsi untuk membalas pesan dengan menggeseknya. 

Facebook telah mempertegas rencananya untuk menyatukan platform percakapan dari aplikasi yang sangat populer untuk memungkinkan mengirimkan pesan silang antara Messenger, Instagram, dan WhatsApp. 

Facebook menyatakan sedang membangun kembali infrastruktur yang mendasarinya, sehingga pengguna yang hanya menggunakan salah satu aplikasinya dapat terhubung ke orang lain menggunakan aplikasi lain milik Facebook. 

Sementara itu, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan berkeinginan sistem terenkripsi ujung ke ujung (end to end). Dengan mengintegrasikan aplikasinya yang paling populer, Facebook mungkin dapat bersaing lebih langsung dengan iMessage Apple. 

Facebook mengakuisisi Instagram seharga 1 miliar dolar Amerika Serikat (AS) pada 2012, dan membeli WhatsApp pada 2014 seharga 19 miliar dolar AS.[]

Berita terkait
Facebook Uji Coba Video Durasi Singkat Mirip TikTok
Facebook dikabarkan sedang menguji coba video berformat durasi pendek mirip TikTok. Kabar itu datang dari laman TechCrunch.
Facebook Izinkan Karyawannya WFH Hingga Juli 2021
Facebook juga akan memberikan dana sebesar 1.000 dolar AS atau sekitar Rp 14,8 juta untuk kebutuhan kantor selama karyawan menjalankan WFH.
Instagram Resmi Luncurkan Reels Siap Saingi TikTok
Fitur Reels ini memungkinkan pengguna untuk merekam dan mengedit video multi-klip 15 detik dengan audio, efek, dan tools lain.
0
DPR RI: Indonesia Tak Dapat Kuota Haji 2021
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan Indonesia tidak mendapat kuota haji 2021 dari Pemerintah Arab Saudi.