Instagram Resmi Luncurkan Reels Siap Saingi TikTok

Fitur Reels ini memungkinkan pengguna untuk merekam dan mengedit video multi-klip 15 detik dengan audio, efek, dan tools lain.
Fitur Instagram Reels. (Foto: GSM Arena)

Jakarta - Instagram secara resmi meluncurkan fitur terbaru mereka yang bernama Reels. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk merekam dan mengedit video multi-klip 15 detik dengan audio, efek, dan tools lain. Memiliki fungsi mirip dengan TikTok, fitur Reels ini diharapkan dapat menyaingi aplikasi populer garapan ByteDance itu.

Melansir laman GSM Arena, Jumat, 7 Agustus 2020, fitur Instagram Reels dapat ditemukan di kamera Instagram yang berada di sudut kiri atas. Dalam fitur ini terdapat banyak tools mulai dari mengedit video, menambahkan audio, efek AR, timer, dan hitung mundur untuk merekam video.

Berbagi video Reels dilakukan dengan cara yang sama saat membagikan video langsung atau postingan biasa. Kemudian video Reels ini juga dapat dilihat orang banyak di tab khusus di profil, namun jika pengaturan pribadi pengguna disetel ke akun pribadi, maka hanya pengikut saja yang dapat melihat video tersebut.

Fitur Instagram ReelsSeluruh video Reels dapat dilihat di tab khusus di profil pengguna. (Foto: GSM Arena)

Saat video Reels selesai dibuat, pengguna dapat menyimpannya sebagai draft dan mengganti gambar sampulnya. Semua fitur pasca-edit juga tersedia apabila pengguna sudah mengunggah video Reels ke Instagram.

Menonton video Reels layaknya melihat foto atau video Instagram biasa. Video Reels akan muncul di Feed atau di tab Discover, dan Instagram akan menandai beberapa video sebagai unggulan untuk membantu pengguna menemukan konten asli yang menghibur dan menginspirasi.

Namun Instagram belum mengumumkan secara resmi daftar lengkap negara tempat Reels akan tersedia. Selain Brazil yang menjadi tempat uji coba, fitur ini juga telah diluncurkan di Amerika Serikat, Inggris, India, Jepang, Australia, Prancis, dan Jerman.[]

Berita terkait
Instagram Reels Rilis Awal Agustus, Mirip TikTok
Instagram berencana meluncurkan fitur video berdurasi pendek sebagai pesaing TikTok di Amerika Serikat (AS).
5 Kiat Berjualan Melalui Instagram
Akademi Instagram menggelar acara bincang-bincang seputar bisnis bersama selebriti yang memiliki bisnis.
Fitur Komentar Sudah Tersedia di Instagram
Instagram merilis fitur komentar yang disematkan, yang memungkinkan pengguna menyematkan tiga komentar pada postingan ke urutan teratas.
0
Krisis Lebanon yang Terburuk di Dunia Sejak Tahun 1850-an
Bank Dunia mengtakan krisis ekonomi dan keuangan yang sangat parah di Lebanon salah satu yang terburuk di dunia dalam lebih dari 150 tahun