Jakarta - Tidak ada pilihan lain bagi Manchester United kecuali memenangkan duel krusial melawan Everton. Tampil di kandang lawan dalam lanjutan kompetisi Liga Premier Inggris di Stadion Goodison Park, Minggu, 21 April 2019, MU tetap diunggulkan memetik kemenangan atas Everton. 

Ya, MU butuh kemenangan untuk menjaga peluang masuk ke zona Liga Champions. Bila kehilangan poin di kandang Everton, mereka kian sulit bersaing dengan Tottenham Hotspur, Chelsea dan Arsenal. Apalagi di pertengahan pekan, MU menghadapi rival tetangga yang kian kuat, Manchester City. Dan, mereka harus memenangi dua laga penting itu.

Manajer Ole Gunnar Solskjaer tegaskan pemain sudah 100 persen fokus menghadapi laga tersebut. Mereka pun melupakan kegagalan di Liga Champions setelah dihajar Barcelona 0-3. Target zona Liga Champions harus bisa diraih. Bila tidak, klub sudah mengancam gaji pemain yang dipertahankan MU musim depan bakal dipotong sebesar 25 persen. 

"Ini pertandingan penting dan tidak mudah. Meski demikian, kami sudah 100 persen fokus dan berusaha meraih tiga poin," kata Solskjaer. 

Problem yang dihadapi Solskjaer saat menghadapi laga ini tak lain kekuatan tim yang bisa menurun dengan absennya beberapa pemain pilar. Bek Luke Shaw absen karena larangan bermain di dua pertandingan. Sedangkan bek sayap Antonio Valencia belum pulih dari cedera betis. 

Absennya Shaw sedikit membawa masalah karena Ashley Young yang diharapkan menggantikan posisinya dalam kondisi kurang bagus. Namun Young tetap akan dimainkan karena performa Marcos Rojo sudah memburuk. 

Bek tengah Victor Lindelof yang sempat dipindahkan di kiri saat menghadapi Barca akan kembali berduet dengan Chris Smalling. Sedangkan kiper David de Gea tetap berdiri di bawah mistar meski melakukan blunder di Nou Camp. 

Striker Marcos Rashford kembali menjadi pilihan pertama. Menariknya, dia diduetkan dengan Romelu Lukaku yang bakal dilepas MU. Ini bisa menjadi pembuktian bagi Lukaku bila tak ingin dijual. 

Everton sendiri mengalami antiklimaks setelah dikalahkan Fulham 0-2. Padahal, mereka sebelumnya tampil impresif. Bagaimana tidak, Everton meraih tujuh poin saat menahan Liverpool 0-0, mengalahkan Chelsea 2-0 dan kemudian menang 1-0 atas Arsenal. 

Repotnya, skuat Everton juga tak lengkap. Manajer Marco Silva kehilangan Yerry Mina yang belum pulih dari cedera hamstring. Sedangkan Andre Gomes absen karena larangan bermain setelah mendapat kartu merah saat melawan Fulham. 

Absennya Mina menjadikan Silva merombak komposisi pemain di sektor belakang. Bek tengah Michael Keane akan berduet dengan Kurt Zouma. Mereka akan dilapis kapten Seamus Coleman. Sedangkan kiper Jordan Pickford akan menjadi benteng terakhir tuan rumah.

Gelandang Morgan Schneiderlin sesungguhnya masih bermasalah dengan engkelnya. Namun dia tetap akan dimainkan. Sedangkan di depan, Dominic Calvert-Lewin akan menjadi ujung tombak tunggal. Kecepatan dari Calvert-Lwein akan menjadi ancaman pertahanan The Red Devils. Dirinya akan ditopang Richarlison dan Bernard. 

Meski lawan berada di papan tengah, namun Everton bisa menjadi ganjalan bagi MU. Pada duel pertama di Old Trafford, MU hanya menang tipis 1-0. Bursa memang masih mengunggulkan tim tamu. Everton sendiri hanya di-voor seperempat (1/4). 

Bursa memprediksi MU kemungkinan menang dengan skor tipis. Mereka diperkirakan menang 2-1 atau 1-0. Namun tidak menutup kemungkinan MU mencetak lebih banyak gol bila bermain ofensif. Hanya, mereka harus waspada dengan Everton bila tidak ingin kecolongan. MU tentu tak ingin menjadi korban seperti Chelsea dan Arsenal. []

Bursa

Everton vs Manchester United 1/4:0 (tips Everton)

Prakiraan Susunan Pemain

Everton (4-2-3-1): Pickford-Coleman, Keane, Zouma, Digne; Gueye, Schneiderlin; Richarlison, Sigurdsson, Bernard; Calvert-Lewin

Manchester United (4-1-2-1-2): de Gea-Dalot, Smalling, Lindelof, Young; Matic; McTominay, Pogba; Lingard; Lukaku, Rashford

Baca juga:

Ini Dia Pemain Pertama Yang Siap Dijual Man United

Kalahkan Manchester United, Barcelona ke Semifinal

Barcelona vs Man United, Gol Pertama Jadi Penentu

Barcelona vs Man United, Waspada di Menit Terakhir