UNTUK INDONESIA
Eval LR, Dewa Gitar Indonesia Siap Rilis Single Kedua
Salah satu dewa gitar Indonesia, Eval LR, siap merilis single kedua berjudul Buku Suci di berbagai platform pemutar musik digital.
Eval LR siap merilis single kedua berjudul Buku Suci. (Foto: Tagar/Istimewa)

Jakarta - Gitaris Eval LR siap merilis single kedua miliknya berjudul Buku Suci, di berbagai platform pemutar musik digital. Tembang tersebut digelontorkan menyusul lagu perdana bertajuk Koruptor, yang diluncurkan pria 40 tahun ini pada April 2020 lalu.

Eval LR dikenal sebagai salah satu dewa gitar asal Indonesia yang memiliki kemampuan mencabik dawai dengan cukup unik. Pemilik nama asli Eval Sanjaya ini bahkan berani mengklaim jika skill yang dimilikinya tidak dipunyai gitaris mana pun di seluruh dunia.

Eval mampu memainkan gitar dengan empat pola konstruksi senar yang berbeda. Empat pola yang dimaksud adalah bermain gitar dengan struktur tuning normal left handed, left handed dengan konstruksi senar terbalik, normal right handed, serta right handed dengan konstruksi senar terbalik.

Lantaran itu, penggunaan "LR" pada nama panggungnya itu, merujuk pada kemampuan bermain gitar dengan tuning kiri dan kanan (Left and Right).

Selain piawai memainkan gitar, Eval LR juga menguasai berbagai instrumen lain seperti piano, violin, sape (alat musik tradisional suku Dayak), harmonika, serta bas gitar.

Eval LREval LR siap merilis single kedua berjudul Buku Suci. (Foto: Tagar/Istimewa)

Eval Sanjaya mengawali karier sebagai pengamen di bus kota dengan rute Jakarta - Bogor. Namanya kemudian mulai dikenal publik sewaktu mengikuti ajang pencarian bakat Indonesian Got Talent, yang tayang di salah satu stasiun televisi swasta nasional pada 2014 silam.

Gagal menembus babak final kompetisi adu bakat tersebut, membikin pria kelahiran Kotabumi, Lampung, ini harus hijrah dari Jakarta ke pulau dewata Bali. Langkah tersebut dilakukan demi mencari peruntungan lebih besar, dengan harapan dapat masuk radar kancah permusikan dengan skala internasional.

Setelah malang melintang selama beberapa tahun di dunia hiburan cafe dan bar di pulau Bali, Eval kemudian memutuskan untuk merekam karya-karyanya ke dalam sebuah album.

Sebelumnya, Eval juga terbilang rajin menggubah lagu untuk rekan sesama musisi. Salah satunya, tembang berjudul Kelezatan Aink yang dibawakan oleh Yuke Sampurna, pemain bas yang saat ini memperkuat grup band Dewa 19.

Baca juga: SK Triolekso Lepas Landas Lewat Matahari Tergelincir

Sementara dua single berjudul Buku Suci dan Koruptor yang dirilisnya, merupakan tembang pembuka untuk album solo yang saat ini tengah Eval LR persiapkan. []

Berita terkait
Via Vallen Bikin Cover Lagu Blackpink Versi Koplo
Penyanyi dangdut Via Vallen membikin video cover lagu How You Like That milik grup idola K-Pop Blackpink dalam versi koplo.
Kahitna Bakal Jadi Penampil Pertama Drive-in Konser
Kahitna diagendakan menjadi artis musik pertama yang akan tampil dalam Drive-in Konser, sebuah konsep baru pertunjukan musik di tengah pandemi.
Lagu Lathi Milik Weird Genius Pecahkan Rekor Spotify
Lagu Lathi milik trio EDM asal Indonesia Weird Genius yang berkolaborasi dengan Sara Fajira berhasil memecahkan rekor di Spotify Indonesia.
0
Jika Terlibat Bentrok, Mahasiswa UNM Kena Sanksi
Universitas Negeri Makassar (UNM) akan memberikan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku bagi mahasiswa yang terlibat Demo bentrok.