Euro 2020: Spanyol di Ujung Tanduk

Spanyol harus mengalahkan Slovakia untuk lolos, hasil imbang dengan Slovakia akan membuat Spanyol membutuhkan keajaiban
Pemain Spanyol lesu setelah ditahan imbang Polandia di penyisihan Grup E Euro 2020 (Foto: marca.com)

Oleh: J. I. Garcia-Ochoa (Sevilla) diadaptasi oleh Ben Feldman

Spanyol melanjutkan awal yang lambat di turnamen Euro 2020. Spanyol hanya bisa hasil imbang 1-1 dengan Polandia pada Sabtu, 19 Juni 2021, malam.

Ini berarti bahwa La Roja, julukan timnas Spanyol, hanya meraih dua poin setelah dua pertandingan dengan hasil imbang. Jika Spanyol tidak menang ketika melawan Slovakia, pada hari Rabu, 23 Juni 2021, sudah cukup bagi Spanyol untuk keluar dari Grup E.

Jika Spanyol menang, apa yang terjadi?

Kemenangan Spanyol melawan Slovakia akan memastikan Spanyol lolos ke babak 16 besar dengan aman dengan poin 5. Sedangkan posisi terakhir mereka di Grup E tergantung dari hasil pertandingan antara Swedia dan Polandia.

klasemen grup eKlasemen Grup E Euro 2020 (Foto: bbc.com/sport/football)

Kemenangan untuk Swedia akan membuat Spanyol finis kedua, dengan pertandingan babak 16 besar di Kopenhagen melawan tim mana pun yang finis kedua di Grup D, menampilkan Inggris, Kroasia, Skotlandia dan Republik Ceko, sebelum perempat final potensial di Saint Petersburg.

Hasil imbang akan membuat posisi akhir menjadi selisih gol, yang akan menguntungkan tim asuhan Luis Enrique selama mereka mengalahkan Slovakia dengan lebih dari satu gol.

Jika Polandia mengalahkan Swedia, Spanyol akan finis pertama di Grup E dan akan menghadapi tim peringkat ketiga di Glasgow pada babak 16 besar, sebelum pertandingan perempat final potensial di Roma.

Dan jika Spanyol seri?

Hasil imbang melawan Slovakia akan membuat Spanyol membutuhkan keajaiban untuk maju ke babak 16 besar, karena nasib mereka akan berada di tangan tim dari grup lain.

Spanyol akan membutuhkan tim urutan ketiga di setidaknya dua grup lain untuk menyelesaikan dengan kurang dari empat poin, yang bisa terjadi di Grup B dengan Finlandia dan di Grup F dengan Portugal.

gol spanyol ke gawang polandiaGerard Moreno menceta gol ke gawang Polandia di penyisihan Grup E Euro 2020 (Foto: marca.com/RAMÓN NAVARRO)

Namun, jika Spanyol imbang dan Polandia mengalahkan Swedia, La Roja akan finis terakhir. Polandia akan finis di puncak Grup E dengan Swedia berada di urutan kedua dan Slovakia dengan aman lolos ke 16 besar sebagai salah satu tim urutan ketiga terbaik.

Kekalahan akan membuat Spanyol pulang

Kekalahan dari Slovakia berarti Spanyol tersingkir dari Euro 2020 pada tahap pertama, mengingat mustahil untuk maju dengan dua poin.

Slovakia akan lolos di tempat pertama dengan lima poin jika Swedia tidak mengalahkan Polandia.

Jika Swedia menang, mereka akan finis pertama, dengan Polandia juga tersingkir dari turnamen (marca.com). []

Berita terkait
Marcus Rashford Kirim Sinyal ke Spanyol
Rashford mengirimkan sinyal ke Spanyol dengan mengatakan, “Saya penggemar berat Real Madrid dan Barcelona”
Atletico Madrid Juara La Liga Spanyol Musim 2020/2021
Atletico Madrid mengalahkan rival sekota, Real Madrid, dalam selish poin untuk merebut gelar La Liga dengan cara yang dramatis
0
Euro 2020: Spanyol di Ujung Tanduk
Spanyol harus mengalahkan Slovakia untuk lolos, hasil imbang dengan Slovakia akan membuat Spanyol membutuhkan keajaiban