Indonesia
Erick Thohir dan Tiga Calon Menteri Muda Jokowi
Erick Thohir dan tiga tokoh muda disebut bakal diangkat menteri, mereka dikenal dekat dan kerap diundang ke Istana oleh Jokowi.
Erick Thohir (Foto: Facebook Erick Thohir).

Jakarta - Erick Thohir dan tiga tokoh muda bakal diangkat menteri di periode kedua kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Isu tersebut semakin menguat lantaran nama-nama muda dikenal dekat dan kerap diundang ke Istana oleh Jokowi, siapa saja mereka?

Nadiem MakarimNadiem Makarim (Foto: Facebook Nadiem Makarim).

1. Nadiem Makarim

Munculnya nama Nadiem Anwar Makarim  dalam daftar bursa calon menteri seketika seolah mendapat afirmasi di benak masyarakat. Pasalnya, CEO perusahaan teknologi transportasi Gojek itu memang dikenal dekat dengan Jokowi. Presiden ke-7 setidaknya dua kali datang menghadiri agenda acara perusahaan milik Nadiem.

Jokowi pernah menjadi saksi kelahiran Go-Viet, sebuah layanan transportasi dari Gojek yang didirikan di Vietnam. Presiden juga terpantau hadir saat memberikan sambutan dalam acara Mitra Juara Gojek 2019.

Selain mendapat perusahaan miliknya mendapat dukungan, nama Nadiem juga sempat mencuat sebagai calon Ketua Tim Sukses saat Jokowi hendak maju kembali sebagai calon presiden di Pilpres 2019. Posisi tersebut kemudian diisi oleh pengusaha muda lain, yakni Erick Thohir.

Erick ThohirErick Thohir (Foto: metropolitan.id)

2. Erick Thohir

Pengusaha Erick Thohir disebut oleh Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Usman Kansong, memiliki peluang untuk duduk sebagai salah satu menteri Jokowi.

Kansnya Pak Erick Tohir itu ada. Tapi kalau dalam diskusi-diskusi dengan kita itu, Pak Erick mengatakan agak enggan untuk jadi menteri. 

"Dia ingin balik saja menjadi pengusaha dan itu juga saya kira sudah beberapa kali disampaikan kepada teman-teman media," kata Usman kepada Tagar, 18 Mei 2019 lalu.

Baca juga: 

Erick memang sangat mungkin dipilih menjadi menteri karena terbilang dekat dengan Jokowi. Kinerjanya juga telah terbukti dalam rekam jejaknya saat dipercaya presiden untuk menjabat sebagai Ketua Panitia Penyelenggaraan Asian Games 2018. 

Selepas itu, Erick kembali diminta untuk menjadi Ketua Tim Sukses, saat Jokowi hendak maju kembali sebagai calon presiden di Pilpres 2019.

Achmad Zaky BukalapakPendiri dan CEO Bukalapak, Achmad Zaky. (Foto: Tagar/Eno Suratno Wongsodimedjo)

3. Achmad Zaky

Sama seperti Nadiem Makarim. Achmad Zaky merupakan pengusaha yang dekat dan kerap mendapat dukungan dari Jokowi. Presiden bahkan menghadiri helatan perayaan ulang tahun ke-9 Bukalapak, sebuah perusahaan aplikasi belanja daring yang dipimpin Zaky.

Sewaktu CEO Bukalapak itu mengeluarkan twit kontroversial di media sosial Twitter, Presiden Jokowi dengan besar hati menerima Zaky yang datang meminta maaf ke Istana Merdeka.

Tidak hanya itu, Jokowi bahkan meminta masyarakat untuk menghentikan aksi boikot yang disebabkan kesalahpahaman terhadap cuitan Zaky.

Lantaran kedekatannya itu, Achmad Zaky memiliki peluang besar untuk terpilih saat namanya masuk dalam daftar calon menteri Jokowi.

Tsamara AmanyKetua DPP PSI Tsamara Amany. (Foto: Instagram/@tsmaradki)

4. Tsamara Amany

Nama lain yang masuk masuk daftar sebagai calon menteri muda Jokowi adalah Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany. Dia merupakan politisi muda yang partainya berada dalam koalisi pendukung kubu 01.

Tak mengherankan jika dirinya, kerap bertemu dan berdiskusi dengan Jokowi secara langsung, baik di Istana maupun saat ikut mendampingi presiden sewaktu berkampanye ke daerah-daerah.

Munculnya nama Tsamara dalam bursa calon menteri menyikapi pernyataan Jokowi bakal memilih menterinya dari kalangan anak muda atau milenial jika terpilih kembali menjadi presiden periode 2019-2024.

Baca juga:

Berita terkait
0
Daftar 100 Universitas Terbaik Indonesia 2019
Kemenristekdikti telah mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2019. Lihat 100 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia