Enzo Zenz Allie, WNI Keturunan Prancis Jadi TNI

Enzo Zenz Allie menjadi buah bibir. Video viralnya dengan Panglima TNI berdialog menggunakan bahasa Prancis.
Enzo Zenz Allie berdialog menggunakan bahasa Prancis dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (Foto: FB/TNI angkatan darat)

Jakarta - Enzo Zenz Allie menjadi buah bibir lantaran video viralnya dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang berdialog menggunakan bahasa Prancis saat sidang Pantukhir di Akademi Militer (Akmil) TNI di Magelang, Jumat, 2 Agustus 2019.

Enzo adalah satu di antara dari 596 calon taruna Akademi TNI dan 264 calon Bhayangkara Taruna Akpol yang mengikuti Pembukaan Pendidikan Dasar Integrasi Kemitraan Akademi TNI dan Akpol di Akmil Magelang, Selasa, 6 Agutus 2019. Enzo adalah WNI keturunan Prancis.

Panglima TNI dalam video yang diunggah akun Facebook TNI Angkatan Darat itu terlihat menghampiri Enzo, putra dari pasangan Jean Paul Francois Allie (almarhum) warga negara Prancis dan ibunya Siti Hajah Tilaria asal Sumatera Utara.

Dia kemudian mewawancarai remaja berusia 18 tahun itu di hadapan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa dengan memberikan pertanyaan menggunakan bahasa Prancis dan bahasa Indonesia.

Enzo Zenz AllieWNI keturunan Prancis, Enzo Zenz Allie (tengah) mengikuti Pembukaan Pendidikan Dasar Integrasi Kemitraan Akademi TNI dan Akpol di Akmil Magelang. (Foto: Antara/Heru Suyitno)

Marsekal Hadi menanyakan niat yang diinginkan Enzo masuk TNI. Secara tegas dia mengatakan ingin menjadi Prajurit Infanteri dan Kopassus.

"Siap, Infanteri Komando," ujar Enzo di hadapan seluruh anggota TNI yang berada di tempat itu.

Diketahui, Enzo berada di Prancis saat sedang duduk di bangku sekolah dasar. Tetapi, pada tahun 2012, dia pindah ke Indonesia karena ayahnya meninggal dunia. Kemudian, Enzo pulang ke Indonesia untuk melanjutkan SMP dan SMA.

Tak hanya itu, Enzo juga sempat sekolah di salah satu pesantren di Serang, Banten.

Penelusuran Tagar, Enzo mampu melakukan pull up sebanyak 19 kali, kemudian sit up sebanyak 50 kali dan push up sebanyak 50 kali dan renang 50 meter. Itu dilakukannya masing-masing hanya membutuhkan waktu 60 detik. Dia juga mampu lari 7,5 putaran x 400 meter atau 3.000 meter dalam waktu 12 menit.

Panglima TNI menyatakan bahwa Enzo lulus menjadi Calon Taruna (Catar) Akmil Magelang bersama dengan rekan satu angkatannya. 

Selanjutnya, Enzo akan mengikuti pendidikan Candradimuka mulai 6 Agustus sampai 30 Oktober 2019. Di mana Enzo juga dapat menguasai empat bahasa asing, seperti bahasa Inggris, Prancis, Itali dan Arab.

Enzo mengaku berniat masuk Akmil sudah sejak lama. Tak lupa dia juga mengucapkan terima kasih karena telah diberikan kesempatan menjadi TNI.

"Saya merasa bahagia dan bersyukur kepada Allah SWT yang telah menjadikan saya sebagai Capratar. Terima kasih buat mama yang mengurus saya selama ini, terima kasih banyak. Sejak kecil saya berniat jadi Taruna Akmil," katanya.

Baca juga:

Berita terkait
0
Massa SPK Minta Anies dan Bank DKI Diperiksa Soal Formula E
Mereka menggelar aksi teaterikal dengan menyeret pelaku korupsi bertopeng tikus dan difasilitasi karpet merah didepan KPK.