UNTUK INDONESIA
Enam Trik Psikologi untuk Memahami Diri Sendiri
Mengetahui dan belajar mengenai diri sendiri bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan. Untuk itu perlu trik psikologi memahaminya.
Psikologi (Foto: Wikipedia).

Jakarta - Mengetahui dan belajar sesuatu tentang karakter diri sendiri selalu menyenangkan. Apalagi bisa mengerti fakta psikologi mengenai perilaku dan kebiasaan, tentunya bisa menjadi hal yang menghibur dan mengedukasi.  

Kesalahan atau gagalnya seseorang dalam memilih jalan yang ditempuh dalam sebuah karier atau sekolah karena minimnya pengetahuan tentang minat dan bakat serta potensi diri. 

 Nah, Tagar bakal bagikan informasi bagaimana cara mengenali potensi diri dengan benar baik secara psikologi maupun nonpsikologi.

1. Kenali Aktivitas Favorit

Bisa mengenali atau mengetahui potensi diri seseorang dari aktivitas yang sering dan hobi dilakukan. Misalnya sejak kecil suka sekali membaca buku sejarah, maka bisa mencari bidang pekerjaan dan bidang ilmu yang berkaitan dengan sejarah.

Bisa mengembangkan potensi menjadi ahli budaya, arkeologi, dalang, dan hal lainnya yang berkaitan dengan sejarah. Coba buka pemikiran dan kenali aktivitas favorit yang sering dilakukan dan disenangi.

2. Cari Tahu Kepandaian

Mencari tahu kepandaian apa yang dimiliki merupakan salah satu cara untuk bisa mengetahui potensi diri yang ada di dalam diri. Terkadang hal tersebut bersebrangan dengan yang diinginkan, misalnya berbakat menjadi seorang ilmuwan atau saintis, namun tidak merasa senang ketika belajar ilmu sains. 

Hal ini mungkin terpengaruh berbagai faktor, misalnya cara belajar yang salah atau mungkin faktor lainnya. Dengan mengetahui letak kepandaian, dengan begitu bisa bersosialisasi dengan mudah.

3. Bertanya pada Orang Lain

Melihat potensi diri memang tidaklah mudah, dimana harus bisa menilai dengan baik diri sendiri dan apa potensi yang ada dalam diri. 

Jika merasa kesulitan, cobalah minta bantuan kepada teman, keluarga atau orang terdekat yang sering bersama, dengan begitu akan mengetahui diri sendiri dengan menyeluruh.

4. Kenali Potensi Dominan

Jika termasuk orang yang memiliki banyak potensi namun tidak matang, pasti akan membuat merasa bingung sendiri. Misalnya, mereka bisa memasak, senang travelling dan sering melakukan olahraga

Bahkan ketiganya bisa menjadi hobi yang bersamaan, cobalah mengenali lebih jauh lagi apa kegiatan atau potensi yang ada pada diri sendiri.

5. Jangan Takut Berbeda

Ketika menyadari potensi yang ada dalam diri, namun ragu karena berbeda pendapat atau berbeda dengan orang lain. Jangan takut untuk mengembangkannya selama hal tersebut positif. 

Beberapa orang merasa keahlian mereka abnormal atau tidak sesuai dengan yang orang lain lakukan, maka mereka memendamnya.

Misalnya memiliki potensi yang berbeda, seperti pengetahuan yang luas akan ilmu bumi dan isinya atau luar angkasa. Jangan takut untuk mengeksplor, karena menjadi berbeda bukan berarti salah.

Apalagi jika potensi berbeda, bisa membawa ke jenjang karier yang lebih baik dan membawa ke cita-cita yang lebih mudah digapai.

6. Menghargai Diri Sendiri

Menghargai diri sendiri bisa menjadi cara untuk menemukan potensi dan jati diri. Hal ini baru bisa diketahui jika menghargai dan mendengarkan apa yang sebenarnya diinginkan. []

Berita terkait
Kloset dan Lima Bagian Toilet Rawan Kuman Penyakit
Selain kloset, lima bagian dalam toilet lain juga rawan menjadi tempat bernaungnya berbagai kuman penyakit.
Empat Makanan Wajib Saat Perut Kosong
Bila perut sedang kosong tidak bisa sembarangan mengkonsumsi makanan. Berikut makanan wajib buat perut kosong.
Mengigau Saat Tidur Rentan Terkena Penyakit Dimensia
Mengigau atau dalam bahasa medis disebut somniloquy merupakan salah satu kondisi setengah sadar yang rentan terkena dimensia.
0
Kado 100 Hari Jokowi-Ma'ruf Membuat Geleng Kepala
100 hari masa kerja pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin dikritik oleh pengamat, karena kebijakan yang bertentangan dengan kemauan rakyat.