Enam Tempat Wisata Kota Bandung Ditutup Sementara

Pemerintah Kota Bandung melalui Satgas Covid-19 memutuskan untuk menutup sebanyak enam tempat wisata Kota Bandung guna mengurangi kerumunan masa.
Ilustrasi. - (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Pemerintah Kota (pemkot) Bandung melalui Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bandung melarang sejumlah Tempat wisata di Kota Bandung untuk beroperasi mulai Minggu, 23 Mei 2021.

Penutupan objek wisata di Bandung berlaku hingga 1 Juni 2021, keputusan tersebut berdasarkan Surat Pemberitahuan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Bandung bernomor PB.01.01/967-Sekre. 

Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) yang ditujukan bagi para pengelola obyek wisata dan diteken Ketua Harian Satgas Covid-19 Ema Sumarna pada 21 Mei 2021.

"Bersama ini disampaikan agar para pengelola obyek wisata untuk menutup sementara operasional mulai dari tanggal 23 Mei sampai 1 Juni 2021 dan selanjutnya akan menjadi bahan evaluasi perkembangan penanganan virus Covid-19 di Kota Bandung," tulis surat pemberitahuan tersebut, Sabtu, 22 Mei 2021.

Dalam hal ini, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Dewi Kaniasari mengatakan, penutupan sementara tempat wisata dilakukan dalam rangka mengantisipasi kerumunan yang berpotensi pada penyebaran Covid-19.

Menurutnya, jika tidak ditutup sementara akan ada lonjakan pariwisata, terlebih pada pada 26 Mei dan 1 Juni 2021 terdapat hari libur nasional.

"Jadi mungkin ada beberapa yang sudah menerima surat mengenai penutupan sementara, dalam rangka kita mengantisipasi ada libur 26 Mei dan 1 Juni, ini ada harpit (hari kejepit). Jangan sampai penyebaran COVID-19 tidak terkendali, supaya tidak menambah kasus," ucap Dewi Kaniasari.


Ada enam tempat wisata yang ditutup karena tempat tersebut memang favorit wisatawan saat mengisi hari libur.


"Ada enam titik, memang favorit sekali bagi wisatawan dan kecenderungan kerumunannya kita coba antisipasi. Dan alhamdulillah keenam pengelola cukup mengerti, dengan adanya pengertian dari pengusaha dan pengelola dalam hal ini tempat wisata sangat kami apresiasi," ucapnya.

Keenam tempat wisata di Kota Bandung yang ditutup di antaranya Kebun Binatang Bandung, Karang Setra Waterland, Saung Angklung Udjo, Taman Lalu Lintas, Trans Studio Bandung, dan Kiara Artha Park.

Dewi Kaniasari juga berharap masyarakat dapat memahami kebijakan tersebut, mengingat pengendalian kasus Covid-19 merupakan tugas bersama bukan hanya pemerintah saja.

"Begini ya pengendalian Covid-19 tugas bersama bukan pemerintah saja. Jumlah kunjungan sebetulnya sudah dibatasi maksimal 50 persen. Namun kita antisipasi apabila pengunjungnya ini membludak jangan sampai kita kecolongan," ucapnya.

Atas dasar tersebut pengambilan keputusan untuk menutup sejumlah pariwisata Kota Bandung, agar tidak sampai meningkatkan angka positif Covid-19. []

Berita terkait
Destinasi Wisata Ancol Siap jadi Contoh Protokol Kesehatan
Taman Impian Jaya Ancol yang kembali dibuka menyatakan kesiapannya untuk menjadi contoh penerapan protokol kesehatan destinasi wisata.
Menko Luhut Teken Nota Kesepahaman Peningkatan Pariwisata The Nusa Dua
Menko Luhut memimpin penandatanganan Dukungan Penyediaan Akomodasi untuk Peningkatan Pariwisata The Nusa Dua Bali.
Sandiaga Uno: Aceh Kaya akan Potensi Wisata dan Ekonomi Kreatif
Menparekraf Sandiaga Uno menyatakan bahwa Aceh memiliki potensi wisata dan ekonomi kreatif yang kaya.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.