Destinasi Wisata Ancol Siap jadi Contoh Protokol Kesehatan

Taman Impian Jaya Ancol yang kembali dibuka menyatakan kesiapannya untuk menjadi contoh penerapan protokol kesehatan destinasi wisata.
Taman Impian Jaya Ancol siap jadi contoh protokol kesehatan. (Foto: Tagar/pixels)

Jakarta – Beberapa destinasi wisata di Indonesia sudah mulai dibuka kembali bagi wisatawan, termasuk Taman Impian Jaya Ancol yang dibuka, pada Selasa, 18 Mei 2021, dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat dan disertai disiplin pengunjung,

"Ancol siap jadi percontohan penguatan prokes di tempat wisata. Tapi, tentu diperlukan kerjasama pengelola Ancol dengan pengunjung untuk menegakkan prokes," ujar GM Corporote Secretary PT Taman Impian Jaya Ancol, Agung Praptono, saat memberikan keterangan dengan kepada wartawan di Pantai Ancol, Jakarta, Selasa 18 Mei 2021.

Agung menyampaikan alasan Ancol kembali dibuka dengan beberapa pembatasan serta dengan prokes yang lebih ketat dari sebelumnya. Untuk sementara kunjungan ke Ancol dibatasi 10 ribu pengunjung atau sekitar 10 persen dari kapasitas normal Ancol sebesar 91 ribu orang.


Kami tak mau ambil resiko dan memang kami lebih utamakan kesehatan untuk semua.


Dia juga mengatakan bahwa area pantai kini sudah diberi pagar pembatas sehingga orang masuk pantai hanya bisa lewat pintu-pintu tertentu sehingga bisa terkontrol dan terjaga prokes.

"Semua demi menjaga agar tidak ada lagi pelanggaran prokes. Untuk wahana, semua dibuka kecuali wahana kolam renang Atlantis. Wahana dibuka juga dengan pembatasan pengunjung," ucap Agung.

Selain itu, dia juga menjelaskan penerapan pembatasan jumlah pengunjung ini juga dilakukan dengan cara hanya menjual lewat tiket online sehari sebelumnya melalui www.ancol.com.

"Jadi kami tidak menjual tiket langsung di tempat. Pengunjung harus beli tiket lewat online sehari sebelumnya. Dengan demikian bila sudah memenuhi kuota, kita bisa langsung close. Ini untuk membatasi jumlah pengunjung," kata Agung.

Sementara ini pengunjung juga dilarang berenang di pantai demi menjaga prokes. Pengecekan suhu tubuh tetap dilaksanakan di seluruh unit rekreasi. Wajib menggunakan masker.

Jika terdapat pelanggaran, Tim Satgas Covid-19 Ancol bersama Kepolisian, TNI dan Satpol PP akan menegur dan memberikan sanksi serta pengunjung wajib menjaga kebersihan tangan dengan membawa hand sanitizer dan mencuci tangan di tempat yang telah disediakan.

"Kami belum tahu sampai kapan, yang pasti secara berkala kami akan terus evaluasi kebijakan pembatasan ini. Semua ini demi menjaga kesehatan pengunjung agar mereka juga merasa aman dan nyaman serta jaminan kesehatan bersama yang diutamakan," ucapnya. [ ]

Berita terkait
Italia Hapus Karantina Wisatawan Mulai Datang ke Venesia
Sejumlah turis kembali berdatangan menikmati keindahan kota terapung, Venesia, setelah Italia menghapus kewajiban karantina bagi pendatang
Sandiaga Uno: Aceh Kaya akan Potensi Wisata dan Ekonomi Kreatif
Menparekraf Sandiaga Uno menyatakan bahwa Aceh memiliki potensi wisata dan ekonomi kreatif yang kaya.
Rasa Bersalah Wisatawan Jerman Ketika Liburan ke Mallorca
Pada libur Paskah turis Jerman diperkirakan kembali ke Pulau Mallorca, Spanyol, terjadi perdebatan tentang berlibur saat pandemi Covid-19
0
Jubir: Prabowo Diserang Isu Miring Lawan Mafia Alutsista
Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengatakan Prabowo sedang diterpa isu miring saat lawan mafia alutsista.