Enam Manfaat Kulit Buah Bagi Kesehatan

kulit buah juga ada yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya, kulit pepaya.
Kulit Apel. (Foto: Pixabay/congerdesign)

Jakarta - Siapa sangka, kulit buah juga ada yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tetapi, sering kali masyarakat lebih memilih mengupas dan membuangnya, karena takut ada bakteri atau kuman yang nanti ikut termakan. 

Ada beberapa jenis kulit buah yang ternyata mengandung berbagai nutrisi dan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kamu. 

Berikut Tagar memberikan informasi yang diperoleh dari berbagai sumber mengenai sejumlah manfaat kulit buah.

1. Kulit Pepaya

PepayaKulit Buah Pepaya. (Foto: Pixabay/3centista)

Buah pepaya memang sangat baik untuk pencernaan. Namun, ternyata kulitnya juga mampu memberikan manfaat untuk membersihkan racun yang ada dalam usus dengan efektif. 

Dilansir dari situs kecantikan PureWow, kulit pepaya juga bisa dimanfaatkan sebagai scrub alami yang ampuh untuk meremajakan kulit. Kulit Pepaya ini mengandung kaya papain. 

Vitamin A pada kulit pepaya, berguna untuk kesehatan kulit. Jadi, kamu jangan sia-siakan manfaatnya. 

2. Kulit Apel

ApelKulit Apel. (Foto: Pixabay/congerdesign)

Buah apel memang kaya dengan nutrisi. Begitu juga dengan kulitnya yang mengandung flavonoid. 

Kandungan zatnya dapat menghancurkan sel kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bukan hanya itu, asam folat pada kulit apel, juga bisa mengurangi obesitas dan komplikasi kesehatan. 

3. Kulit Buah semangka

SemangkaKulit Buah Semangka. (Foto: Pixabay/stevepb)

Bagian putih dari kulit semangka begitu kaya nutrisi. Sehingga bermanfaat menurunkan berat badan, menjaga kesehatan kulit, dan membuat rambut menjadi lebih sehat. 

Kulit semangka mampu memberikan dua persen asupan vitamin C harian dan satu persen vitamin B6 yang dibutuhkan olah tubuh setiap harinya.

Jadi, kulit semangka sangat baik untuk kulit dan kekebalan tubuh Anda. 

4. Kulit Buah Pisang

PisangKulit Buah Pisang. (Foto: Pixabay/stevepb)

Kulit buah pisang bermanfaat memutihkan gigi alami, dengan menggosoknya dengan teratur. Bahkan juga dapat menjadi pereda luka bakar dan masalah ruam-ruam pada kulit.

Kamu juga bisa menggosokan kulit pisang ke tumit yang kering atau pecah untuk menghaluskannya kembali. Jangan tunggu waktu lagi, segeralah rasakan manfaatnya. 

5. Kulit Mentimun

MentimunKulit Mentimun. (Foto: Pixabay/congerdesign)

Kulit mentimun juga kaya akan antioksidan dan nutrisi. Namun, juga tinggi serat dan rendah kalori. Sehingga, sangat cocok digunakan sebagai makanan sehat untuk menurunkan berat badan.

Kandungan vitamin A dan vitamin K yang ada di dalam kulit berguna untuk menguatkan tulang, mencegah penggumpalan darah, dan mempertajam penglihatan.  

6. Kulit Lemon

LemonKulit Lemon. (Foto: Pixabay/stevepb)

Kulit lemon juga menyimpan banyak manfaat seperti membersihkan kulit, menurunkan berat badan, mencegah masalah mulut, dan memperbaiki kesehatan tulang.

Kulit lemon mengandung salvestrol Q40 dan limonene, yang berfungsi menghilangkan racun dari dalam tubuh dan mengobati stres. 

Kandungan vitamin C yang tinggi pada kulitnya, ternyata mampu membuat kamu awet muda dan menyehatkan kulit.[] 

Baca juga:

Berita terkait
Cegah Dehidrasi Agar Tetap Sehat dan Fokus
Kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi jadi salah satu faktor yang mempengaruhi kerja otak dan otot sehingga bisa mengantuk dan tidak fokus
Tips Menjaga Mata Selalu Sehat
Mempunyai mata sehat merupakan sebuah keinginan setiap manusia. Berikut ini Tagar merangkum tips menjaga agar selalu tetap sehat.
Sekarang Gizi Seimbang Bukan (Lagi) 4 Sehat 5 Sempurna
Pola kuliner yang selama ini disebut 4 sehat 5 sempurna ternyata tidak mendukung kebutuhan gizi, maka sekarang disebut gizi seimbang
0
Dua Alasan Megawati Belum Umumkan Nama Capres
Sampai Rakernas PDIP berakhir, Megawati Soekarnoputri belum mengumumkan siapa capresnya di Pilpres 2024. Megawati sampaikan dua alasan.