UNTUK INDONESIA
Enam Makanan Sehat dan Bergizi untuk Penderita Maag
Penderita maag harus lebih memperhatikan makanan yang dimakan. Berikut Tagar ulasa beberapa makanan yang aman, bisa langsung dicoba.
Enam Makanan untuk Penderita Maag. (Foto: thespruceeats/The Spruce)

Jakarta - Penderita maag harus lebih memperhatikan makanan yang dimakan. Pasalnya, ada beberapa panganan yang harus dijauhi agar tidak membuat penyakit di area perut itu kambuh kembali.

Pemilihan makanan yang tepat akan memberikan dampak positif terhadap sistem pencernaan. Berikut Tagar rangkumkan dari berbagai sumber beberapa makanan sehat dan bergizi untuk penderita maag.

 1. Daging 

DagingEnam Makanan untuk Penderita Maag. (Foto: washingtonpost/iStock)

Beberapa jenis daging, seperti sapi, ayam, dan ikan dianggap aman untuk dikonsumsi penderita maag. Namun, daging sapi tanpa lemak dan ayam tanpa kulit yang paling aman.

Cara pengolahannya juga perlu diperhatikan, seperti dipanggang atau direbus, hindari cara memasak dengan menggoreng daging.

2. Sereal 

SerealEnam Makanan untuk Penderita Maag. (Foto: world-grain/Adobe stock)

Sereal dan gandum sangat aman untuk dikonsumsi penderita maag. Pasalnya, makanan tersebut tidak memperburuk kondisi serta gejala penyakit maag dalam perut.

Sereal memiliki kadar serat tinggi dan tidak diproses. Bisa memilih jenis makanan ini seperti oatmeal, beras merah, dan quinoa.

Selain itu, Sereal mampu membantu memperlancar buang air besar menjadi lebih teratur.

3. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangEnam Makanan untuk Penderita Maag. (Foto: garmin)

Kacang-kacangan, biji-bijian, lentil, hingga selai kacang sangat aman untuk dikonsumsi penderita maag. Pasalnya, mengandung serat yang tinggi dan dapat berperan sebagai sumber protein nabati, sehingga menjadi pilihan terbaik.

4. Brokoli

BrokoliEnam Makanan untuk Penderita Maag. (Foto: thespruceeats/The Spruce)

Brokoli menyimpan kandungan zat kimia bernama sulforaphane yang dikenal memiliki efek antibakteri. Sayuran berwarna hijau ini juga dilengkapi zat antikanker lainnya.

Kandungan sulforaphane mampu mengalahkan bakteri H. pylori yang membuat maag tidak kambuh kembali. Brokoli juga mengurangi potensi seseorang terkena kanker lambung.

Menurut jurnal Cancer Prevention Research pada 2009, mengonsumsi satu cangkir kecambah brokoli setiap hari selama delapan minggu mampu menghilangkan infeksi dan peradangan di lambung.

5. Yogurt

YogurtTujuh Bahan Alami Cocok Bersihkan Miss V. (Foto: rd)

Yogurt merupakan salah satu makanan yang aman dikonsumsi penderita maag. Kandungan probiotik berperan aktif untuk menghilangkan bakteri H. pylori.

Yogurt memiliki bakteri baik yang bisa meningkatkan kemampuan tubuh dalam membasmi bakteri di dalam perut. Bahkan, sebanyak 86 persen responden penelitian menunjukkan keberhasilan dalam menghilangkan bakteri penyebab maag yaitu H. pylori.

6. Teh Hijau dan Madu

Teh HijauBugar dengan Teh Hijau, Ini Empat Waktu Tepat Menikmatinya | Ilustrasi. (Foto: Healthy Woman)

Teh hijau dengan madu bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat untuk meredakan maag.

Teh hijau hangat mampu menenangkan dan membuat sistem pencernaan bekerja lebih baik. Bahkan, sebuah studi menunjukkan perubahan signifikan pada penderita penyakit maag yang mengonsumsi teh dan madu sehari dalam seminggu.

Dianjurkan untuk menggunakan madu manuka, karena terbukti mengandung antibakteri yang bisa menaklukan bakteri H. pylori. []

Berita terkait
Empat Makanan Paling Digemari Aktris Tara Basro
Aktris Tara Basro yang memiliki paras cantik ternyata hobi makan. Berikut Tagar ulas makanan favoritnya.
Makanan Sehat untuk Anak Terhindar dari Corona
Makanan sehat sangat berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak agar tidak mudah terserang virus Corona
Sembilan Makanan Rahasia Panjang Umur Ratu Elizabeth
Ratu Elizabeth II masih terlihat bugar di usianya yang sudah tidak muda lagi. Ia memiliki menu makanan rahasia untuk menunjang kesehatannya.
0
Data Bansos Dampak Covid-19 Kemensos di Bantul Kacau
Lurah di Bantul, Yogyakarta, dipusingkan data penerima bansos dampak Covid-19 dari Kemensos.