Empat Petir Paling Berbahaya di Dunia
Petir merupakan fenomena alam yang sangat indah, namun sangat berbahaya. Terdapat empat petir yanh harus diwaspadai manusia modern.
Petir Deadly. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Petir merupakan kilatan listrik di udara yang keluar disertai bunyi gemuruh karena bertemunya awan yang bermuatan listrik positif dan negatif. Kilatan cahaya ini kerap muncul pada musim hujan.

Petir merupakan fenomena alam yang indah untuk diabadikan melalui kamera foto, namun pada sisi yang bersamaan petir menjadi ancaman tersendiri bagi makhluk hidup karena memiliki daya listrik yang sangat tinggi.

Berikut ini Tagar rangkum empat petir yang paling berbahaya di dunia:

1. Petir Ball Thunder

Ball ThunderPetir Ball Thunder. (Foto: pixabay)

Ball Thunder muncul karena adanya tekanan udara yang sangat tinggi, dan tekanan termodinamis di udara. Petir ini kerap menyasar bangunan dan gedung-gedung yang menjulang tinggi.

2. Petir Multiple Striker 

Multiple Striker And Exposure PhotosPetir Multiple Striker And Exposure Photos. (Foto: Pixabay)

Petir ini sangat berbahaya apabila menyambar orang, pepohonan atauoun menara sutet, karena dapat membuat kerusakan berat. 

Multiple Striker memiliki sambaran hingga dapat menyentuh tanah. Petir ini biasanya akan muncul ketika fenomena badai besar tengah menghempas bumi.

3. Petir Deadly

DeadlyPetir Deadly. (Foto: Pixabay)

Deadly merupakan petir yang memiliki kecepatan sambaran sangat tinggi, imbasnya bisa langsung menyambar orang yang ada di sekitarnya. Umumnya, petir ini akan muncul ketika terjadi badai atau hujan besar.

4. Petir St. Elmo’s Fire

St. Elmos FirePetir St Elmo’s Fire. (Foto: Pixabay)

St. Elmo’s Fire memiliki warna biru. Ia dijuluki sebagai api biru dengan fenomena kemunculannya yang langka. 

Petir ini menjadi salah satu ancaman terbesar bagi peradaban zaman dahulu bahkan hingga pada kehidupan manusia modern. 

Para leluhur memiliki sebuah ritual khusus yang digunakan untuk menangkal kengerian St. Elmo's Fire dan terus dilakukan bagi warga yang masih mempercayainya. []

Baca juga: Gembala dan 19 Kerbau Tewas Disambar Petir di Tapteng

Berita terkait
Petir Tewaskan 14, Lukai 140 Orang di Rwanda Selatan
Sedikitnya 14 orang tewas dan sebanyak 140 orang lagi cedera ketika satu gereja disambar petir di Rwanda Selatan pada Sabtu (10/3),
Empat Anggota TNI Tersambar Petir di Lapangan, Satu Tewas
ketika latihan di areal lapangan di Gunung Moncong Tanah, Kab Gowa, Sulsel.
Bermaksud Berteduh, Timi Meninggal Tersambar Petir
Korban dan keempat temannya berniat berteduh. Namun naas korban tersambar petir hingga meninggal dunia, sedangkan keempat temannya masih beruntung dan selamat
0
Mengenal Lebih Dekat Wirda Mansur Film 'The Santri'
Kontroversi film The Santri karya Livi Zheng, menyeret nama putri Ustaz Yusuf Mansur, Wirda Mansur, yang ikut berperan dalam film tersebut.