UNTUK INDONESIA

Empat Buah Aman untuk Penderita Asam Lambung

Penderita asam lambung harus mengatur pola makan yang sehat dan seimbang. Berikut beberapa buah yang aman dikonsumsi untuk penderita asam lambung.
buah-buahan (Foto : Tagar/james2b/pixabay.com)

Jakarta - Penderita asam lambung atau refluks gastroesofagus harus mengatur pola makan yang sehat dan seimbang. Makanan yang dikonsumsi harus mencakup empat sehat lima sempurna. Sayuran, dan tentunya tidak lupa buah-buahan.

Ketika asam lambung kambuh, ada baiknya makan dengan porsi kecil secara teratur. Buah-buahan bisa menjadi salah satu pilihan yang aman untuk dikonsumsi. Tapi tidak semua buah, seperti buah yang bercita rasa asam tidak boleh dikonsumsi lantaran kerap membuat asam lambung naik.

"Jangan asal makan buah-buahan kalo punya sakit asam lambung, ada beberapa buah yang memicu asam lambung jadi kambuh, salah satunya jeruk yang memiliki rasa asam," ujar Dr. Erlang Samoedro, Sp.P, kepada Tagar melalui aplikasi pesan singkat Selasa, 15 Desember 2020.

Berikut beberapa buah yang bisa dikonsumsi untuk penderita asam lambung.

1.Pepaya

Pepayabuah pepaya. (Foto : Tagar/Varintorn/pixabay.com)

Pepaya termasuk salah satu yang sehat untuk dikonsumsi penderita asam lambung. Pepaya mengandung vitamin C dan kaya akan air. Pepaya juga mempunyai asam yang rendah memungkinkan penderita asam lambung untuk mengkonsumsinya. Tak hanya vitamin c, pepaya juga mengandung vitamin K, beta-karoten, dan kalsium.

2. Pisang

Pisangbuah pisang (Foto: Tagar/stevepb/pixabay.com)

Pisang termasuk kedalam makanan yang rendah asam, maka cocok dikonsumsi oleh penderita asam lambung. pisang dapat membantu agar asam lambung tidak naik. Buah ini dapat melapisi bagian kerongkongan yang terkena asam lambung. Selain itu, buah yang kaya akan serat ini dapat membantu sistem pencernaan.

3. Semangka

Semangkabuah semangka (Foto: Tagar/congerdesign/pixabay.com)

Semangka dapat menetralkan asam lambung. tak hanya menetralkan saja, buah ini dapat mengurangi gejala asam lambung. Semangka ini mempunyai kandungan air yang tinggi. Selain jtu, buah ini juga kaya akan vitamin C, vitamin A, antioksidan, dan asam amino yang baik untuk pencernaan tubuh.

4. Apel merah

Apelbuah apel (Foto : Tagar/igetpic/pixabay.com)

Apel juga menjadi salah satu buah yang aman untuk penderita asam lambung. Apel merah dengan apel hijau jelas berbeda. Apel merah memiliki kadar asam yang lebih rendah. Sehingga, penderita asam lambung lebih disarankan untuk memakan apel merah. Kandungan apel merah seperti mineral, kalsium, kalium dan magnesium dapat dipercaya bisa membantu meringankan gejala asam lambung.

(Risma Dewi Indriani)

Berita terkait
10 Manfaat Biji Chia untuk Kesehatan Tubuh
Berikut manfaat biji chia bagi kesehatan yang telah terbukti oleh sains, yang dirangkum Tagar dari laman Healthline.
10 Manfaat Lidah Buaya yang Wajib Kamu Ketahui
lidah buaya juga dapat dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan dan kesehatan, simak ulasan berikut untuk mengetahui beragam manfaat lainnya.
Delapan Manfaat Mandi di Malam Hari
Terdapat beberapa manfaat dari mandi malam, seperti dirangkum Tagar berikut ini.
0
Empat Buah Aman untuk Penderita Asam Lambung
Penderita asam lambung harus mengatur pola makan yang sehat dan seimbang. Berikut beberapa buah yang aman dikonsumsi untuk penderita asam lambung.