10 Manfaat Lidah Buaya yang Wajib Kamu Ketahui

lidah buaya juga dapat dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan dan kesehatan, simak ulasan berikut untuk mengetahui beragam manfaat lainnya.
Ilutrasi lidah buaya.(Foto: Tagar/pexels)

Jakarta – Lidah buaya merupakan tanaman dengan segudang manfaat untuk semua masalah kulit dan kecantikan. Tanaman sekuler asli Afrika Utara ini telah telah lama digunakan sebagai obat. Dengan duri yang tebal dan runcing lengkap duri di sisi daunnya, lidah buaya mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat.

Tanaman yang tumbuh di daerah tropis ini mengandung antioksidan, asam amino esensial, kalsium, natrium, magnesium, glukosa, folat, vitamin A, B, C, dan E. Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang dimiliki membuat lidah buaya menjadi tanaman herbal yang baik untuk tubuh.

Selain untuk tanaman hias, lidah buaya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan digunakan sebagai bahan baku produk kecantikan. Simak ulasan berikut untuk mengetahui beragam manfaat lidah buaya yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Membantu Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat lidah buaya untuk rambut juga sangat besar. Perlu diketahui bahwa kerontokan rambut dapat menyebabkan kebotakan. Penggunaan lidah buaya pada rambut dapat membantu mengatasi masalah ini.

lidah buaya dapat membantu merawat rambut hitam, menguatkan akar rambut, menghilangkan ketombe, menambah kilau pada rambut, dan mencegah rambut rontok. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengambil gel lidah buaya dan menjadikannya masker di rambut Anda.

2. Membantu Mengatasi Jerawat

Salah satu manfaat lidah buaya adalah mampu mengatasi jerawat. Lidah buaya mengandung zat dengan sifat antiinflamasi dan antimikroba atau antibakterial, sehingga dapat mencegah bakteri yang menginfeksi pori-pori kulit dan membantu mengatasi jerawat.

Lidah buaya juga membantu membuang kotoran dan kelebihan minyak dari kulit. Bagi Anda yang sudah berjerawat, pemakaian lidah buaya membantu regenerasi kulit sehingga mencegah munculnya bekas luka. Anda bisa menggunakan lidah sebagai masker untuk wajah.

3. Mengobati Kulit Terbakar Matahari

Lidah buaya adalah perawatan standar di rumah untuk kulit terbakar karena sifatnya yang anti inflamasi dan menenangkan kulit. Antioksidan yang terkandung dalam tanaman ini dapat menetralkan radikal bebas sehingga dapat meredakan keluhan pada kulit misalnya peradangan dan iritasi akibat sinar matahari.

Jika kulitmu mengalami sun burn atau terbakar sinar matahari, tanaman ini ampuh mengatasinya. Cara menggunakan cukup mudah yaitu, oleskan gel lidah buaya segar pada area yang terbakar matahari dan pijat dengan lembut ke kulit.

4. Melancarkan Pencernaan

Walaupun kebanyakan manfaat lidah buaya didapatkan dari gel atau cairan yang terkandung dalam tanaman ini, masih ada bagian lainnya yang berkhasiat.

Lateks atau residu berwarna kuning dan lengket yang bisa ditemukan di bawah area terluar daun lidah buaya. Lateks diketahui dapat membantu mengatasi konstipasi. Hal ini disebabkan kandungan aloin atau barbaloin di dalamnya, yang memiliki efek pencahar alami.

Selain melancarkan pencernaan, lidah buaya juga membantu memelihara sistem pencernaan karena kandungan enzim didalamnnya dapat membantu memecah gula dan lemak yang dapat membantu pencernaan, dan mengurangi iritasi lambung dan usus.

5. Mengobati Sariawan

Penggunaan lidah buaya efektif mengurangi peradangan dan sariawan. Selain itu, lidah buaya dapat menurunkan rasa nyeri yang menyiksa akibat sariawan. Cara mengatasinya yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya pada sariawan.

Lidah buaya juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan bibir. Lidah buaya dapat membantu melembabkan, melembutkan dan membentuk bibir merah alami.

6. Mengatasi Penuaan Dini

Munculnya garis-garis halus dan hilangnya fleksibilitas adalah tanda-tanda penuaan dini. Dengan menggunakan lidah buaya, Anda dapat mencegahnya. Tanaman ini dapat meningkatkan produksi kolagen yang mencegah peningkatan kerutan.

7. Mengurangi Plak Gigi

Plak gigi merupakan salah satu masalah yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Plak gigi juga sangat mengganggu penampilan. Maka dari itu penumpukan plak gigi perlu dicegah, salah satunya dengan rutin menggunakan obat kumur.

Namun selain obat kumur, ternyata jus lidah buaya jugasama efektifnya dalam mengurangi plak gigi, karena lidah buaya dapat membunuh bakteri Streptococcus mutans yang menyebabkan plak gigi serta jamur Candida albicans.

8. Melembabkan Kulit Tubuh

Kulit membutuhkan pelembab yang dapat menjaga kesehatan kulit. Anda bisa menggunakan lidah buaya karena mengandung polisakarida dan sterol yang bisa menjaga kulit tetap lembab.

9. Pemeliharaan Kesehatan Hati

Lidah buaya sangat bermanfaat bagi hati karena mengandung fitonutrien. Hati akan berfungsi secara optimal jika diberi makan dan cukup terhidrasi. Makan jus lidah buaya adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan hati Anda.

10. Hapus Stretch Mark

biasa muncul pada bagian kulit di tubuhmu. Biasanya disebabkan oleh situasi selama kehamilan, penurunan berat badan, atau kenaikan berat badan yang berlebihan. Kamu dapat memakai tanaman ini untuk mengatasinya. Caranya dengan menggosokkannya pada secara rutin.Stretch mark biasa muncul pada bagian kulit di tubuhmu. Biasanya disebabkan oleh situasi selama kehamilan, penurunan berat badan, atau kenaikan berat badan yang berlebihan. Kamu dapat memakai tanaman ini untuk mengatasinya. Caranya dengan menggosokkannya pada stretch mark secara rutin.

(Viona Bono Valvinka)

Berita terkait
Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Ibu Menyusui
Lidah buaya kerap kali dimanfaatkan oleh kaum hawa untuk menjaga kesehatan rambut, kulit wajah hingga puting payudara pada ibu menyusui.
7 Khasiat Menakjubkan Lidah Buaya untuk Kesehatan
Lidah buaya memiliki berbagai khasiat mulai dari antivirus, antiinflamasi, antibakteri. Berikut ulasannya.
Lidah Buaya Penyembuh Luka Temuan Mahasiswa
Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya mengolah ekstrak tanaman lidah buaya (Aloe Vera) menjadi kompres penyembuh luka.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.