UNTUK INDONESIA
Dynamo Kiev, Olympiakos Menang di Playoff Liga Champions
Dynamo Kiev dan Olympikaos Piraeus membuka peluang lolos ke babak utama Liga Champions. Mereka mengalahkan lawan-lawannya di playoff pertama.
Dynamo Kiev harus bekerja keras sebelum menang 2-1 atas tuan rumah KAA Gent di playoff pertama Liga Champions di Ghelamco Arena, Gent, Kamis, 24 September 2020 dini hari WIB. Tampak pemain Dynamo merayakan gol di laga itu. (Foto: Twitter/dynamokyiven)

Jakarta - Dynamo Kiev dan Olympikaos Piraeus membuka peluang lolos ke babak utama Liga Champions setelah meraih kemenangan di babak playoff pertama, Kamis, 24 September 2020 dini hari WIB. Dynamo Kiev harus bekerja keras sebelum mengatasi perlawanan KAA Gent dan menang 2-1 di Ghelamco Arena, Gent.

Dynamo menjadi salah satu tim yang diprediksi bisa melewati babak playoff dan berlaga di babak utama Liga Champions. Namun mereka sempat kesulitan saat menghadapi klub Belgia ini. Bahkan tuan rumah sempat menyamakan kedudukan sebelum striker Carlos de Pena mencetak gol kemenangan bagi Dynamo. 

Sukses di playoff pertama menjadikan klub Ukraina berpeluang lolos ke babak utama. Pasalnya pada laga ke-2 di kandang sendiri, mereka hanya butuh imbang untuk menyingkirkan rivalnya. 

Ini kemenangan yang penting. Gol di laga away juga sangat vital. Namun kami harus bermain lebih baik di laga ke-2

Di laga itu, Dynamo unggul lebih dulu melalui Vladyslav Supryaha lewat tendangan jarak dekat di menit 9. Hanya gol itu sempat ditinjau lewat VAR sebelum disahkan oleh wasit Ovidiu Hategan.

Hanya, keunggulan itu bisa disamakan oleh tim yang baru sekali menjadi juara Liga Belgia ini menjelang akhir babak pertama. Gol tuan rumah dihasilkan Tim Kleindienst. Sundulan dia yang menyambut sepak pojok sukses membobol gawang Dynamo di menit 41.

Memasuki babak ke-2, Gent juga mendapat petaka setelah pemainnya, Roman Bezus melakukan pelanggaran. Dirinya menerima kartu kuning kedua yang disusul kartu merah di menit 53. 

Meski demikian, Dynamo harus bekerja keras sebelum berhasil mencetak gol ke-2. Gol dihasilkan Carlos de Pena yang menyambar bola rebound dari tendangan Viktor Tsygankov menit 79. Skor berubah menjadi 2-1 dan bertahan sampai akhir pertandingan. 

"Harus diakui, ini pertandingan yang tidak mudah. Mereka tim yang bagus dan pantas bila berada di babak playoff. Tak hanya itu, mereka memiliki banyak pemain bagus. Meski menang, namun semuanya belum berakhir. Masih ada pertandingan yang juga sulit di Kiev," ucap Carlos De Pena seperti dikutip laman UEFA. 

"Ini kemenangan yang penting. Gol di laga away juga sangat vital. Namun kami harus bermain lebih baik di laga ke-2. Mereka bakal bermain menyerang di laga itu," ucap dia.

Olympiakos Tak Kesulitan Menang

Sementara, Olympiakos tak kesulitan mengatasi lawannya Omonia Nicosia. Dalam duel di kandang sendiri di Stadion Georgios Karaiskakis, wakil Yunani ini menang 2-0. 

Gelandang veteran eks tim nasional Prancis Mathieu Valbuena membuka kemenangan Olympiakos setelah mencetak gol dari titik penalti pada menit 69. Selanjutnya, tuan rumah memantapkan kemenangan melalui gol Youssef El-Arabi di injury time

Hasil itu memudahkan Olympiakos untuk melangkah ke babak utama Liga Champions. Mereka hanya butuh hasil imbang untuk menyingkirkan Omonia Nicosia di laga kedua. Sebaliknya Omonia Nicosia harus menang minimal 3-0 untuk membatalkan laju Olympiakos 

Pertarungan ketat justru terjadi saat Molde bermain imbang 3-3 melawan Ferencvaros di Stadion Aker, Norwegia. Di laga itu, Ferencvaros langsung unggul 2 gol lewat Franck Boli dan Myrto Uzuni. Namun Molde berhasil membalikkan keadaan setelah Leke James, Magnus Eikrem dan Martin Ellingsen membobol gawang lawan.

Sayangnya, Molde gagal mempertahankan keunggulan. Hanya 3 menit jelang bubaran, Ferencvaros berhasil memaksakan skor imbang lewat eksekusi penalti Ihor Kharatin. []

Berita terkait
Salzburg Menang, Slavia Imbang di Playoff Liga Champions
RB Salzburg berpeluang lolos ke babak utama Liga Champions usai mengalahkan Maccabi Tel Aviv di playoff pertama. Sedangkan Slavia Praha tertahan.
Liga Champions, Bayern dan Liverpool di Grup Maut
Pembagian pot undian Liga Champions 2020-21 sudah dilakukan UEFA. Juara bertahan Bayern Munich dan Liverpool di Pot 1 bisa berada di grup maut.
Eks Benfica Singkirkan Benfica di Liga Champions
Klub Portugal Benfica tersingkir di kualifikasi Liga Champions. Mereka dikalahkan PAOK Thessaloniki dan salah satu pencetak gol adalah eks Benfica.
0
Gus Menteri Ajak Santri Perkokoh Tradisi Pesantren
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar meminta seluruh santri memegang kokoh tradisi pesantren. Sebab, ini adalah budaya yang hanya ada di Indonesia.