Durasi Waktu yang Aman untuk Bersepeda Selama Pandemi

Dokter Muliadi Limanjaya dari RS Pondok Indah, Bintaro Jaya menyarankan durasi waktu bersepeda saat pandemi minimal selama 2,5 jam dalam sepekan.
Ilustrasi Bersepeda, (Foto: Pixabay/pixel2013)

Jakarta - Dokter Muliadi Limanjaya dari RS Pondok Indah, Bintaro Jaya menyarankan durasi waktu untuk bersepeda di tengah pandemi Corona minimal selama 2,5 jam dalam sepekan. Itupun dalam intensitas sedang hingga ringan dan disesuaikan dengan kondisi fisik seseorang.

"Anda dapat memulai dengan beberapa sesi pendek, sekitar 30 menit sebanyak 3-5 kali dalam seminggu. Sesi pendek namun sering akan lebih bermanfaat dibandingkan sesi yang cenderung lebih panjang namun dengan frekuensi yang kurang. " kata dr. Muliadi dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 22 September 2020. 

Dia mengatakan bersepeda baik dilakukan saat pagi atau petang hari. Meski begitu, Anda juga harus menyesuaikan dengan kondisi cuaca. "Bersepeda pada pagi hari mungkin akan lebih baik karena cuaca cenderung lebih segar, dan intensitas sinar matahari belum terlalu tinggi, sehingga radiasi sinar UV dapat dihindari," ucap dr. Muliadi. 

Menurut Muliadi, bagi siapa saja yang ingin bersepeda harus tetap waspada dan pastikan kondisi tubuh sehat. Sebab, biasanya saat bersepeda sangat rentan terhadap cedera otot akibat kurangnya pemanasan. 

"Kemudian, ketika Anda bersepeda, pada periode waktu tertentu berhentilah untuk melakukan stretching lalu lanjutkan kembali. Usahakan menggunakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat, serta minum cukup cairan untuk menggantikan cairan tubuh yang keluar ketika Anda bersepeda." ujarnya.

Olahraga bersepeda ini memang sangat cocok untuk segala usia, sehingga manfaatnya juga dapat dirasakan semua orang. Olahraga kardio ini sangat ampuh untuk menjaga kebugaran atau stamina tubuh. Sehingga di tengah pandemi sekarang ini, bersepeda menjadi salah satu olahraga yang sangat disarankan. 

"Rutin bersepeda mampu membantu meningkatkan kesehatan jantung, paru-paru, dan sistem peredaran darah di tubuh Anda," tutur dr. Muliadi.

Manfaat lainnya yang bisa dirasakan dari bersepeda rutin yaitu menurunkan risiko gangguan jantung dan pembuluh darah, membakar lemak, meningkatkan stamina, hingga mencegah obesitas.[]

Baca juga:

Berita terkait
Tips Bersepeda dari Spesialis Kedokteran Olahraga
dr Michael Triangto memberikan sejumlah tips bagi masyarakat yang sedang menggandrungi olahraga bersepeda.
Bersepeda Tren Pandemi, Ini Aturan Menhub Budi Karya
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bersepeda menjadi tren di masyarakat pada masa pandemi Covid-19.
Sarapan Sehat Usai Bersepeda di Hotel Luminor Jambi
Hotel Luminor Jambi menyiapkan sarapan sehat untuk para penggemar olahraga sepeda dengan harga yang sangat terjangkau.
0
Indonesia Kembangkan Industri Hijau Terbesar di Dunia
Presiden Jokowi mengatakan Indonesia sedang mengembangkan industri hijau terbesar di dunia yang terletak di Kalimantan Utara sesuai visi RI.