UNTUK INDONESIA
Dukungan Risma untuk Gibran di Pilwali Solo
Ketua DPP PDIP Tri Rismaharini berharap Gibran Rakabuming Raka bisa mewujudkan cita-citanya untuk memajukan UMKM di Kota Solo.
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat bertemu dengan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka di Solo, Selasa, 4 Maret 2020. (Foto: Pemkot Surabaya/Tagar)

Surabaya - Keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengusung Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakoso di Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Solo menjadi perhatian Ketua DPP PDIP Bidang Kebudayaan Tri Rismaharini. Risma bahkan memberikan ucapan selamat berjuang kepada Gibran usai mengamankan rekomendasi PDIP.

Ucapan selamat berjuang dari Risma, karena keduanya pernah bertemu dan saling tukar pikiran di sebuah rumah makan di kawasan Mangkubumen Solo, Rabu 4 Maret 2020 lalu. Dalam pertemuan tersebut putra sulung Presiden Joko Widodo belajar kepada Risma kesuksesan membangun Kota Surabaya.

Saat itu mas Gibran sempat bertanya ke saya, dia bermimpi untuk Kota Solo itu menjadi kota semacam UMKM atau wirausaha. Mudah-mudahan bisa mewujudkan itu

"Pertama saya mengucapkan selamat berjuang atas mas Gibran. Mudah-mudahan mimpi-mimpinya seperti saat saya bertemu dengan mas Gibran bisa mewujudkan itu," ujarnya di Balai Kota Surabaya, Sabtu, 18 Juli 2020.

Risma berharap jika nantinya Gibran dipercaya masyarakat untuk memimpin Kota Solo, Jawa Tengah, bisa benar-benar mewujudkan memajukan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Alasannya, pada saat bertemu dengan dirinya, Gibran meminta wejangan memajukan UMKM.

Baca juga:

"Saat itu mas Gibran sempat bertanya ke saya, dia bermimpi untuk Kota Solo itu menjadi kota semacam UMKM atau wirausaha. Mudah-mudahan bisa mewujudkan itu," ujar Wali Kota Surabaya ini.

Risma sekali lagi mendoakan Gibran bisa mewujudkan cita-citanya untuk memajukan Kota Solo dengan mengedepankan UMKM sebagai penopang ekonomi rakyat.

"Saya berdoa mudah-mudahan mas Gibran bisa mewujudkan cita-citanya memajukan Kota Solo dengan mimpinya menjadi kota UMKM," kata dia.

Sebelumnya PDIP mengumumkan sejumlah usungannya maju di Pilkada serentak 2020. Dari sejumlah nama yang diumumkan, PDIP secara resmi mnegusung Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakoso sebagai Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo.

Dalam sambutannya, Gibran tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPC PDIP Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo yang sempat enggan merestuinya sebagai cawalkot.

"Terima kasih kepada Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo hingga akhirnya kami mendapat rekomendasi," kata Gibran saat memberikan sambutan pada telekonferensi di kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Semarang, Jumat, 17 Juli 2020.

Sementara itu, pada tanggal 4 Maret 2020, Gibran dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sempat bertemu dan bertukar pikiran dengan makan pecel di sebuah rumah makan di kawasan Mangkubumen Solo.

Pada saat itu, Risma mengatakan, Gibran banyak bertanya apa saja yang telah dilakukannya di Surabaya, terutama soal bagaimana meningkatkan kesejahteraan warga.

"Saya jelaskan ke mas Gibran bagaimana cara melakukan pemberdayaan UMKM, pemberdayaan anak muda, menata toko kelontong, pemberdayaan petani, bagaimana mengembangkan urban farming," kata Risma.

Tak hanya itu, wali kota perempuan pertama di Surabaya ini menyampaikan, Gibran juga belajar bagaimana meningkatkan UMKM dan membuat startup untuk anak muda.

"Setelah pertemuan ini, mungkin nanti akan ada pertemuan lagi," katanya.

Menurut Risma, Gibran yang memiliki latar belakang sebagai pengusaha akan lebih mudah membaca bagaimana meningkatkan kesejahteraan warga.

"Apa yang diterapkan di Surabaya bisa dilakukan di kota lain. Tapi tidak bisa copy paste, karena karakter daerah berbeda. Jadi harus disesuaikan masing-masing daerah. Termasuk di Solo," ungkapnya.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, Gibran mengaku berterima kasih kepada Wali Kota Risma karena sudah mau menemuinya.

"Tadi Bu Risma banyak bercerita bagaimana UMKM di Surabaya itu tumbuh. Bagaimana UMKM didampingi pengemasannya, brandingnya dan penjualannya," kata Gibran.

Gibran mengaku, pertemuannya dengan Wali Kota Risma ini seperti kuliah pendek. Banyak ilmu yang bisa diserap sehingga nantinya bisa diterapkan di Kota Solo.

"Setelah ini mungkin akan ada pertemuan-pertemuan berikutnya. Masih banyak yang harus saya pelajari," ungkapnya.

Di mata Gibran, Risma merupakan sosok wali kota sangat berprestasi dan mau turun ke lapangan. Selain itu, kata Gibran, Risma paham betul permasalahan-permasalahan di kampung serta bisa memberikan solusi yang cepat dan tepat.

Pertemuannya dengan Wali Kota Risma ini, Gibran mengaku atas inisiatifnya sendiri bukan atas perintah bapaknya yakni Presiden Jokowi. "Saat tahu Bu Risma mau ke Solo saya hubungi ajudannya jika saya ingin bertemu. Ternyata beliau bisa dan bersedia. Ya makan pecel ini. Mungkin nanti kapan-kapan saya yang akan ke Surabaya," ucapnya. [] 

Berita terkait
PDIP Resmi Usung Dilan di Pilkada Makassar
PDIP resmi mengusung pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal dan dr Fadli Anandan (Dilan) di Pilkada 2020.
Pesan Megawati untuk 6 Usungan PDIP Pilkada di Jatim
PDIP telah mengumumkan usungan dengan menyerahkan kepada enam pasangan calon kepala daerah untuk bertarungan di Pilkada serentak 2020.
PDIP Pilih Anak Jokowi, Gibran: Terima Kasih FX Rudy
Hubungan Jokowi dan Rudy dikabarkan sempat merenggang akibat Gibran. Selain sama-sama kader PDIP, Jokowi-Rudi pernah bersama memimpin Kota Solo.
0
Penjelasan Bawaslu Bantul Terkait Tugas Kopja di Pilkada
Bawaslu Kabupaten Bantul menyelenggarakan Penandatanganan Pakta Integeritas Komitmen Mematuhi Pelaksanaan Tahapan Pemilu Serentak 2020.