UNTUK INDONESIA
PDIP Resmi Usung Dilan di Pilkada Makassar
PDIP resmi mengusung pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal dan dr Fadli Anandan (Dilan) di Pilkada 2020.
Pasangan calon Wali Kota Makassar dan Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal dan dr Fadli Ananda saat menerima rekomendasi B1 KWK di Pilwakot Makassar. (Foto: Tagar/ist)

Makassar - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) resmi mengusung pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal dan dr Fadli Anandan (Dilan) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020.

Syamsu Rizal alias Daeng Ical merupakan mantan Wakil Wali Kota Makassar yang sebelumnya berpasangan dengan Moh Ramdhan Pomanto sebagai Wali Kota Makassar tahun 2019. Kini, di Pilkada Makassar 2020 Daeng Ical akan kembali maju bertarung sebagai calon wali kota berpasangan dengan Fadli Ananda.

Bagi kami amanah ini, Insya Allah akan kami jaga dengan kinerja dan bekerja sesuai dengan pesan Ibu Megawati.

Keputusan PDIP mengusung Dilan di Pilwakot Makassar setelah Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Politik, Puan Maharani mengumumkan 44 pasangan calon kepala daerah yang akan diusung partai berlambang banteng moncong putih di Pilkada serentak, termasuk Pilkada Makassar.

Calon Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal menuturkan, akan segera bekerja untuk memaksimalkan seluruh tenaga menghadapi Pilkada Makassar.

"Bagi kami amanah ini, Insya Allah akan kami jaga dengan kinerja dan bekerja sesuai dengan pesan Ibu Megawati. Memperhatikan catatan yang menjadi garis perjuangan PDI Perjuangan, tahun ini kita maksimalkan untuk menang," kata Daeng Ical, Jumat 17 Juli 2020.

Daeng Ical mengatakan dirinya tidak akan mengomentari partai-partai yang diisukan mendukung Dilan di Pilkada Makassar, sebelum partai tersebut yang mengumumkan sendiri dukungan mereka kemana.

"Saya tidak pernah komentar partai lain, sebelum partainya yang mengumumkan," ujarnya.

Setelah resmi PDI Perjuangan mengusung Dilan di Pilkada Makassar, kata Daeng Ical dirinya bersama pasangannya Fadli Ananda akan segera merapatkan kekuatan dan melakukan konsolidasi untuk menang di Pilwakot Makassar.

"Dengan seizin ketua DPD bersama ketua-ketua DPC serta jajaran pengurus akan langsung konsolidasi. Kalau deklarasi nanti partai yang urus," tuturnya.

Sementara, Ketua Bappilu DPC PDIP Kota Makassar, Raisul Jaiz, memastikan seluruh kader partai berlambang banteng moncong putih itu solid memenangkan Syamsu Rizal alias Deng Ical dan dr Fadli Ananda pada Pilwalkot Makassar 2020.

"Setelah adanya pengumuman resmi hari ini, tidak ada keraguan bahwa seluruh kader PDIP kini solid memenangkan Deng Ical dan dokter Fadli pada Pilwalkot Makassar 2020. Kita akan merapatkan barisan memenangkan pasangan ini, sesuai perintah partai," kata Raisul.

Seluruh potensi kekuatan yang dimiliki PDIP kata Raisul dikerahkan untuk dapat memenangkan Dilan di Pilkada Makassar.

"Toh, PDIP ingin menang di Kota Makassar. PDIP, tentunya tidak akan main-main dalam memberikan dukungan. Kita akan bekerja keras. Kita optimistis meraih hasil positif, apalagi pasangan yang kita dukung memang punya peluang menang yang cukup besar," tegasnya.

Dengan mendapatkan dukungan dari PDIP, Dilan kini memiliki 12 kursi di DPRD Makassar. Hal itu sudah lebih dari cukup untuk bertarung pada Pilwakot Makassar. Diketahui, PDIP pada Pemilu 2019 lalu menguasai enam kursi di parlemen.

Sebelumnya, Deng Ical juga sudah mengamankan Partai Keadilan Sejahtera yang memiliki kursi di parlemen sebanyak 5 kursi. Bahkan, Dilan berpeluang menambah kursi dukungan, mengingat masih ada sejumlah parpol yang masih ditunggu pasangan ini. []

Berita terkait
Anggaran KPU di Pilkada Makassar Rp 84,2 Miliar
KPU Kota Makassar mendapatkan anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Makassar 9 Desember nanti sebesar Rp 84,2 miliar lebih.
Partai Golkar Usung DP di Pilkada Makassar
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartanto menyerahkan surat dukungan calon Wali Kota Makassar kepada mantan Wali Kota Makassar Danny Pomanto.
Pilkada Makassar Tak Ada Calon Perseorangan
Hingga hari terakhir pendaftaran Pilkada Makassar tak satupun calon perseorangan yang mendaftar.
0
PDIP Resmi Usung Dilan di Pilkada Makassar
PDIP resmi mengusung pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal dan dr Fadli Anandan (Dilan) di Pilkada 2020.