UNTUK INDONESIA
Dua Warga Abdya Aceh Berstatus ODP Corona
Dua orang warga Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP) corona atau Covid-19.
IDI Kota Banda Aceh sedang bersiap membagikan multivitamin C kepada tenaga medis di RSUZA, Banda Aceh, Selasa, 24 Maret 2020. (Foto: Tagar/Ahmad Mufti)

Aceh Barat Daya - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh, Safliati mengatakan dua warga Abdya yang berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP) dari dinasnya.

"Dari Kecamatan Blangpidie dan Kecamatan Kuala Batee," kata Safliati, Rabu, 25 Maret 2020 di Aceh Barat Daya.

Kedua warga ini ditetapkan ODP oleh pihak Dinas lantaran pulang ke Abdya dari Jakarta dan Malaysia."Dari Jakarta orang Kuala Batee dan yang Blangpidie dari Malaysia, mereka tiba pada 20 Maret 2020 lalu," ujarnya.

Adapun langkah yang diambil, katanya, kedua ODP ini harus menjalani karantina di rumah masing-masing guna memastikan kondisi keduanya pihak Dinas tetap melakukan pengawasan ketat. "Kami awasi terus perkembangan keduanya," sebut Safliati.

Saya mengajak semua masyarakat untuk terlibat.

Perangkat desa di seluruh Abdya diharapkan untuk terlibat dalam penanganan penyebaran virus corona jika ada warga yang baru pulang dari luar daerah untuk segera melapor dan tidak menutupinya. "Kepada perangkat desa untuk segera melapor, semua kita tentu harus terlibat demi kesehatan bersama," katanya.

Dijumpai terpisah, Kepala Desa Mataie Kecamatan Blangpidie Kabupaten Abdya, Nasruddin mengatakan pihaknya sudah mengumumkan kepada masyarakat agar melapor jika ada sanak famili yang datang dari luar.

"Sudah kita umumkan, tentu pencegahan merupakan tanggung jawab kita bersama demi kesehatan," kata Nasruddin.

Menurutnya, langkah pencegahan terhadap penyebaran virus corona ini memang harus dilakukan oleh semua unsur, tidak hanya aparatur desa, namun juga masyarakat luas, maka dari itu masyarakat diimbau untuk waspada dan mengikuti intruksi pemerintah. "Saya mengajak semua masyarakat untuk terlibat," katanya. []

Berita terkait
Undang 2.400 Tamu, Warga Aceh Batal Resepsi Nikah
Seorang warga Kota Lhokseumawe, Aceh, Riza Mirza batal menggelar resepsi pernikahannya untuk mencegah virus corona atau Covid-19.
Aceh Distribusi 336 APD, Pasien ODP Bertambah Lagi
Pasien ODP di Aceh bertambah 23 orang dibandingkan data sebelumnya sebanyak 193 orang. Kini menjadi 216 orang.
Pasien PDP Covid-19 di Aceh Meninggal Dunia Lagi
Sejauh ini, sudah 2 pasien PDP Covid-19 yang meninggal dunia di RSUDZA Aceh. Tetapi keduanya juga belum keluar hasil pemeriksaan laboratorium.
0
Menu Berbuka Puasa yang Sehat Pengganti Es Teh Manis
Menu berbuka puasa, tak harus dengan es teh manis untuk mengusir dahaga. Berikut menu berbuka puasa yang sehat pengganti es teh manis.