UNTUK INDONESIA
DPRD Jatim Ingatkan KAI Daop 8 Surabaya Cuaca Buruk
DPRD Jatim menilai cuaca buruk yang akan terjadi akan menyebabkan banjir sehingga rel KA tenggelam dan mengganggu perjalanan.
DPRD Jatim saat melakukan sidak di Stasiun Gubeng, Surabaya, Senin 23 Desember 2019. (Foto: Tagar/Adi Suprayitno)

Surabaya - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur (Jatim) mengingatkan kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya untuk mewaspadai cuaca buruk saat momen mudik libur Natal dan Tahun Baru.

Ketua Komisi D DPRD Jatim, Kuswanto meminta KAI dapat mengantisipasi jika terjadi cuaca buruk. Seperti banjir dan longsor di sejumlah ruas rel kereta. Begitu juga halnya adanya lintasan kereta api yang tanpa palang pintu, dan fasilitas kesehatan bagi para penumpang Kereta api.

“Kami minta hal ini menjadi catatan dan untuk diperhatikan,” ujarnya saat meninjau Stasiun Gubeng Surabaya, Senin 23 Desember 2019.

Selain untuk mengantisipasi cuaca buruk, Kuswanto meminta kepada PT KAI Daop 8 Surabaya untuk mengutamakan rasa aman dan nyaman bagi penumpang yang menggunakan moda transportasi kereta api.

Kami minta hal ini menjadi catatan dan untuk diperhatikan.

“Kita meminta KAI beri rasa aman kepada pemudik karena kereta api saat ini menjadi andalan masyarakat dalam mudik tiap tahunnya,” ujarnya politisi Partai Demokrat ini.

Wakil Kepala PT KAI Daop 8, Djainuri mengatakan untuk mengantisipasi terjadinya banjir dan longsor, pihaknya sudah menyiapkan Alat Material dan Untuk Siaga (AMUS) di jalur rawan seperti rel KA Porong dan Bojonegoro. Hal ini untuk mengantisipasi, jika terjadi genangan air di rel kereta karena hujan yang lebat.

"Untuk waspada kita sudah menyiapkan Amus di titik rawan longsor kayak Lumpur Lapindo. Selain itu siapkan peralatannya, karung berisi pasir untuk daerah rawan juga seperti Bojonegoro,"ujarnya.

Menurutnya, rel KA sekitar stasiun Porong memang rawan terjadi banjir. Mengingat, ketika terjadi hujan deras, lumpur Lapindo Sidoarjo meluber dan menggenangi rel hingga 40 cm. Kereta api yang melewati jalur arah Stasiun Porong harus berjalan ekstra hati-hati.

PT KAI Daop VIII telah meninggikan bantaran rel KA di sebelah tanggul lumpur. Selain Amus, KAI juga menyiagakan petugas di lapangan untuk mengontrol kondisi rel KA secara berkala.

Untuk tarif tiket kereta api ini masih normal sesuai intruksi PT KAI. Bahkan saat ini karyawan yang hendak naik kereta harus membeli tiket 25 persen dari harga normal.

"Lonjakan penumpang kereta api stasiun Gubeng mengalami peningkatan pada Sabtu dan Minggu kemarin," pungkasnya. []

Berita terkait
Polres Pasuruan Tetapkan Sopir Truk Jadi Tersangka
Polres Pasuruan menetapkan sopir truk berinisial SZ setelah dilakukannya olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang menyebabkan 7 meninggal dan 7 luka
Khofifah Pastikan Perayaan Natal di Jatim Lancar
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa ingin memastikan keamanan dan kesiapan jelang perayaan Natal berjalan aman dan lancar.
Remaja Hilang Terseret Ombak Pantai Payangan Jember
Remaja asal Desa Curahlele Kidul, Kecamatan Balung, Jember, tersebut diduga hilang karena tergulung ganasnya ombak pantai selatan.
0
Polres Gowa Belum Mampu Ungkap Kematian Bos Coto
Dua bulan berlalu, Polres Gowa belum mampu menggungkapkan pelaku pembunuhan terhadap bos warung coto di Kabupaten Gowa.