DPR Apresiasi PTSL dalam Sertifikasi Tanah di Indonesia

Komisi II DPR RI Heru Sudjatmoko mengapresiasi program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap atau yang biasa disebut PTSL oleh Kementerian ATR/BPN)
Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). (Foto: Tagar/Kementerian ATR/BPN)

Jakarta - Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Heru Sudjatmoko mengapresiasi program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap atau yang biasa disebut PTSL yang diselenggarakan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Heru Sudjatmoko mengatakan PTSL merupakan salah satu program strategis Kementerian ATR/BPN yang luar biasa yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Banyak program lain yang juga sangat penting, namun PTSL ini memang spesifik tujuannya dalam mendaftarkan bidang tanah di seluruh Indonesia,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa, 21 September 2021. 


PTSL ini melibatkan semua pihak semua orang yang punya tanah cepat atau lambat tanahnya akan bersertifikat salah satunya melalui program PTSL.


Menurut Heru Sudjatmoko, persoalan tanah memang persoalan banyak pihak. Bagi masyarakat yang mempunyai aset tanah, tentu secara langsung maupun tidak langsung akan bersinggungan dengan proses sertifikasi tanah. 

“PTSL ini melibatkan semua pihak, semua orang yang punya tanah cepat atau lambat tanahnya akan bersertifikat, salah satunya melalui program PTSL,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Tengah, Dwi Purnama. Ia mengatakan bahwa peran PTSL memang mempercepat proses pendaftaran bidang tanah di seluruh Indonesia. 

Ia juga menegaskan peran pemerintah daerah pada Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di Seluruh Wilayah Republik Indonesia. 

Sesuai Inpres tersebut, pemerintah daerah dalam hal ini seperti gubernur dan bupati/wali kota wajib membantu dalam proses jalannya PTSL dalam hal menetapkan dan menganggarkan besaran biaya pra-PTSL. 

“Kementerian ATR/BPN telah menyiapkan biaya pelaksanaanya, peran Pemda dapat membantu pada proses pra-PTSL,” katanya. []

Berita terkait
Kementerian ATR/BPN Dorong Pendaftaran Tanah di Flores
Kementerian ATR/BPN menyampaikan pentingnya pendaftaran dan pemetaan tanah masyarakat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).
Strategi Kementerian ATR/BPN Atasi Permasalahan Pertanahan
Kementerian ATR/BPN siapkan strategi untuk mengatasi permasalahan di kawasan super prioritas nasional tepatnya di Kabupaten Manggarai Barat.
Kementerian ATR/BPN Tanggapi Kasus Sengketa Lahan Rocky Gerung Versus Sentul City
Kementerian ATR/BPN menanggapi kasus sengketa lahan antara pengamat politik Rocky Gerung & PT Sentul City dalam acara Kabar Petang Pilihan TV One.
0
Imigran Haiti Cari Berbagai Cara untuk Capai Perbatasan AS-Meksiko
Ribuan imigran dari Haiti dan sebagian lagi dari Kuba dan Afrika terus mencari cara untuk mencapai perbatasan AS-Meksiko