DPR Apresiasi Masyarakat Jalani Prokes di Pilkada 2020

Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Rahmad Handoyo mengapresiasi masyarakat Indonesia yang patuh menjalani protokol kesehatan dalam Pilkada 2020.
Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Rahmad Handoyo. (Foto:Tagar/Kemendagri)

Jakarta - Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Rahmad Handoyo mengapresiasi masyarakat Indonesia yang patuh menjalani protokol kesehatan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020.

"Saya mengpresiasi kepada kita bahwa keberhasilan Pilkada itu bukan hanya keberhasilan calon, tapi keberhasilan seluruh rakyat. Namanya pesta demokrasi, tentu adalah bergembira untuk kepentingan rakyat," katanya Jumat 11 Desember 2020.

Penghargaan kepada masyarakat Indonesia ini, menurut Rahmad terutama yang melaksanakan Pilkada. Dimana anjuran Pemerintah, sebagian besar didengarkan bahwa protokol kesehatan itu sebuah keniscayaan dan kebutuhan.

Saya mengpresiasi kepada kita bahwa keberhasilan Pilkada itu bukan hanya keberhasilan calon, tapi keberhasilan seluruh rakyat.

"Sehingga terbukti dengan banyaknya warga yang sadar akan menjalani protokol kesehatan dalam Pilkada," sambungnya.

Rahmad mengakui, pasca Pilkada ada euforia, ada saling mendukung, kita juga lihat beberapa adanya bentrok dan itu sangat disayangkan. Meski demikian, lantaran kondisi Pandemi, Rahmad mengira masyarakat sudah paham akan risiko dan bahayanya.

"Hanya untuk kepentingan sesaat dari calon yang dipilih sehingga mengorbankan dan mengambil risiko terpapar Covid-19. Ini menjadi tantangan dan semangat, jadi peletuk kita agar kita tambah sadar, tambah tahu betul bahwa Covid-19 masih jauh dari penyelesaian. Kita belum tahu kapan selesainya," ungkap Legislator asal Daerah Pemilihan Jawa Tengah V itu.

Sehingga selain apresiasi, tentu kita terus untuk menggelorakan protokol kesehatan melalui wajib 3 M.

"Saya juga mewanti-wanti kepada saudara kita terhadap pengawalan penghitungan suara itu juga tidak kalah penting dari sisi risiko rawan terhindar tidak menggunakan protokol kesehatan," ucapnya.

Sebab di masa-masa kritis ini adalah saat penghitungan. Apalagi suaranya berbeda tipis. Jika ada prosedur atau harus ada yang digugat, ditekankan Rahmad, mohon untuk menggunakan jalur hukum yang sudah ada.

"Saya himbau, saya larang, kita harapkan akan tetap melindungi rakyat bagi calon-calon.Yaitu baik dalam persidangan, maupun yang lainnya, diharapkan untuk tidak mengawal dengan mengerahkan massa," tegas Rahmad.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 sendiri, mencatat angka rata-rata tingkat kepatuhan terhadap protokol kesehatan bagi daerah yang menyelenggarakan Pilkada serentak 2020 berada di atas 89 persen hingga 96 persen.[]

Berita terkait
Kemendagri Berharap TPKAD Mampu Dorong Pemulihan Ekonomi
Kemendagri berharap Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) mampu mendorong pemulihan perekonomian di tengah pandemi.
Kemendagri dan Pemda Sukses Rekam 99,71% KTP Elektronik
Kemendagri dan Pemda Sukses Rekam 99,71% KTP-el yang meerupakan rekor perekaman tertinggi dalam 4 kali pilkada terakhir.
Hari Pencoblosan Surat Suara, Kemendagri Lakukan Pemantauan
Kapuspen Benni Irwan mengatakan, pihaknya telah melakukan pemantauan di lapangan dalam pemungutan suara 9 Desember 2020.
0
Aguero Berharap Bisa Bermain Dengan Messi di Barcelona
Sergio Aguero jadi rekrutan musim panas pertama Barcelona pada musim 2021/2022 dengan transfer bebas dari Manchester City