UNTUK INDONESIA
Donald Trump: Tak Ada Perpanjangan Waktu untuk TikTok
Presiden Ameika Serikat, Donald Trump tidak akan memperpanjang batas waktu bagi ByteDance untuk menjual aplikasi TikTok unit AS.
Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbicara selama Rapat Kabinet di Ruang Timur Gedung Putih pada hari Selasa. (Foto: poynter.org/AP Photo/Evan Vucci)

Washington - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengatakan batas waktu bagi perusahaan China, ByteDance untuk menjual aset aplikasi video pendek, TikTok unit AS tidak akan diperpanjang.

"Itu akan ditutup atau mereka akan menjualnya," kata Trump kepada wartawan sebelum berangkat ke Michigan, seperti diberitakan dari Reuters, Jumat, 11 September 2020. "Tidak akan ada perpanjangan tenggat waktu TikTok."

Baca Juga: Pemilik TikTok Lakukan Pembicaraan dengan AS

Saya yakin ada sejumlah pintu belakang yang dibangun ke dalam kode dan tentu saja ByteDance tahu persis apa itu.

TikTok tidak segera menanggapi permintaan komentar. Sebelumnya dikabarkan bahwa ByteDance telah mencari pembeli sehingga dapat menyelesaikan kesepakatan pada pertengahan September dan mematuhi perintah Trump untuk mendivestasi aset TikTok.

Senator Republik Josh Hawley, sekutu dekat Trump, mengatakan kepada Reuters pada Kamis pagi bahwa dia juga tidak mendukung perpanjangan tenggat waktu. Hawley mengatakan dia tidak mendukung hasil yang tidak termasuk penjualan penuh.

TikTok ASIlustrasi - logo aplikasi TikTok dan bendera Amerika Serikat. (Foto: Antara/REUTERS/Florence Lo/aa)

Awal bulan ini, Reuters melaporkan bahwa calon pembeli TikTok sedang mendiskusikan empat cara untuk menyusun akuisisi dari ByteDance. Termasuk membeli operasi di AS tanpa perangkat lunak utama.

“Saya yakin ada sejumlah pintu belakang yang dibangun ke dalam kode dan tentu saja ByteDance tahu persis apa itu, jadi perlu ada pemisahan yang bersih, jelas, total,” kata Hawley.

Sebelumnya Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump menekan ByteDance melepas operasional aplikasi TikTok di AS dalam 90 hari ke depan. Pasalnya, Trump menganggap TikTok menjadi ancaman untuk keamanan nasional.

Simak Pula: Akuisisi TikTok Harus Disetujui Pemerintah China

"Ada bukti terpercaya yang meyakinkan saya bahwa ByteDance ada kemungkinan beraksi dan mengancam untuk mengganggu keamanan nasional di Amerika Serikat," ujar Trump, seperti dikutip dari Reuters. []

Berita terkait
Pemilik TikTok Lakukan Pembicaraan dengan AS
Pemilik TikTok, ByteDance, melakukan pembicaraan dengan Amerika Serikat (AS) agar penjualan TikTok di negara Paman Sam tersebut tidak terjadi.
Bermasalah di India, SoftBank Akan Akusisi TikTok?
Grup SoftBank dikabarkan telah melakukan pembicaraan dengan Reliance Jio dan Bharti Airtel untuk mengakuisisi TikTok di India.
Akuisisi TikTok Harus Disetujui Pemerintah China
Pemerintah China telah memberlakukan pembatasan baru pada ekspor teknologi kecerdasan buatan.
0
Gus Menteri Ajak Santri Perkokoh Tradisi Pesantren
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar meminta seluruh santri memegang kokoh tradisi pesantren. Sebab, ini adalah budaya yang hanya ada di Indonesia.