UNTUK INDONESIA

Dishub Bandung: Penutupan Jalan Demi Kepentingan Bersama

Dishub Bandung mengatakan, penutupan sejumlah ruas jalan di Kota tersebut untuk menekan penyebaran virus Corona Covid-19.
Dishub Bandung menutup sejumlah ruas jalan di Kota Bandung untuk menekan penyebaran virus Corona Covid-19 di Kota tersebut. (Foto:Tagar/Pemkot Bandung)

Bandung – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung menyayangkan banyaknya masyarakat yang merespon negatif selama penutupan sejumlah ruas jalan di Kota Bandung. Padahal, tujuan penutupan jalan itu untuk menekan penyebaran virus Corona Covid-19 di Kota Bandung.

Ditutup itu bukan dalam arti membatasi aktivitas, tapi untuk memutus mata rantai Covid-19.

Pasalnya, hingga saat ini kota berjuluk Paris Van Java tersebut masih dalam zona risiko tinggi penyebaran Covid-19. Perpanjangan masa penutupan jalan itu sendiri, diberlakukan sesuai dengan Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 73 Tahun 2020 tentang pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

"Ditutup itu bukan dalam arti membatasi aktivitas, tapi untuk memutus mata rantai Covid-19," sebut Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi (PDKT) Dishub Kota Bandung, Asep Kuswara di Kota Bandung, pada Selasa, 5 Januari 2021.

"Padahal tujuannya bukan untuk apa-apa, tapi supaya tidak ada kerumunan orang. Tapi kadang-kadang masyarakat tidak paham. Jadi kita berbuat baik, hasilnya belum tentu baik," tambahnya.

Asep menjelaskan, bila tidak ada penutupan di sejumlah ruas jalan utama, dikhawatirkan akan terjadi kerumunan orang sehingga nantinya membuka klaster baru.

"Dipandangnya dengan kacamata negatif terus. Kalau misal tidak ditutup, mungkin Alun-alun bakal membuka klaster baru lagi. Karena banyak orang berkerumun. Itu yang dikhawatirkan," ucapnya.

"Pemikiran saya, Pemerintah Kota Bandung itu sangat sayang kepada warganya. Jadi tidak boleh berkerumun agar bisa memutus mata rantai Covid-19, begitu tujuannya," lanjutnya.

Berdasarkan hal itu, Pemkot Bandung kembali memperpanjang masa penutupan sejumlah ruas jalan hingga 8 Januari mendatang dari semula penutupan hanya sampai 4 Januari 2021.

"Kebijakannya diperpanjang sampai tanggal 8 (Januari) itu karena masih libur anak sekolah, karena tanggal 11 baru masuk," tegasnya.

Adapun penutupan jalan, masih dilakukan di 23 titik ruas jalan di Kota Bandung, sedangkan untuk jam berlakunya tidak ada perubahan. []

Berita terkait
Vaksin Sinovac Tiba di Gudang Biofarma Bandung
Sebanyak 1,8 juta vaksin Sinovac asal China telah tiba di Gudang Biofarma, Bandung, Jawa Barat pada Kamis, 31 Desember 2020.
Pemkot Bandung Gelar Rapid Test Antigen di Tempat Wisata
Disbudpar Kota Bandung mengatakan, telah melakukan sebagian besar rapid tes antigen di hotel dan kebun binatang dan kini di Saung Angklung Udjo.
Atalia Kamil Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir di Bandung
Atalia Ridwan Kamil menyatakan, pemerintah daerah setempat intens dan berkomitmen mencari solusi agar banjir tidak kembali terjadi.
0
Edaran Gubsu Telat, Sekolah di Paluta Sempat Buka Kini Tutup Lagi
Terjadi ditengarai lantaran surat edaran dari Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang melarang sekolah tatap muka, terlambat sampai ke daerah.