Jakarta - Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany Alatas menyatakan mendukung apa pun kebijakan calon presiden nomor urut 01 Jokowi mengenai pemilihan menteri pada periode 2019-2024.

"Saya dukung apa pun keputusan Pak Jokowi. Artinya, tugas saya hanya mengantarkan Pak Jokowi. Tugas semua, terutama PSI dan partai-partai di TKN (tim kampanye nasional) yang mengantarkan Pak Jokowi sampai istana lagi," ujar Tsamara di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa 14 Mei 2019. 

Tsamara mengatakan itu menanggapi pertanyaan berkaitan dirinya disebut-sebut sebagai kandidat menteri kabinet Jokowi berikutnya. 

Sejauh ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menghitung lebih dari 80 persen suara masuk dalam Pilpres 2019. Hasilnya, Jokowi-Ma'ruf selalu teratas, berpeluang kuat menjadi presiden-wakil presiden berikutnya.

Ya kita percayakan keputusan Pak Jokowi. Siapa menterinya, siapa yang ingin beliau angkat, kebijakannya apa.

Tsamara mengatakan tidak mau berspekulasi mengenai desas-desus jabatan menteri. Menurutnya yang lebih penting saat ini adalah tetap mencermati kebijakan eksekutif.  

"Ya kita percayakan keputusan Pak Jokowi. Siapa menterinya, siapa yang ingin beliau angkat, kebijakannya apa. Kalau ada yang baik kita dukung, semisal ada yang kurang baik ya kita beri masukan," ujar wanita kelahiran Jakarta 24 Juni 1996 ini.

Ia lebih memilih mawas diri, menyadari perolehan suara PSI pada Pemilu 2019 ini belum tembus ambang batas parlemen untuk melaju ke Senayan.

"PSI kita tahu diri gitu maksudnya sebagai partai politik yang enggak menembus 4 persen. Saya kira kita tahu diri," tandasnya. 

Sebelumnya, wacana menteri berusia muda ini diungkapkan TKN Jokowi-Ma'ruf.  

"Wacana yang berkembang adalah menteri yang berumur di kisaran 20 tahunan ke atas gitu ya. Ini tentu menjadi hak presiden. Tetapi wacana ini muncul atau didorong dari keinginan akomodasi terhadap milenial," ujar Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding di Jakarta, Senin 13 Mei 2019.

Dari pernyataan itu kemudian berkembang spekulasi milenial yang dimaksud di antaranya Tsamara Amany Alatas. []

Baca juga: