UNTUK INDONESIA
Diprotes Perawat, Blackpink Hapus Adegan Klip Lovesick Girls
Grup idola K-Pop Blackpink, memutuskan untuk menyunting salah satu adegan dalam video klip lagu Lovesick Girls setelah diprotes kalangan perawat.
Grup Girlband Blackpink. (foto: YG Entertainment)

Jakarta - Grup girlband K-Pop Blackpink, memutuskan untuk menyunting salah satu adegan dalam video klip lagu Lovesick Girls setelah mendapat protes keras dari kalangan perawat. Pihak YG Entertainment menyebutkan, proses edit bakal menghapus durasi 5 detik dalam video musik tersebut.

Laman Yonhap melaporkan, sejumlah perawat mempermasalahkan adegan seksi berdurasi lima detik dalam video klip lagu Lovesick Girls yang menampilkan Jennie dengan topi dan busana seperti perawat serta mengenakan sepatu bertumit tinggi berwarna merah.

"Kami memutuskan untuk menghapus semua adegan dengan seragam perawat di video musik Lovesick Girls dan berencana untuk mengganti video tersebut secepat mungkin," kata agensi YG Entertainment dalam pernyataan tertulisnya, dikutip Tagar pada Kamis, 8 Oktober 2020.

YG Entertainment sekalu agensi yang menaungi Blackpink mengatakan, tidak ada niat dari pihaknya untuk menonjolkan seksualitas profesi perawat.

Mereka mengaku bakal menjadikan insiden ini sebagai bahan untuk belajar secara mendalam dan meminta maaf kepada perawat yang merasa tersinggung.

BlackpinkPersonel grup girlband K-Pop Blackpink siap merilis album penuh perdana bertajuk The Album. (Foto: YG Entertainment)

Sebelumnya, sebuah serikat yang mewakili perawat dalam sebuah pernyataan mengungkapkan, profesi perawat harus mengalami penggambaran yang meragukan karena banyaknya wanita yang bekerja di industri ini.

"Perawat adalah pekerja kesehatan dan profesional di bidang medis, mereka harus mengalami penggambaran yang meragukan profesi mereka atau melecehkan mereka hanya karena fakta ada banyak wanita di industri ini," kata mereka.

Dalam protes tersebut, kelompok perawat meminta pihak YG Entertainment untuk bertanggung jawab lantaran apa yang mereka lakukan dinilai dapat membuat citra perawat menjadi buruk.

"Situasi seperti ini bisa memburuk jika budaya pop terus mengulang citra perawat yang menyimpang," ujar mereka.

Dua buah tagar berbunyi #PerawatAdalahProfesi dan #PerawatBukanlahKostum mendadak viral mengiringi protes dari kelompok perawat tersebut terhadap klip musik lagu milik Blackpink tersebut.

Lewat tagar tersebut, warganet ikut mendukung kelompok perawat dan mengkritik pakaian yang ditampilkan dalam video musik lagu Lovesick Girls karena dianggap tidak realistis.

Mereka menilai, representasi seksi dalam klip tersebut bisa menyebabkan persepsi yang salah tentang profesi perawat.

Saat menanggapi langkah YG Entertainment yang memutuskan untuk mengedit klip lagu Lovesick Girls, Asosiasi Perawat Korea memberikan apresiasi.

Mereka berharap kejadian ini bisa menjadi kesempatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak menjadikan pekerjaan tertentu sebagai objek seks. []

Berita terkait
Fakta Lagu Bet You Wanna, Proyek Kolaborasi Blackpink - Cardi B
Blackpink mengungkapkan sejumlah bocoran dan kisah menyenangkan saat mengerjakan tembang Bet You Wanna bersama Cardi B.
Bocoran Drama Korea Snowdrop, Dibintangi Jisoo Blackpink
Jisoo Blackpink hadir dalam drama Korea terbaru Snowdrop. Dijadwalkan tayang pada 2021 mendatang.
Perjalanan Karier Jungkook BTS, Kiprah Si Golden Maknae
Member BTS, Jungkook disorot warga jagat sosial lantaran foto jadulnya tersebar di media sosial. Lantas bagaimana perjalana kariernya?
0
Kemenag Bantu Kuota Internet untuk PJJ Pendidikan Agama
Kementerian Agama akan mengalokasikan anggaran triliunan rupiah untuk mendukung pembelajaran jarak jauh pendidikan agama.