UNTUK INDONESIA
Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Cegah Corona
Dalam melakukan pencegahan virus Corona Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Banten, semprotkan cairan desinfektan di stasiun KA
Kapsul digunakan untuk penumpang yang membutuhkan pemeriksaan lanjutan dirujuk ke rumah sakit sehingga tidak menginfeksi petugas yang mengevakuasi di Bandara International I Gusti Ngurah Rai, Bali, Selasa 3 Maret 2020. (Foto: Tagar/Nila Sofianty)

Tangerang - Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, melakukan penyemprotan cairan desinfektan ke seluruh daerah yang memang sering dijadikan tempat keramaian. Hal ini untuk melakukan pencegahan masuknya virus Corona (COVID 19) di Kabupaten Tangerang.

Langkah-langkah yang sudah dilakukan adalah, menggalakan cuci tangan di sekolah-sekolah. Juga sosialisasi mengenai pentingnya hidup bersih dan juga menjaga pola makan yang sehat. Hal tersebut dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Maesyal Rasyid kepada Tagar, Jum'at, 6 Maret 2020.

"Pemerintah Kabupaten Tangerang sejak awal Januari sudah melakukan berbagai bentuk peringatan serta pengetahuan mengenai virus corona. Mulai dari sosialisasi mengenai apa itu virus corona, serta pengetahuan mengenai gejala-gejala bagi manusia yang terkena virus corona," kata Maesyal Rasyid.

Tidak hanya itu, Sekretaris Kabupaten Tangerang juga menggandeng seluruh SKP seperti pihak TNI Polri, Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian juga pelaku usaha untuk bisa melakukan pengontrolan mengenai stok sembako yang memang merupakan imbas dari penyebaran virus corona.

"Kepada warga Kabupaten Tangerang jangan panik, apalagi sampai melakukan panic buying segala bentuk makanan dan sembako. Semuanya tidak perlu berlebihan, karena virus corona bisa dicegah," tambah Maesyal Rasyid.

Terkait penyemprotan cairan desinfektan, Maesyal Rasyid menambahkan bahwa Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang sudah melakukan pemetaan daerah mana saja yang akan dilakukan sterilisasi. "Yang pasti akan kami lakukan penyemprotan di daerah keramaian, dan juga stasiun kereta api. Di Kabupaten Tangerang sendiri ada 2 stasiun kereta api, yaitu stasiun Dari dan stasiun Tigaraksa," jelas Maesyal Rasyid.

Ketika ditanya mengenai waktu penyemprotan cairan desinfektan, Maesyal rasyid menjelaskan bahwa penyemprotan dilakukan pada jam-jam yang memang bukan jam sibuk. "Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang akan melakukan penyemprotan cairan ini malam hari, dimana stasiun tidak begitu ramai. Bahkan kalau perlu saat stasiun sudah habis jadwal keberangkatan kereta api. Kemudian untuk di daerah keramaian sendiri akan dilakukan penyemprotan saat situasi sudah tidak ramai," tambah Maesyal Rasyid.

Sebelumnya, Bandara Soekarno Hatta melakukan penyemprotan cairan desinfektan. Penyemprotan ini dilakukan oleh PT Angkasa Pura II bersama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas 1 Soekarno Hatta. Penyemprotan cairan desinfeksi dilakukan di Terminal 3 dan Skytrain di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Penyemprotan cairan desinfektan ini dilakukan di seluruh area, terutama di seluruh area kedatangan Terminal 3. Selain itu juga di area pemeriksaan suhu tubuh bagi seluruh penumpang pesawat yang baru saja tiba atau are thermal scanner. [] 

Berita terkait
Bandara Soetta Semprotkan Disinfektan Keseluruh Area
Bandara Soekarno-Hatta kembali lakukan upaya pencegahan virus corona dengan melakukan penyemprotan cairan desinfektan keseluruh area
0
Pedagang Rokok di Kabupaten Agam Positif Covid-19
Pedagang Rokok berinisial J tersebut sebelumnya pernah kontak dengan pasien positif Covid-19 di Kota Payakumbuh Sumatera Barat.