UNTUK INDONESIA
Didi Kempot dan Belasan Pejabat Nyanyi Lagu Dilarang Mudik
Didi Kempot dan belasan pejabat nyanyi lagu bagian dari kampanye agar masyarakat tidak mudik Lebaran 2020 Lebaran 2020 di tengah pandemi corona.
Penyanyi campursari Didi Kempot. (Foto: Instagram/@didikempot_official)

Jakarta - Meninggalnya legenda musik campursari Didi Kempot menyisakan duka mendalam bagi masyarakat Indonesia. Pria bernama asli Didik Prasetyo itu mengembuskan napas terakhirnya pukul 07.45 WIB di Rumah Sakit Kasih Ibu, Solo, Jawa Tengah pada Selasa, 5 Mei 2020.

Sebelum tutup usia, Didi Kempot sempat merilis lagu bertajuk Ojo Mudik. Lagu itu bagian dari kampanye agar masyarakat tidak mudik atau pulang ke kampung Lebaran 2020 di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Seperti judulnya, lirik lagu itu mengajak masyarakat memutuskan mata rantai penyebaran virus corona yang hingga saat ini belum ditemukan vaksinya dengan cara tidak mudik.

Baca juga:

Tak hanya itu, untaian alunan musik bercampur nyanyian dari maestro Didi Kempot juga mengajak agar masyarakat tetap menjaga kebersihan dengan selalu ingat untuk rajin mencuci tangan dengan sabun dan menggunakan masker.

Kini tembang Ojo Mudik milik Didi Kempot dapat dinikmati dalam bentuk video klip di kanal YouTube @Didi Kempot Official. Dalam videonya, Didi Kempot berkolaborasi dengan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Turut terlihat juga dalam video pejabat TNI dan Polri yaitu Dandim 0735/Solo, Letkol Inf Wiyata Sempana Aji dan Kapolresta Solo, Kombes Pol Andy Rivai yang sama-sama melantunkan lagu Ojo Mudik agar menekan kasus positif corona di Indonesia.

Upaya serupa juga dilakukan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto ketika mengkampanyekan larangan mudik saat Lebaran 2020 di tengah pandemi virus corona pada Kamis, 7 April 2020. Kedunya berkolaborasi menyanyikan tembang berjudul Ra Mudik Ra Popo.

Tak hanya dua jenderal itu, lagu yang diciptakan musisi Harry Yamba tersebut juga dinyanyikan oleh sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat. Adapun selain Moeldoko dan Wiranto yang menyanyikan lagu larangan mudik berjudul Ra Mudik Ra Popo adalah Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Ketua Umum Komite Seni Budaya Nasional Mayjen. TNI (Purn) Hendardji Supandji, Ketua Umum Komite seni Nasional dan Ketum Pawon Semar, Bupati Pati Haryanto, dan Bupati Karanganyar Yuliatmono.

Lirik lagu Ra Mudik Ra Popo juga ditulis sebagai seruan agar masyarakat tidak melakukan mudik Lebaran 2020 di tengah wabah corona. Sebagai ajakan kepada masyarakat seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Berikut ini lirik dan arti lagu Ojo Mudik milik Didi Kempot:

Mak bedunduk

Mak pethungul

Virus corona

Nengngopo kowe njedhul

(Kenapa kamu muncul)

(Mak bedunduk)

(Mak pethungul)

Ojo cedhak-cedhak

(Jangan dekat-dekat)

Awas ojo podho ngumpul

(Awas jangan berkumpul)

Jaga jarak, cuci tangan pakai masker

Ojo lali nyenyuwuno sing banter

(Jangan lupa berdoa dengan sungguh-sungguh)

Jaga jarak, cuci tangan pakai masker

Maju bareng

(Maju bersama)

Nglawan corona ben klenger

(Melawan corona agar mati)

Neng ngomah wae

(Di rumah saja)

Di rumah saja

Bersama-sama ayo lawan corona.

Berita terkait
Makna Mendalam Lagu Populer Didi Kempot, Ambyar
Legenda musik campursari Didi Kempot memiliki lagu berjudul Ambyar yang ternyata menyimpan makna mendalam.
Doa Ahok di Perayaan Hari Waisak 2020
Selain ucapan selamat, Ahok menyelipkan doa untuk umat Buddha yang merayakan Hari Waisak tahun 2020.
Roy Kiyoshi Ditangkap Polisi Karena Narkoba
Paranormal Roy Kiyoshi ditangkap polisi atas dugaan penyalahgunaan narkoba.
0
Didi Kempot dan Belasan Pejabat Nyanyi Lagu Dilarang Mudik
Didi Kempot dan belasan pejabat nyanyi lagu bagian dari kampanye agar masyarakat tidak mudik Lebaran 2020 Lebaran 2020 di tengah pandemi corona.