UNTUK INDONESIA
Dicari, Pemain Berpostur Tinggi untuk Timnas U-19
Pelatih tim nasional U-19 Shin Tae-yong merasa perlu mencari pemain berpostur tinggi. Pemain itu juga harus bagus dalam penguasaan bola.
Pelatih tim nasional U-19 Shin Tae-yong merasa perlu mencari pemain berpostur tinggi. Tidak hanya berpostur tinggi, pemain yang dibutuhkan harus bagus dalam penguasaan bola. Timnas U-19 di laga uji coba di Kroasia. (Foto: Tagar/Instagram/@pssi)

Jakarta - Postur tubuh pemain Indonesia yang tidak tinggi pada akhirnya menjadi problem saat menghadapi tim dari negara lain dengan pemain berpostur tinggi. Pelatih tim nasional U-19 Shin Tae-yong pun merasa perlu mencari pemain berpostur tinggi. Meski demikian pemain Indonesia tetap memiliki kelebihan.

Pelatih Shin tetap tak sembarangan mencari pemain yang hanya bermodalkan tinggi badan. Pemain yang dibutuhkan tak sekadar berbadan tinggi tetapi memiliki penguasaan bola yang bagus. 

"Saya mencari pemain dengan postur tinggi dan unggul dalam penguasaan bola," ujar Shin melalui saluran YouTube PSSI TV yang dikutip antaranews.com di Jakarta, Jumat, 9 Oktober 2020.

Postur pemain mungkin tidak bisa diubah. Namun saya melihat anak-anak semakin cepat dalam bermain

Meski demikian bukan berarti pemain dengan postur yang tidak tinggi tak mampu bersaing dengan tim lain. Terbukti, pelatih Sin berharap bisa menyempurnakan taktik penguasaan bola dan permainan cepat skuat. Pasalnya kecepatan menjadi kekuatan bagi pemain dengan postur pendek untuk ukuran pemain Eropa.

Pelatih asal Korea Selatan ini pun menyebut dirinya tetap puas dengan komposisi pemain yang ada saat ini. Menurut dia, skuat menunjukkan peningkatan meski jumlah pemain yang memiliki tinggi badan di atas 180 cm masih terbatas.

Sosok tertinggi di timnas U-19 yang saat ini menjalani pemusatan latihan di Kroasia adalah Elkan Baggott. Tinggi badan Elkan yang bermain di klub League One Inggris Ipswich Town ini mencapai 1,94 meter.

"Postur pemain mungkin tidak bisa diubah. Namun saya melihat anak-anak semakin cepat dalam bermain. Hanya, semua masih membutuhkan proses," kata Shin.

Pelatnas di Kroasia 

Timnas U-19 berada di Kroasia sejak akhir Agustus 2020 untuk menjalani pemusatan latihan. Selama di Kroasia, mereka sudah menjalani 8 pertandingan uji coba dengan hasil 3 kali menang, 2 kali imbang dan 3 kali kalah.

Timnas U-19 meraih kemenangan atas Qatar (2-1), Dinamo Zagreb (1-0), dan NK Dugopolje (3-0). Sedangkan hasil imbang diraih saat berhadapan dengan Qatar dan Arab Saudi. Tim Garuda Muda menderita kalah dari Bulgaria, Kroasia, dan Bosnia-Herzegovina.

Baca juga:

PSMS Medan Dukung Kiper Adi Satrio ke Timnas U-19

Pelatih STY Puas Meski Timnas U-19 Kalah di Uji Coba

Timnas U-19 menjalani pemusatan latihan di luar negeri sebagai persiapan menuju Piala Asia U-19. Turnamen rencananya dilaksanakan pada awal 2021 di Uzbekistan. 

Usai Piala Asia U-19, timnas U-19 diproyeksikan berlaga di Piala Dunia U-20 2021 yang dilaksanakan pada 20 Mei-12 Juni 2021. Piala Dunia digelar di Indonesia sehingga timnas langsung lolos ke putaran final. []

Berita terkait
Jadi Problem, Pelatih Shin Tingkatkan Fisik Timnas U-19
Kondisi fisik pemain tim nasional U-19 bisa menjadi problem bila tak sesuai harapan. Pelatih Shin Tae-yong pun fokus tingkatkan fisik pemain.
Pemain Semen Padang Ikuti TC Timnas U-19 di Kroasia
Pemain muda Semen Padang Muhammad Fadhil Adhitya Aksah akan mengikuti pelatnas lanjutan timnas U-19 di Kroasia. Ini prestasi membanggakan SPFC.
Presiden Ingin Timnas Lolos Penyisihan di PD U-20
Presiden Joko Widodo menaruh harapan Indonesia bisa lolos dari penyisihan grup Piala Dunia U-20 2021. Hal itu disampaikan Menpora Zainudin Amali.
0
IHSG Turun Tipis 0,09 Persen, 3 Saham Ini Dilego Asing
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan Kamis, 22 Oktober 2020 terkoreksi tipis 0,09 persen di posisi 5.091,82 poin.