Dibayangi Omicron, Nilai Tukar Rupiah di Dunia Justru Menguat

Mata uang Indonesia berada di level Rp 14.222 per dolar AS. Angka ini menguat 7 poin atau 0,05 persen dari Rp 14.229 per dolar AS kemarin.
Ilustrasi - Rupiah Menguat terhadap Dolar AS (Foto:Tagar/Antara Foto)

Jakarta - Nilai tukar rupiah dikabarkan menguat pada hari ini, Selasa, 28 Desember 2021. Mata uang Indonesia berada di level Rp 14.222 per dolar AS. Angka ini menguat 7 poin atau 0,05 persen dari Rp 14.229 per dolar AS kemarin.

Selain mata uang Indonesia, rupiah juga menguat bersama sebagian mata uang Asia, seperti Filipina dengan peso 0,08 persen, Singapura dengan dollarnya 0,06 persen, dan won Korea Selatan 0,04 persen.

Namun disamping itu, beberapa mata uang negara Asia lain sedang berada di zona merah, yaitu baht Thailand melemah 0,07 persen, yuan China minus 0,01 persen, dan ringgit Malaysia minus 0,01 persen.


Di sisi lain pasar juga mendapatkan riset bahwa omicron tidak menyebabkan gejala berat pada penderita, ini mendorong pasar masuk ke aset berisiko.


Sementara wilayah Asia sedang menguat, justru mata uang di negara-negara termaju didunia malah kompak berada di zona merah. Seperti Poundsterling Inggris melemah 0,11 persen, dolar Australia minus 0,09 persen, euro Eropa minus 0,06 persen, dan dolar Kanada minus 0,05 persen, juga masih banyak lagi.

Lebih lanjut, Analis Pasar Uang Ariston Tjendra mengatakan pergerakan rupiah di hari ini masih dibayangi oleh sentimen penyebaran covid-19 terkait varian baru omicron. Namun, suatu kabar gembira bahwa ekonomi nilai mata uang Indonesia didunia masih stabil bahkan menguat.

"Di satu sisi kekhawatiran karena penularan masih meninggi, ini mendorong pasar menarik diri dari aset berisiko. Di sisi lain pasar juga mendapatkan riset bahwa omicron tidak menyebabkan gejala berat pada penderita, ini mendorong pasar masuk ke aset berisiko," ucap Ariston.

(Fasya Aldiza Mutasyifa)

Berita terkait
Polisi Tetapkan 5 Tersangka Dugaan Korupsi Bank Jateng
Pada kasus ini, kerugian negara mencapai sekitar Rp 115,5 miliar
BI Akan Luncurkan Konsep Rupiah Digital di 2022
Rupiah Digital nantinya akan berbentuk digital sejak dari diterbitkan dan akan menjadi alat pembayaran sah NKRI yang berbasis platform teknologi.
4 Pilihan Investasi Ketika Rupiah Sedang Melemah
Dari investasi tersebut Anda akan mendapatkan pendapatan bunga yang dibayarkan oleh pihak peminjam secara periodik.
0
Mensos Instruksikan Pencairan Bansos di Surabaya Dilakukan Secara Manual
Menteri Sosial Tri Rismaharini telah meminta Bank Himbara untuk mencairkan bantuan sosial di Surabaya secara manual