UNTUK INDONESIA
Di Kudus, Rp 2 Ribu Bisa Wisata dan WiFi Sepuasnya
Tiga objek wisata di Kudus memberi fasilitas WiFI sepuasnya hanya dengan membayar tiket masuk seharga Rp 2 ribu. Mana saja?
Pengunjung Taman Krida Kudus berwisata sambari menikmati fasilitas WiFi gratis, cukup membayar tiket masuk seharga Rp 2 ribu. (Foto: Tagar/Nila Niswatul Chusna)

Kudus - Dengan membayar Rp 2 ribu, kini masyarakat Kudus bisa berwisata ria dan menikmati fasilitas internet gratis . Fasilitas ini tersedia di objek wisata Taman Krida, Museum Kretek, dan Taman Ria Colo.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus Bergas C Penanggungan membenarkan fasilitas internet gratis menjadi layanan tambahan yang diberikan pihaknya pada para pengunjung. Layanan ini, diharapkan dapat menjadi magnet baru, dapat menarik masyarakat untuk berkunjung ke tiga wahana wisata tersebut.

Untuk bisa menikmati fasilitas ini, Bergas mengungkapkan masyarakat cukup membeli tiket masuk wisata seharga Rp 2 ribu per orang. Saat membeli tiket, pengunjung akan diberi username dan password untuk bisa terkoneksi ke WiFi.

Sistemnya satu orang satu IP. Jadi mau dipakai seribu orang pun tidak akan lemot (melambat).

Masih kata Bergas, username dan password ini hanya bisa digunakan sekali dan untuk satu ponsel. Fasilitas WiFi berlaku selama jam operasional objek wisata, yakni mulai pukul 07.00 sampai 16.00 WIB.

"Selama dia masih di Taman Krida, dia bisa menikmati fasilitas internet gratis ini. Kalau HP-nya mati atau dia keluar dari lokasi tempat wisata, koneksi WiFi otomatis akan terputus. Buat menghubungkannya lagi, ya harus beli tiket lagi," tutur dia, Selasa, 15 September 2020.

Menurut Bergas, internet gratis yang disediakan pihaknya bersifat unlimited. Fasilitas tersebut bisa digunakan oleh 500 hingga 1.000 pengunjung dalam waktu yang bersaman tanpa kendala.

"Sistemnya satu orang satu IP. Jadi mau dipakai seribu orang pun tidak akan lemot (melambat)," ujarnya.

Pengadaan fasilitas WiFi merupakan hasil pengalihan anggaran internet di dinasnya yang dinilai kurang efektif. Pemasangan WiFi di tempat wisata dirasa juga akan lebih bermanfaat dan meningkatkan kepuasan pengunjung.

Baca juga: 

Pengunjung Taman Krida, Yulia, 35 tahun, mengaku senang dengan fasilitas internet gratis yang ada. Jaringan internet yang kencang dan lokasi taman yang rindang, diakuinya membuat ia kian betah berwisata di Taman Krida.

"Biasanya ke sini cuma buat ngadem (berteduh) sambil menemani anak main. Sekarang ada WiFi gratisnya juga, bikin makin betah," tuturnya.

Selain untuk berselancar di sosial media, Yulia menilai layanan internet gratis ini bisa dimanfaatkan anak-anak sekolah untuk pembelajaran daring. "Kalau di rumahnya susah sinyal atau lagi minim uang buat beli kuota. Ini bisa jadi alternatif pilihan," imbuh dia.  []

Berita terkait
Penghijauan untuk Dukung Pariwisata di Dawe Kudus
Penghijauan di Waduk Logung Kudus dapat mendukung ragam pariwisata di Kecamatan Dawe.
Polres Kudus Canangkan Ponpes dan Wisata Candi
Pondok Pesantren dan Wisata Candi diharapkan menjadi percontohan adaptasi baru di lingkungan ponpes dan wisata di Kudus.
Lima Objek Wisata dengan Protokol Ketat di Kudus
Kabar baik bagi warga Kudus dan sekitarnya. Lima objek wisata yang dikelola pemkab setempat sudah kembali menerima kunjungan wisatawan.
0
SEHATI Dinilai Mampu Atasi Pembangunan di Sumba Timur
Paket SEHATI dinilai paling siap dan mampu mengatasi persoalan pembangunan dan kemiskinan diSumba Timur. Ini alasannya