UNTUK INDONESIA
Deretan Artis Musik Populer Asal Korea Utara
Berikut Tagar rangkumkan sederet artis musik dari Korea Utara, yang bahkan beberapa di antaranya diorbitkan langsung oleh Kim Jong Un.
Chongbong Band. (Foto: Instagram/koryotours)

Jakarta - Sudah tidak menjadi rahasia umum lagi Korea Utara sebagai negara yang penuh kediktatoran dan seolah menutup diri dari peradaban dunia. Meski demikian ada beberapa artis yang secara terbuka dimunculkan ke hadapan publik.

Beberapa penyanyi dan musisi terbilang populer di negara yang dipimpin Kim Jong Un itu, meski belum sebanding jika disejajarkan dengan artis musik asal Korea Selatan yang dikelilingi banyak penggemar dari seluruh dunia.

Berikut Tagar rangkumkan sederet artis musik dari Korea Utara, yang bahkan beberapa di antaranya diorbitkan langsung oleh Kim Jong Un:

Moranbong BandMoranbong Band. (Foto: Instagram/moranbong_band)

1. Moranbong Band

Moranbong Band merupakan kelompok girlband pertama di Korea Utara. Mungkin banyak tak menyangka jika band yang diisi oleh wanita-wanita cantik ini, dibentuk oleh kepala negaranya sendiri yaitu Kim Jong un.

Tak hanya mendirikan, Kim Jong Un juga terlibat dalam pembuatan beberapa lagu untuk dilantunkan Ratu K-Pop Korea Utara itu seperti tembang berjudul O My Motherland Full of Hope, Our Father dan We Think of the Marshall Day and Night.

Girlband yang mulai debut pada tahun 2012 ini memiliki perbedaan kontras dengan penyanyi asal Korea Selatan. Pasalnya, Moranbong Band memainkan sendiri alat musik seperti biola elektrik, celo, keyboard, drum, gitar, saxophone, serta synthesizer.

Chongbong BandChongbong Band. (Foto: Instagram/koryotours)

2. Chongbong Band

Chongbong Band merupakan paduan suara dan orkestra musik asal Korea Utara yang beranggotakan tujuh orang.

Mengutip media Korea Utara dan Radio Free Asia, Chongbong Band menggantikan Moranbong Band yang mantan anggotanya menghilang dari publik. Beberapa dari mereka dilaporkan meninggalkan band untuk menikah dan yang lainnya dideportasi ke luar negeri.

Namun belakangan rumor tersebut terpatahkan seusai Moranbong Band kembali muncul ke kancah musik beberapa waktu setelahnya.

Chongbong Band  dibentuk pada akhir Juli 2015 dan langsung merangsek ke belantika musik dengan tampil bersama State Merited Chorus, dalam dua konser di Moskow, Rusia, yakni di Tchaikovsky Concert Hall, 31 Agustus dan di Moskvich Cultural Center pada 1 September tahun yang sama.

Hyon Song WolHyon Song Wol. (Foto: Instagram/risolju_dprk)

3. Hyon Song Wol

Hyon Song Wol merupakan politikus kelahiran Hangul yang juga dikenal sebagai penyanyi solo Korea Utara. Namanya kian mencuat sewaktu bergabung dalam Moranbong Band, dan langsung ditunjuk sebagai pemimpin grup tersebut.

Selain itu, ia juga merupakan anggota grup elektronik, Pochonbo, sebuah kelompok musik pop yang terkenal di Korea Utara pada awal tahun 2000-an.

Di tengah puncak kejayaannya, Hyon sempat disebut-sebut memiliki hubungan istimewa dengan Kim Jong Un. Sayangnya, ia harus mengakhiri kehidupan setelah dieksekusi mati karena kasus video pornonya beredar ke publik.

Wangjaesan Light Music BandWangjaesan Light Music Band. (Foto: Facebook/Wangjaesan)

4. Wangjaesan Light Music Band

Jika Moranbong Band merupakan grup musik bentukan Kim Jong Un, maka sang pendiri negara Korea Utara, Kim Il Sung, juga tercatat pernah membentuk sebuah kelompok musik yang diberi nama Wangjaesan Light Music Band.

Grup yang beranggotakan empat wanita cantik ini dibentuk Kim Il Sung ketika masih berkuasa di Korea Utara tahun 1980-an. Ia menamai band itu dengan nama sebuah gunung yang berada di Onsong-gun, Provinsi Hamgyong Utara, di perbatasan dengan China.

Baca juga: Suga Bocorkan Kisi-kisi Pengerjaan Album Baru BTS

Grup Wangjaesan Light Music Band dibubarkan oleh Kim Jong Un pada tanggal 29 Agustus 2013, atau beberapa tahun sepeninggal Kim Il Sung. []

Berita terkait
Tayangan Konser BTS BangBangCon Ditonton 1 Juta Army
Tayangan konser BTS bertajuk BTS Online Concert Weekend (BangBangCon) sukses disaksikan lebih dari 1 juta Army dalam kurun waktu 243 jam saja.
Sour Candy, Lagu Kolaborasi Blackpink dan Lady Gaga
Grup idola asal Korea Selatan Blackpink, resmi berkolaborasi dengan Lady Gaga, dalam satu lagu berjudul Sour Candy.
Baekhyun Exo Siap Comeback dengan Album Solo
Personel grup boyband Exo, Baekhyun, dipastikan bakal comeback dengan merilis sebuah album solo pada Mei 2020 mendatang.
0
Jenis Olahraga yang Aman Selama Puasa
Namun, saat menjalani puasa Ramadan banyak orang yang malas berolahraga karena takut kelelahan, dan batal puasanya.