Jakarta - Pemindahan Ibu Kota Indonesia santer terdengar setelah Presiden Joko Widodo rapat terbatas dengan sejumlah petinggi negara beberapa waktu lalu. Diubahnya lokasi pusat pemerintahan bukan hal baru. Sejumlah negara pernah melakoninya. Berikut delapan negara yang pernah mengalami pemindahan Ibu Kota:

1. Kazakhstan

Kazakhstan memindahkan Ibu Kota dari Almaty ke Astana. Rencana pemindahan Ibu Kota di negara ini telah diumumkan sejak 1997, tetapi baru direalisasikan pada 2013. Astana kini menjadi kota dengan populasi terbesar di Kazakhstan.

2. Australia

Australia memindahkan Ibu Kota dari Melbourne ke Canberra. Pemindahan terjadi pada 1913. Dampak pemindahan ini membuat Melbourne menjadi pusat perekonomian di Australia. Sedangkan Canberra berpredikat sebagai kota ternyaman untuk menjadi tempat tinggal di Australia.

3. Rusia

Negara ini sudah mengalami dua kali pemindahan Ibu Kota. Awalnya, Ibu Kota Rusia adalah Moskow. Namun, di tahun 1712 pusat pemerintahan bergeser ke Kota St Peterburg.

Pemindahan Ibu Kota negara di Rusia bukan tanpa alasan. St Peterburg dipilih karena kota ini mempunyai akses terdekat ke negara-negara di Eropa. Namun, karena lain hal Ibu Kota Rusia kembali dipindahkan ke Moskow pada 1918.

4. Pakistan

Awalnya Ibu Kota Pakistan adalah Karachi. Pada 1959, negara ini memindahkan Ibu Kotanya ke Islamabad yang berada di utara Pakistan. Sejak dipindahkan, Pakistan mulai melakukan pembangunan masif pada 1961.

Sejak saat itu Islamabad menjadi kota dengan biaya hidup paling mahal yang mayoritas dihuni masyarakat menengah ke atas. Pengamanan Islamabad ikut diperketat seiring munculnya ribuan CCTV yang tersebar di kota tersebut.

5. Nigeria

Pada tahun 1976, Lagos diputuskan menjadi Ibu Kota pertama Nigeria. Desas-desus Ibu Kota Nigeria akan bergeser lantas muncul pada tahun 1980-an seiring dibangunnya Kota Abuja menjadi pusat teritori negara tersebut.

Selain pembangunan besar-besaran untuk instansi pemerintahan, dipilihnya Abuja lantaran lokasinya yang dekat dengan pusat negara. Barulah pada 12 Desember 1992 secara resmi Kota Abuja menjadi ibukota Nigeria.

6. Inggris

Awalnya pusat pemerintahan di Inggris bukanlah London, tetapi kota di bagian tenggara negara tersebut, Winchester.

Namun pada tahun 1066, Inggris mengembalikan Ibu Kota ke London. Pemindahan berjalan lancar karena London telah memiliki sumber daya mumpuni untuk menjadi pusat pemerintahan.

7. India

India resmi memindahkan Ibu Kota negaranya dari Delhi ke New Delhi pada 1911. Pemindahan Ibu Kota negara ini terbilang sangat mudah. Itu disebabkan kedua kota tersebut berdekatan. Bahkan juga masih berada dalam satu wilayah.

8. Brasil

Tak banyak yang mengetahui Ibu Kota pertama Brasil bukanlah Rio de Janeiro. Pusat pemerintahan pertama Brasil adalah Brasilia. Namun, sejak 1960, Ibu Kota negara dengan populasi 209,3 juta ini berpindah ke Rio de Janeiro.

Baca juga: