Pemerintah Kota Makassar

Dear Trader, Ini 6 Software Terbaik untuk Menambang Bitcoin

Menambang bitcoin merupakan sebuah proses memecahkan sebuah permasalahan matematika yang rumit.
Illustrasi menambang bitcoin (Foto: Tagar/Freepik/Pvproductions)

Jakarta - Bitcoin adalah mata uang digital yang paling populer saat ini. Hal itu ditunjukkan dengan kapitalisasi pasar dan nilainya yang kian meningkat. Nilai tukar 1 keping Bitcoin ini pernah mencapai angka Rp 800 juta.

Dengan nilai tukarnya besar, tak heran jika Bictoin menjadi populer dan digandrungi banyak orang. Bitcoin ini bisa dapatkan dengan cara menambang. Menambang bitcoin merupakan sebuah proses memecahkan sebuah permasalahan matematika yang rumit. 

Maka dari itu, proses ini kerap kali diibaratkan sebagai proses layaknya menambang emas. Penambangan Bitcoin, dibutuhkan hardware dan software yang mendukung. 

Tugas utama dari mining software adalah memonitori statistik dari para penambang, biasanya statistik yang akan ditampilkan adalah kecepatan penambang, suhu, hashrate, dan kecepatan kipas dari hardware yang digunakan.

Berikut Ini 6 Software Terbaik untuk Menambang Bitcoin.


1. MultiMiner

MultiMiner adalah sebuah Graphical User Interface (GUI) yang dikembangkan untuk Bitcoin Mining dalam Windows 10. MultiMiner dapat digunakan dengan Linux dan MacOS, hanya saja membutuhkan aplikasi tambahan. 

MultiMiner akan membantu penambang untuk bergabung dengan pool mereka, hal ini termasuk rincian informasi yang harus diisi oleh penambang, dan juga MultiMiner menyediakan penjelasan mengenai istilah-istilah yang akan ditemui oleh para penambang.


2. CGMiner

Software ini cukup banyak digunakan oleh penambang karena dapat dijalankan diberbagai sistem operasi. Kode yang digunakan oleh CGMiner juga serupa dengan CPUMiner. 

CGMiner bisa dikatakan menargetkan penambang yang sudah memiliki pengalaman di bidang penambangan Bitcoin. Tampilan CGMiner tidak memiliki GUI, software ini lebih cocok bagi yang sudah ahli.


3. EasyMiner

EasyMiner memiliki tampilan yang mudah digunakan. EasyMiner adalah pengembangan dari CGMiner dan CPUMiner. Bagi para penambang yang ingin melakukan penambangan di pool atau solo, ingin menambang Bitcoin atau AltCoin, EasyMiner patut dipertimbangkan.


4. BitMinter

BitMinter dapat digunakan dalam sistem operasi manapun. BitMinter didesain untuk pool spesifik, maka proses pengaturannya pun juga sangat cepat. Begitu anda terhubung dengan pool dan menginstal software ini, anda sudah dapat melakukan Bitcoin Mining.


5. BFGMiner

Software ini dapat dijalankan diberbagai sistem operasi dan tampilan BFGMiner tidak memiliki grafis yang sesuai untuk penambang yang sudah berpengalaman dan ingin mengkonstumisasi proses mining. 

BFGMiner enghemat biaya listrik dan penambang tidak akan menghabiskan uang untuk software yang tidak bisa berinteraksi dengan pool yang tidak menguntungkan.


6. Kryptex Miner

Software penambang bitcoin satu ini membantu pengguna melacak koin mana yang paling menguntungkan. Tampilan Kryptex Miner memudahkan penambang pemula. 

Software ini memonitor hash rate dan berapa profit yang bisa didapatkan dengan kemampuan mining yang dimiliki oleh pengguna. Biaya minimal penarikan yang ditetapkan juga tak terlalu tinggi, yakni sekitar 0.0002 BTC untuk mining Bitcoin.[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Rusia Belum Siap Akui Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran Resmi
Menyamakan mata uang semu dengan instrumen moneter tradisional membahayakan sistem keuangan dan ekonomi.
Goldman Sachs: Ethereum Gantikan Bitcoin di Masa Depan
Perusahaan investasi ini menyebut Ether bisa memberikan potensi menjadi penyimpanan nilai digital yang dominan di masa depan.
Alasan Elon Musk Larang Mobil Listrik Tesla Dibeli Pakai Bitcoin
Produsen mobil listrik Tesla, tidak akan lagi menerima Bitcoin sebagai alat pembelian mobil listrik. Berikut alasan yang disampaikan Elon Musk.
0
Dear Trader, Ini 6 Software Terbaik untuk Menambang Bitcoin
Menambang bitcoin merupakan sebuah proses memecahkan sebuah permasalahan matematika yang rumit.